Pengaruh Kecemasan Terhadap Suhu Tubuh Mahasiswa FKG UPDM (B) Jakarta

Billah Nasyrah, Adibah Ferhad, Sinta Deviyanti, Margaretha Herawati

Abstract


ABSTRAK

Latar Belakang: Kecemasan adalah perasaan tidak nyaman yang terjadi ketika seseorang merasa terancam baik secara fisik maupun psikis. Berdasarkan Riskesdas tahun 2018, penduduk Indonesia usia 15 tahun ke atas mengalami kecemasan sebanyak 19 juta orang. Salah satu penyebab kecemasan bagi mahasiswa adalah ujian. Paparan terhadap kecemasan akan menghasilkan respon tubuh termasuk perubahan suhu tubuh. Tujuan: Mengetahui adanya pengaruh kecemasan terhadap suhu tubuh sebelum dan setelah melaksanakan ujian pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta. Metode: Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan desain penelitian sebelum dan setelah (pretest-posttest). Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan jumlah 60 sampel dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengambilan data diambil sebelum dan setelah melakukan ujian dengan pengukuran suhu tubuh dan pengisian kuesioner. Hasil: Hasil dari 60 sampel (p=0,1) didapatkan 91,7% subjek mengalami kecemasan ringan sebelum melaksanakan ujian dan 98,3% subjek mengalami kecemasan ringan setelah melaksanakan ujian. Terjadi perubahan nilai kecemasan pada mahasiswa sebelum dan setelah melaksanakan ujian. Kesimpulan: Terdapat pengaruh kecemasan terhadap suhu tubuh sebelum dan setelah melaksanakan ujian pada mahasiswa FKG UPDM(B) Jakarta.


Keywords


Kecemasan; Suhu Tubuh; Ujian

Full Text:

PDF

References


Ströhle A, Gensichen J, Domschke K: The diagnosis and treatment of anxiety disorders. Dtsch Arztebl Int 2018; 115: 611–20.

Mukholil. Kecemasan dalam Proses Belajar. Jurnal Eksponen. 2018;8(1):2-7.

Kementrian Kesehatan RI. Laporan Nasional Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Tim riskesdas 2018. Penerbit Balitbangkes. 2019. Available from: https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/ 3514/

Mental Disorder. World Health Organization. 8 Juni 2022. Available from: https://www.who.int/news-room/fact- sheets/detail/mental-disorders accessed by 27 Maret 2024.

Schultz D, Schultz S. Theories of Personality 11th ed. Boston: Cengage Learning. 2017. Hal 47 – 49.

Doenges M, Moorhouse M, Murr A. Nurse’s Pocket Guide: Diagnoses, Prioritized Interventions and Rationales. Edisi Ke15. Philadelphia: F. A. Davis Company. 2019

Hall J, Hall M. Guyton and Hall Textbook of Medical Physiology. Edisi Ke-14. Guyton Physiology. London, England: W B Saunders. 2021. Hal 901, 903, 966-967.

Sherwood L. Human Physiology: From Cells to System 9th ed. Boston: Cengage Learning. 2016; 682-685.

Santrock J. Educational Psychology. Edisi Ke-7. New York: McGraw Hill. 2020.

Suyono, Hariyanto. Implementasi Belajar & Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya; 2015:120-126.

Vinkers CH, et al. The Effect of Stress on Core and Peripheral Body Temperature in Humans. Stress. 2013. 16(5); 520-530

Oka T., Psychogenic Fever: How Psychological Stress Affects Body Temperature in The Clinical Population. Temperature. 2015. 2:3, 368 -378. DOI:10.1080/ 23328940.2015.1056907.

Sembulingan K, Sembulingan P. Essentials of Medical

Physiology. 8th Ed. New Delhi: Jaypee Brothers. 2019. Hal 381

Ekorini D, Lumandi S. The Effect of Giving a Warm Blanket to Changes in The Central Temperature of Postoperative Patients with Subarachnoid Block Anesthesia. Jurnal Keperawatan. 2021; 12(1): 83-92.

Arini F, Adriatmoko W, Novita M. Perubahan Tanda Vital sebagai Gejala Rasa Cemas Sebelum Melakukan Tindakan Pencabutan Gigi pada Mahasiswa Profesi Klinik Bedah Mulut RSGM Universitas Jember. e-Journal Pustaka Kesehatan. 2017; 5(2): 323-330.

Zhang, Nancy, David MW. Why So Stressed? A Descriptive Thematic Analysis of Physical Therapy Students’ Description of Causes of Anxiety during Objective Structured Clinical Exams. Physiotherapy Canada. 2018. 70 (4): 356-362.

Riyanto S, Putera A. Metode Riset: Penelitian Kesehatan dan Sains. Sleman: Deepublish. 2022

Dunstan D, Scott N. Norms for Zung’s Self-rating Anxiety Scale. BMC Psychiatry. 2020; 20(90): 1-8. https://doi.org/ 10.1186/s12888-019-2427-6

Steel Z, Marnane C, Iranpour C, Chey T, Jackson JW, Patel V, Silove D. The global prevalence of common mental disorders: a systematic review and meta-analysis 1980–2013. International journal of epidemiology. 2014 Apr 1;43(2):476- 93. Doi: 10.1093/ije/dyu038.

Rahmaniah M., Dewi N., Galuh DS., Hubungan Tingkat Kecemasan Dental Terhadap Perilaku Anak dalam Perawatan Gigi dan Mulut. Dentin (Jurnal Kedokteran Gigi). 2021. Vol. V: No.2; 70 - 75.

Risma G. Kecemasan dalam Objective Structured Clinical Examination (OSCE). Jurnal Argomed UNILA. 2015; 2(4): 419-424.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 M-Dental Education and Research Journal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.