KERJASAMA BILATERAL INDONESIA DENMARK DALAM CIRCULAR ECONOMY DAN MANAJEMEN PENGOLAHAN SAMPAH TAHUN 2018-2019

Citra Ayu Pratiwi

Abstract


Pemelitian ini betujuan untuk menjawab bagaimana Kerjasama Indonesia dan Denmark melalui Circular Economy dan Manajemen Pengolahan Sampah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan teknik pencarian data melalui wawancara dan studi kepustakaan untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana implementasi kerjasama  Indonesia dan Denmark dalam Circular Economy dan Manajemen Pengolahan Sampah. Penelitian ini menggunakan teori kerjasama. Hasil penelitian menemukan bahwa kerjasama Indonesia dan Denmark dalam Circular Economy dan Manajemen Pengolahan Sampah  melalui project management dalam strategi Pemerintah dalam pertukaran praktik terbaik untuk mengembangkan peluang dan mencapai target pengurangan dan penanganan peningkatan limbah yang efektif dan efesien melalui insenerasi limbah. Namun masih ada  hambatan dalam pelaksanaan kerjasama ini. yang belum maksimal dan kurangnya sumber daya ahli dari pemerintah Indonesia.


Keywords


Kerjasama, Circular Economy, Pengolahan Sampah, Indonesia, Denmark

Full Text:

PDF

References


Preston Felix, Johanna Lehne dan Laura Wellesley. 2019. “An Inclusive Circular Economy Priorities for Developing Countries” The Royal Institute of International Affairs.

Mucharromatul Aula, Arman Hakim Nasution, dan Dewie Saktia Ardiantono. 2018.” Perancangan Model Bisnis Melalui Circular Economy” Jurusan Departemen Manajemen Bisnis, Fakultas Bisnis dan Manajemen Teknologi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

The Danish Government. 2018 “Strategy for Cicular Economy” Ministery of Environment and Food and Ministry of Industry, Business and Financial Affairs

Bocken Nancy M.P, Ingrid de Pauw, Conny Baker dan Bram van der Griten. 2016. “Product Design and Bussines model strategies for a Circular Economy” Taylor and France Group

Dwi Monica Aprillia. 2013. Faktor Faktor Penghambat Implementasi Kerjasama Indonesia dan Norwegia dalam skema REDD+ DiKabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah Riau: Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Univ.Riau

Enri.Damanhuri. 2010. Pengelolaan Sampah Bandung: Program Studi Teknik Lingkungan Dr. Tri Padmi Murtadho, Djuli dan Said Gumbira. (1987). Penanganan dan Pemanfaatan Limbah Padat. Jakarta : Mediyatama Sarana Perkasa.

Outerbridge, Thomas (ed). (1991). Limbah Padat di Indonesia : Masalah atau Sumber Daya. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Slamet, JS. (1994). Kesehatan Lingkungan. Yogyakarta : Gajah Mada University Press

Andrew Hurrel and Benedick Kingbury. 2007. The International Politics of The Evironment; Bandung: Jurusan Hubungan Internasional.

Suryani, M. Ahmad R., dan Mudi R. (1997). Lingkungan Sumber Daya Alam dan Kependudukan Dalam Pembangunan. Jakata: Universitas Indonesia Press

Website :

https://www.unenvironment.org/news-and-stories/story/flamboyant-flipflopi-dhow-seeks-sea-change-how-we-view-plastic

https://mediaindonesia.com/read/detail/227918-belajar-circular-economy-dari-denmark

https://news.detik.com/berita/4586844/dikirim-balik-ini-awal-terungkapnya-kontainer-sampah-impor-asal-as

https://news.detik.com/berita/d-4609104/indonesia-siap-siap-kembalikan-49-kontainer-sampah-ke-eropa-dan-as

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20190809202817-113-419998/australia-janji-tak-bakal-ekspor-sampah-lagi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.