EFFEKTIVITAS SATUAN TARUNA TANGGAP BENCANA (TAGANA) KEMENTERIAN SOSIAL RI DALAM PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENANGGULANGAN BENCANA DI DKI JAKARTA

Bayquni Bayquni

Abstract


Pada penelitian ini dibahas mengenai efektivitas kinerja Tagana dalam melaksanakan kebijakan Pemerintah Daerah dalam menanggulangi bencana banjir di DKI Jakarta. Tagana masih dipandang efektif mengingat sudah banyak perangkat pemerintahan yang juga menangani bencana. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pendekatan kualitatif digunakan karena menyangkut perumusan gejala-gejala, informasi, atau keterangan-keterangan mengenai pelaksanaan kebijakan daerah dalam penanggulangan bencana alam banjir oleh Tagana di DKI Jakarta. Penggunaan metode kualitatif didukung dengan project map pada aplikasi Nvivo 12.Temuan penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan kebijakan penanggulangan bencana banjir di DKI Jakarta oleh Tagana yaitu: (1) Tagana dalam pelaksanaan kebijakan penanggulangan bencana di DKI Jakarta masih belum sepenuhnya efektif pada pelaksanaan pendelegasian, pengendalian, pertanggungjawaban, efisiensi, koordinasi dan adaptasi; dan (2) Model pengembangan baru dalam efektivitas Tagana terkait pelaksanaan kebijakan penanggulangan bencana alam banjir di DKI JakartaDapat dilakukan melalui model pelaksanaan Kebijakan Penanggulangan Banjir melalui pemberdayaan mandiri. Model ini dengan memfokuskan pada pelaksanaan kebijakan penanggulangan bencana banjir di DKI Jakarta pemberdayaan berjalan beriringan.

Keywords


Efektivitas; Tagana; Peraturan Gubernur; Bencana Alam; DKI Jakarta

Full Text:

PDF

References


Cheema, G Shabbir & Rondinelli, Dennis A, 1983, “Decentralization and Development”, Sage Publication, Inc

Christensen T., Lægreid P., Roness P.G.2007. Organization Theory and the Public Sector: Instrument, Culture and Myth. Routledge, London and USA.

Gedeian, Arthur G. 1991. Organization Theory and Design. University of Colorado at Denver.

Gibson, James L, John M. 1996. Organizations: Behaviour, Structure and Process, McGraw-Hill Companies Inc, Boston.

Gibson, James L, John M. Ivancevich dan James H. Donnelly Jr, 1989. Organisasi. Edisi Kelima. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama.

Handayaningrat, Soewarno, 1989, Administrasi Pemerintahan Dalam Pembangunan Nasional, Jakarta : CV. Haji Mas Agung.

________, 2002, Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Jakarta : Haji Masagung

Hesselbein, Goldsmith, Beckhard. 1997. The Organization of the. Future, San Fransisco : Jossey Bush Publisher

Kumar, Arvind, 2001, Encyclopaedia of Decentralised Planning and Local Self – Governance, Volume 1,. Anmol Publications PVT.LTD : New Dehli.

Kurniawan Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pembauran.

LAN RI, 1997, Sistem Adminstrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia, Jakarta: Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia.

Lubis, Hari. S.B. dan Martani Husaini. 1987. Teori Organisasi (Suatu Pendekatan Makro), Pusat Antar Universitas Ilmu-ilmu Sosial Universitas Indonesia, Jakarta.

Miftah Thoha. 2004. Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Robbins, Stephen P, 2002. Teori Organisasi: Struktur, Desain dan Aplikasi. Jakarta: Arcan.

Steers, Richard M, 1985, Efektivitas Organisasi, (Alih Bahasa : Magdalena Jamin), Edisi Kedua , Jakarta : Penerbit Erlangga.

Tim Pengkajian dan Penelitian Tata Kelola Penanggulangan Covid 19 dalam Perspektif HAM, Tata Kelola Penanggulangan Covid 19 Dalam Perspektif HAM, KOMNAS HAM RI, 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.