PENERAPAN KONSEP JAKARTA SMART CITY TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN PUBLIK PROVINSI DKI JAKARTA PERIODE 2014-2017

yasef firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan konsep Jakarta Smart City terhadap peningkatan pelayanan publik di Provinsi DKI Jakarta Periode 2014-2017. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan studi dokumentasi serta melakukan analisis data yang berkaitan dengan fokus permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Portal Jakarta Smart City (JSC) merupakan website untuk menampilkan data dan informasi yang dapat diakses oleh masyarakat. Keberadaan portal ini merupakan salah satu upaya  pemerintah untuk mewujudkan transparansi yang terverifikasi dengan memusatkan dan mengintegrasikan semua data dalam satu wadah. JSC menyediakan ruang baru bagi masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Jakarta Baru melalui aplikasi-aplikasi dan website yang dapat diakses bahkan melalui ponsel. Pada perkembangannya, JSC mendorong interaksi lebih lanjut antara pemerintah dengan masyarakat. Pemerintah membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi untuk membangun atau membantu merumuskan solusi untuk masalah-masalah di Jakarta. Dengan kolaborasi ini, diharapkan dapat muncul inovasi yang lebih baik karena melibatkan lebih dari satu perspektif. Kolaborasi tersebut juga merupakan upaya pemerintah untuk mendidik masyarakat agar bisa melihat masalah sebagai suatu kesempatan untuk belajar dan berkembang, sehingga bisa menghindari mental masyarakat yang reaktif dan menginginkan penyelesaian yang serba instan.

Keywords


Smart City; Pelayanan Publik; DKI Jakarta

Full Text:

PDF

References


Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Kourtit, Karima & Nijkamp, Peter (2012). Smart cities in the innovation age. The European Journal of Social Science Research, Vol.25, Juni 2012, 93-95. Routledge.

Kusbiantoro, BS. 2009. Memanusiakan Perencanaan Transportasi. Pusat Penelitian Pengelolaan Lingkungan, Wilayah dan Infrastruktur, Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Mitchell, William J.dan Casalegno, Federico. 2005. Rethinking the Paris Bus Line. Massachusetts Institute Technology: Smart Cities Group/MIT Media Lab Spring.

Moleong, Lexi J. 2010. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Rosdakarya.

Pasolong Harbani. 2012. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta cv.

Priyatno Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisisi Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi.

Purnomowoti, Wiwin dan Ismini. 2014. Konsep Smart City Dan Pengembangan Pariwisata Di Kota Malang. Universitas Widyagama Malang: Jurnal JIBEKA no.8.

Purwanto, Erwan Agus dan Sulistyastuti, Dyah Ratih. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif untuk Administrasi Publik dan Masalah-Masalah Sosial. Yogyakarta: Gava Media.

Rahmayanti Nina. 2010. Manajemen Pelayanan Prima (Mencegah Pembelotan dan Membangun Customer Loyality). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Robertas Juceviiusa, Irena Patašien and Martynas Patašiusc. 2014. Digital dimension of smart city: critical analysis. Elsevier Ltd.

Schaffers, Hans. 2010. Smart Cities and the Future Internet: Towards Collaboration Models for Open and User Driven Innovation Ecosystems, FIA Ghent, “Smart Cities and Future Internet Experimentation”, December 16th 2010.Lazaroiu, George Cristian and Roscia, Mariacristina. 2012. Definition methodology for the smart cities model. Elsevier Ltd.

Sinambela, L.P. 2010. Reformasi Pelayanan Publik; Teori, Kebijakan dan Implementasi, cetakan kelima Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sudaryono. 2014. Konsep Smart City untuk Kota-Kota di Indonesia. MPKD UGM Tumlin, Jeffey. 2012. Sustainable Transportation Planning. Jhon willey & Son Inc. New Jersey.

Sugiono. 2005. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta

Sukardi. 2003. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wasistiono Sadu. 2012. Manajemen Pemerintahan Daerah. Bandung: Alqa Print.

Kountur, Ronny. 2007. Metode Penelitian untuk penulisan Skripsi dan Tesis, edisi revisi. Jakarta: penerbit PPM.

Neuman, W. Lawrence. 2011. Social research methods: Qualitative and quantitative approaches. Boston: Allyn & Bacon.

Website:

Cohen, Boyd. What exactly a smart city?

http://www.boydcohen.com/smartcities.html

Hitachi. 2013. Hitachi’s Vision for Smart Cities.

http://www.hitachi.com/products/smartcity/

Naashir. 2014. Smart City.

https://naashir.wordpress.com/2014/11/07/smart-city/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.