Evaluasi Program Kartu Indonesia Pintar Kuliah di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat

Muhammad Ivan Fauzi

Abstract


Kabupaten Majene memiliki empat universitas yang menerima kuota program KIP Kuliah dengan jumlah 500-2000 mahasiswa. Namun penelitian ini hanya terfokus pada dua universitas, yaitu Universitas Sulawesi Barat dan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bina Bangsa Majene. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis evaluasi program Kartu Indonesia Pintar Kuliah pada Universitas Sulawesi Barat dan STIKES Bina Bangsa di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan rancangan pendekatan postpositivisme, yaitu modifikasi dari pendekatan positivisme. Informan dalam penelitian ini berjumlah 13(tujuh belas) orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan dokumentasi penelitian. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan, yaitu: Pertama, Evaluasi program Kartu Indonesia Pintar Kuliah pada Universitas Sulawesi Barat dan STIKES Bina Bangsa di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat, sudah dilakukan dengan efektif, efisien, cukup, adil, responsif, dan tepat sasaran. Hal tersebut dilakukan dengan melihat kemampuan akademik penerima KIP Kuliah, kemampuan ekonomi penerima KIP Kuliah, dan kondisi penerima KIP Kuliah, setiap semester untuk memastikan layak menjadi penerima KIP Kuliah. Kedua, Kriteria-kriteria evaluasi program Kartu Indonesia Pintar Kuliah pada Universitas Sulawesi Barat dan STIKES Bina Bangsa di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat, antara lain mahasiswa masih tercatat aktif statusnya sebagai mahasiswa, memiliki IPK minimal 3,00, tidak melakukan tindakan kriminal, belum menikah, dan mematuhi peraturan dan tata tertib kampus.Ketiga, Faktor pendukung pelaksanaan dari sosialisasi, penyaringan, penetapan hingga pencairan program Kartu Indonesia Pintar Kuliah pada Universitas Sulawesi Barat dan STIKES Bina Bangsa di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat, antara lain adanya koordinasi dan komunikasi antar pihak-pihak yang terkait, adanya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi dibidangnya dan adanya pendanaan yang memadai dalam pelaksanaan program KIP Kuliah. Dan faktor penghambat pelaksanaan dari sosialisasi, penyaringan, penetapan hingga pencairan program Kartu Indonesia Pintar Kuliah pada Universitas Sulawesi Barat dan STIKES Bina Bangsa di Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat, yaitu terkadang dana KIP Kuliah terlambat cair, tidak terakreditasinya Prodi, kurangnya sosialisasi kepada mahasiswa pada prodi tertentu, kuota beasiswa prodi tertentu hangus karena tidak terpakai, kurangnya dukungan sumber daya manusia yang dibutuhkan, anggaran program kebijakan yang terbatas, dan waktu seleksi penerimaan beasiswa yang singkat.

Keywords


Evaluasi; Evaluasi Program; Pemerintahan; KIP Kuliah

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. (2015). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar. (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharudin dan Esa Nurwahyuni. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bungin, Burhan. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Danim, Sudarwan. (2014). Metode Penelitian Ilmu-Ilmu Perilaku. Cetakan 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. (2015). Pengelolaan Budaya dan Iklim Sekolah. Gava Media: Yogyakarta.

Dunn, William N. (2013). Analisis Kebijakan Publik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Guba, E.G. (2010). The Paradigm Dialog. Newbury Park, CA: Sage.

Hafid, Anwar, et al. (2015). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Hamidi. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang: UMM Press.

Ihsan, Fuad. (2016). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Islamy, M. Irfan. (2016). Prinsip-Prinsip Perumusan Kebijakan Negara. Jakarta: Sinar Grafika.

Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nasution. (2015). Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Ndraha, Taliziduhu. (2015). Konsep Administrasi dan Administrasi di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, Riant Dwijodijoto. (2017). Kebijakan Publik: Formulasi, Implementasi, Evaluasi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Siregar, Eveline dan Hartini Nara. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Soetopo, Hendyat. (2013). Pendidikan dan Pembelajaran (Teori, Permasalahan dan Praktek). Malang: UMM Press.

Solichin, Abdul Wahab. (2016). Analisis Kebijakan dari Formulasi ke Implementasi Kebijaksanaan Negara. Jakarta: Bumi Aksara.

Subarsono, AG. (2018). Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan

Aplikasi. Cetakan VIII. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugihartono, dkk. (2017). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharno. (2018). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Yogyakarta: UNY Press.

Sumantri, Arif Andi. (2014). Metode Penelitian Kesehatan. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.

Triyanto, Teguh. (2018). Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Winarno, Budi. (2017). Kebijakan Publik: Teori & Proses. Yogyakarta: Media Pressindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.