EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) UNTUK MENUNJANG SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SWASTA INSAN MULIA INFORMATIKA JAKARTA TIMUR
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) terkait dengan sarana dan prasarana pendidikan di SMK Swasta Insan Mulia Informatika Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk menggambarkan secara mendalam manajemen Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SMK Swasta Insan Mulia Informatika Jakarta Timur. Peneliti berusaha memahami proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penggunaan dana BOS, serta tantangan dan strategi yang diterapkan dalam pengelolaannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan mencakup wawancara, observasi dan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data berupa laporan keuangan dan dokumen lainnya. Dalam analisis data, peneliti menggunakan triangulasi untuk memastikan validitas dan reliabilitas informasi diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan dana BOS di SMK Swasta Insan Mulia Informatika Jakarta Timur sudah efektif karena dana BOS yang diterima telah digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah serta digunakan untuk pengembangan sarana dan prasarana sekolah. Sesuai dengan prinsip efektivitas menurut Pemendikbud No.8 Tahun 2024 yang kemudian diubah menjadi Permendikbud No.19 Tahun 2024 Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Sekolah Reguler. Perencanaan dana BO
S di SMK Swasta Insan Mulia Informatika Jakarta Timur mengacu pada hasil evaluasi diri sekolah, kemudian membentuk tim BOS dan berdasarkan prinsip efektivitas dalam penggunaan dan BOS. Pelaksanaan Dana BOS di SMK Swasta Insan Mulia Informatika Jakarta Timur pada tahun anggaran 2024 telah dilaksanakan dengan baik dan semaksimal mungkin karena persentase pengalokasian dana BOS pada 8 standar pengembangan memperlihatkan perbandingan terlaksana sebesar 90,27% > belum terlaksana sebesar 9,27%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad, B., & Weyai, S. S. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Gratis di SMP Negeri 4 Biak Timur Kabupaten Biak Numfor. JGP: Jurnal Governance and Politics, 1(1), 37-43.
Aiza, Nur. (2017). Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di SD Negeri 010 Bukit Kauman Kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi, 382-392.
Albiy, R., & Yahya. (2021). Efektivitas Penggunaan Dana BOS di MTS Swasta pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2277-2286. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.794.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif . Sukabumi: CV Jejak.
Ayu Theresia, N. D., Ismanto, B., & Permatasari, C. L. (2021). Evaluation Of Adequacy Of Bos In Improving The Quality Of Education. Economica: Journal Of Economic And Economic Education, 10(1), 33-39.
Bhawa, G. A., Haris, I. A., & Artana, M. (2014). Efektivitas Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Sekolah Dasar di Kecamatan Sukasada. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksa, 4(1).
Basuki. (2016). Metode Penelitian Akuntansi dan Manajemen Berbasis Studi Kasus. Surabaya: Airlangga University Press.
Depiani, D. (2015). Efektivitas Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Manajer Pendidikan, 9(2), 302-314.
Diputra, G. I. (2012). Analisis Pengaruh Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos), Rata-Rata Masa Kerja Guru, Dan Rasio Siswa Tidak Mampu Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri Di Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 02(01), 42-50.
Refbacks
- There are currently no refbacks.