Efektivitas Pelayanan Publik Pada Kantor Kelurahan Kota Bambu Utara Kecamatan Palmerah Jakarta Barat

Himsar Silaban

Abstract


Penelitian ini di lakukan di Kelurahan Kota Bambu Utara Kecamatan Palmerah Jakarta Barat, informan yang dimintai keterangan guna membuat penelitian ini terdiri dari Lurah, Wakil Lurah, Sekretaris Kelurahan, Masyarakat 10 orang. Penelitian ini bertujuan untuk menilai Efektivitas Pelayanan Publik Di Kelurahan Kota Bambu Utara Jakarta Barat. Aspek yang di teliti meliputi: Aspek Produktivitas, Aspek Kualitas Layanan, Aspek Responsivitas, Aspek Responsibilitas, Aspek Akuntanbilitas. Metode penelitian yang di gunakan adalah Metode Kualitatif, Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara dan studi dokumentasi serta melakukan analisis data yang berkaitan dengan fokus permasalahan penelitian. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Pelayanan Publik Pada Kelurahan Kota Bambu Utara sudah efektif dan sesuai dengan aturan yang berlaku di Kelurahan Kota Bambu Utara. Akan tetapi ada permasalahan seperti tingkat pelayanannya yang masih harus di kembangkan dan di tingkatkan lagi untuk dapat melayani masyarakatnya dengan lebih baik, dan harus bisa menjalin interaksi yang baik kepada masyarakatnya untuk meminimalisir kesalah pahaman dan masyarakat pun mengerti apa yang di sampaikan oleh Kelurahan Kota Bambu Utara Jakarta Barat Kecamatan Palmerah Jakarta Barat.


Full Text:

PDF

References


Barthos, Basir. 1990 Manajemen Sumber Daya Manusia: Suatu Pendekatan Makro. Jakarta: Bumi Aksara

Devrye, Catherine (1997) Good Service is Good Business, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Dwiyanto, Agus dkk (2002). Reformasi Birokrasi di Indonesia. Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan, Universitas Gajah Mada.

Guritno, Bambang dan Waridin (2005), Pengaruh Presepsi Karyawan Mengenai Perilaku Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Motivasi Terhadap Kinerja, JBRI Vol. 1

Handayaningrat, Soewarno (1996), Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen, Jakarta: Toko Gunung Agung

Hidayat, AP, Saqina (1986), Mengukur Produktifitas Manusia Indonesia. Jakarta: LP3ES Prisma No. 11

Irawan, Prasetyo (2006), Analisis Kinerja, Jakarta: STIA-Lan Press

Kridawati, Dr. Sadhana (2010), M.S, Etika Birokrasi Dalam Pelayanan Publik, Malang: CV. Citrab Malang

Moenir, H.A.S (2008) Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara

Rivai, Veithzal dan Sagala, Ella Januari (2009) Manajemen Sumber Manusia Untuk Perusahaan (Edisi kedua) Jakarta Raja Grafindo.

Siagian, p. Sondang (1992:56) kerangka dasar ilmu administrasi, Jakarta: PT. Rhineka Cipta.

Soedjono, Soekanto, WJS (1983), Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Bumi Cipta.

Soetopo.et.al. (1999), Pelayanan Prima, Jakarta: STIA-LAN


Refbacks

  • There are currently no refbacks.