Efektivitas Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan Pada Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Dalam Negeri

Lukman Hakim

Abstract


Pengelolaan kegiatan pendidikan dan pelatihan ini, manajemennya dilakukan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan. Dengan semakin kompleksnya tugas pokok dan fungsi yang dilaksanakan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan, dibutuhkan suatu strategi penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan yang efektif dan efisien, dimana hal-hal yang dapat mempengaruhinya bisa datang dari sumber daya pendidikan dan pelatihan ataupun lingkungan psikologis yang mendukungnya. Artinya bahwa sumber daya manusia penyelenggara pendidikan dan pelatihan tersebut haruslah seseorang yang memiliki kompetensi yang baik. Karena sesungguhnya pendidikan dan pelatihan yang baik adalah pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan secara efektif, terencana, dan terprogram sesuai dengan kemampuan dan sasaran yang hendak dicapai.

Full Text:

PDF

References


Handoko, T. Hani. 1985. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Liberty

Hasibuan, Malayu. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Musanef. 1996. Manajemen Kepegawaian di Indonesia. Jakarta: PT. Toko Gunung Agung

Moekijat. 1995. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Bandung: Mandar Maju

Moleong, Lexi J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2009. Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Robbins, Stephen P.1994.Teori Organisasi. Jakarta: Arcan

Sastro, B. Siswanto. 2003. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Steers, M. Richard. 1985. Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Subagyo, P. 1995. Manajemen Kepegawaian. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Sudarwan, Damin. 2004. Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok. Jakarta: Rineka Cipta.

Terry, George R. 1993. Prinsip-Prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.