KUALITAS PELAYANAN SISTEM INFORMASI ONLINE LAYANAN ADMINISTRASI (SIOLA) DI KEMENTERIAN DALAM NEGERI

Johannes Rendy C

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan, kriteria pelayanan, serta upaya peningkatan kualitas Sistem Informasi Online Layanan Administrasi (SIOLA) di Kementerian Dalam Negeri. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan rancangan postpositivisme, melibatkan 9 informan dari Bagian Layanan Administrasi dan Konsultasi serta pihak terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan SIOLA sudah tergolong baik, dibuktikan dengan penilaian tahunan dari Kemenpan RB yang memberikan predikat “BAIK”. Petugas pelayanan dinilai responsif terhadap layanan administrasi, konsultasi, dan konsultasi online. Namun, perlu peningkatan dalam sosialisasi aplikasi SIOLA untuk menghindari miskomunikasi dengan pengguna. SIOLA juga telah memenuhi prinsip pelayanan publik seperti transparansi, akuntabilitas, kondisional, partisipatif, kesamaan hak, dan keseimbangan hak dan kewajiban. Untuk meningkatkan kualitas layanan, diperlukan sosialisasi rutin kepada instansi terkait, pelatihan kompetensi bagi petugas, dan peningkatan sarana prasarana. Saran yang diajukan mencakup prioritas layanan kepada masyarakat dan pemerintah daerah, optimalisasi kualitas jaringan internet, serta penguatan SDM, pendanaan, dan kebijakan. Dengan upaya tersebut, diharapkan seluruh layanan administrasi dan konsultasi di Kemendagri dapat diakses tanpa kehadiran fisik dari pemerintah daerah.


Keywords


Kualitas Pelayanan; Sistem Informasi Online Layanan Administrasi

Full Text:

PDF

References


Andiansyah, & Bayquni. (2022). Peran Rptra (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) Dalam Upaya Pemberdayaan, Masyarakat Di, Kelurahan Bintaro, Jakarta Selatan. PUBLIKA Jurnal Ilmiah Administrasi Dan Kebijakan Publik, 8(1), 2776–4087.

Arikunto, S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif.

Arison, J. B. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Studi Kasus Sistem Online Layanan Administrasi Kementerian Dalam Negeri). Journal of Policy and Applied Administration, 1(1).

Basrowi, & Suwandi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fitzsimmons, J. A., Fitzsimmons., M. J., & Bordoloi, S. K. (2014). Service Management, Eighth Edition. New York: The McGraw-Hill.

Indrajit, R. E. (2016). Konsep dan Strategi Electronic Government.

Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 061-3755 Tahun 2014 Tentang Pembentukan Unit Layanan Administrasi Kementerian Dalam Negeri.

Lovelock, C. (2010). Pelayanan Jasa.

Miftah, T. (2011). Perilaku Organisasi.

Pasolong, H. (2017). Teori Administrasi Publik.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2021 Tentang Organisasi Dan Tata Kerja Kementerian Dalam Negeri.

Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 Tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025.

Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. (n.d.).

Rianto, B., & Lestari, T. (2012). Polri dan Aplikasi E-Government dalam Pelayanan Publik.

Sinambela, L. P. (2016). Reformasi Pelayanan Publik: Teori, Kebijakan, dan Implementasi.

Suaedi, F., & Wardiyanto, B. (2010). Revitalisasi Administrasi Negara (Reformasi Birokrasi dan E-Governance).

Sulistio, B., & Budi, W. K. (2015). Birokrasi Publik (Perspektif Ilmu Administrasi Publik).

Supriyono, B. (2013). Peranan Pemerintah Daerah Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 2(2).

Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 439 Tahun 2018 Tentang Percepatan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Berbasis Elektronik.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

Wibawa, S. (2012). Politik Perumusan Kebijakan Publik.

Yahya, D. T. (2015). Implementasi Kinerja Bagian Komunikasi dan Informasi Kabupaten Penajam Paser Utara Dalam Memanfaatkan E-Government Sebagai Sarana Pelayanan Informasi Publik (Studi pada Kantor Dinas Perhubungan dan Pariwisata Bagian Komunikasi dan Informasi Kabupaten Pena.

Zauhar, S. (2015). Birokrasi, Birokratisasi dan Post Bureaucracy.




DOI: https://doi.org/10.32509/publika.v10i2.5782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Publika: Jurnal Ilmiah Administrasi dan Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



 Indexed by:

   

Recomended Tools:

 



Publika: Jurnal Ilmiah Administrasi dan Kebijakan Publik

Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)

email: publika@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2024 Publika: Jurnal Ilmiah Administrasi dan Kebijakan Publik

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.