Evaluasi Kebijakan Aplikasi Sisumaker untuk Peningkatan Pelayanan Publik Tangerang Selatan

Muhammad Fadli Sani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas kebijakan implementasi aplikasi Sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar (SISUMAKER) dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif kualitatif dengan desain studi kasus intrinsik dan teknik pengumpulan data melalui studi dokumentasi, wawancara mendalam, dan observasi non-partisipatif. Analisis data dilakukan secara tematik dengan menggabungkan kerangka evaluasi IPOO (Input-Process-Output-Outcome) dan model keberhasilan sistem informasi DeLone dan McLean. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun SISUMAKER mampu memberikan efisiensi administratif, implementasinya masih menghadapi tantangan signifikan pada aspek kesiapan infrastruktur, kompetensi sumber daya manusia, dan desain antarmuka pengguna. Sistem belum sepenuhnya terintegrasi ke dalam alur birokrasi dan partisipasi masyarakat melalui fitur publik masih rendah. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penguatan kapasitas SDM, peningkatan infrastruktur digital, penyempurnaan SOP, serta strategi komunikasi dan edukasi publik untuk mengoptimalkan pemanfaatan sistem. Dengan demikian, SISUMAKER memiliki potensi sebagai instrumen strategis dalam transformasi digital pelayanan publik apabila didukung oleh intervensi kebijakan yang adaptif dan partisipatif.


Keywords


Evaluasi Kebijakan; Pelayanan Publik Digital; SISUMAKER

Full Text:

PDF

References


Ananda Arifah, F., & Wahyuni, D. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Penerapan Sistem Informasi Layanan Perkantoran (E-Layar): Studi Kasus Kementerian Kelautan Dan Perikanan. Jurnal EMT KITA, 6(1), 65–71. https://doi.org/10.35870/emt.v6i1.493

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Brinkmann, S., & Kvale, S. (2014). InterViews: Learning the Craft of Qualitative Research Interviewing Third Edition.

Bryman, A. (2016). Social Research Methodology, 5th Edition (5th Editio).

Cordella, A., & Paletti, A. (2019). Government as a platform, orchestration, and public value creation: The Italian case. Government Information Quarterly, 36(4).

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2016). Qualitative Inquiry and Research Design Choosing Among Five Approaches, 4th Edition (4th Editio). SAGE Publications.

Dapadeda, A., & Emanuel, A. W. R. (2024). SIDARLIN: Evaluasi Implementasi E-Government dalam Pelayanan Publik pada Disdukcapil Kabupaten Sumba Timur. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 12(3), 857–864. https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v12i3.73937

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: A ten-year update. Journal of Management Information Systems, 19(4), 9–30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748

Dewi, N. K., & Jayanti, A. (2017). Kajian Analisa: Penerapan dan Pengembangan e-Government pada Pemerintah Propinsi Bali Analytical Review: Implementation and Development of e-Government Bali. Citec Journal, 4(2), 141–150.

Fan, L., & Luna-Reyes, L. F. (2016). Theoretical Foundations to Information Technology Outsourcing Research in the Public Sector. Conference: The 17th International Digital Government Research Conference.

Febrian Arga Wahyudi, & Nora Eka Putri. (2024). Implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sijunjung. Jurnal Administrasi Pemerintahan Desa, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.47134/villages.v6i1.185

Firman, F., Sumatono, S., Muluk, M. K., Setyowati, E., & Rahmawati, R. (2024). Enhancing Citizen Participation: The Key To Public Service Transparency. Journal of Law and Sustainable Development, 12(1), e2937. https://doi.org/10.55908/sdgs.v12i1.2937

Hawa, P., & Salomo, R. V. (2020). Kesiapan Digitalisasi Layanan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Pada Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 6(1), 8–19. https://doi.org/10.33084/restorica.v6i1.1251

Jacobson, D. (2019). Naturalistic Inquiry. International Encyclopedia of Human Geography, Second Edition, June, 267–272. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-102295-5.10579-7

Kompas.com. (2021). Banyak Pegawai Pensiun 2021, Tangsel Berharap Dapat Banyak Jatah Penerimaan CASN.

Marshall, C., & Rossman, G. B. (2014). Designing Qualitative Research.

Nasution, A. S. A., Raharjo, P., & Samad, A. (2023). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENYELENGGARAAN PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN TERPADU DI SUKU DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI, USAHA KECIL DAN MENENGAH KOTA ADMINISTRASI JAKARTA PUSAT PROVINSI DKI JAKARTA. 9(2).

Pamulasari, W., Suryana, N., Studi, P., Informasi, S., & Kebangsaan, U. (2020). Surat Web. 3, 34–41.

Puspitasari, N., Septiarini, A., Hakim, M. I., Afifah, D. N., Salsabila, Z., Fornia, D. D. E., Wahyudi, M. I., Pramudya, P. E., & Hanif, A. L. (2023). Teknologi Arsip Digital sebagai Upaya Peningkatan Layanan Administrasi di Kelurahan Sungai Pinang Luar Kota Samarinda. Inovasi Teknologi Masyarakat (INTEKMAS), 1(1), 8–14. https://doi.org/10.53622/intekmas.v1i1.189

Saldaña, J. (2015). Coding manual for qualitative researchers. In SAGE Publications Inc.

Subirats, J. (2001). Public policy analysis. Gaceta Sanitaria / S.E.S.P.A.S, 15(3), 259–264. https://doi.org/10.1016/s0213-9111(01)71557-9

Winarno, B. (2021). KEBIJAKAN PUBLIK : TEORI, PROSES DAN STUDI KASUS.

Wirtz, B. W., Weyerer, J. C., & Geyer, C. (2019). Artificial Intelligence and the Public Sector—Applications and Challenges. International Journal of Public Administration, 42(7), 596–615.

Yin, R. K. (2017). Case Study Research and Applications: Design and Methods.




DOI: https://doi.org/10.32509/jp.v11i1.5835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Publika: Jurnal Ilmiah Administrasi dan Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



 Indexed by:

  

Recomended Tools:

 



Publika: Jurnal Ilmiah Administrasi dan Kebijakan Publik

Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)

email: publika@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2024 Publika: Jurnal Ilmiah Administrasi dan Kebijakan Publik

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.