Implementasi Kebijakan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Deputi Kemenko PMK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi, hambatan, dan upaya perbaikan kebijakan organisasi serta tata kerja pada Sekretariat Deputi Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial di Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan telah berjalan namun belum optimal. Hambatan utama yang ditemukan meliputi jumlah sumber daya manusia yang belum ideal (hanya 9 orang dari kebutuhan ideal 10), keterbatasan alokasi anggaran, serta infrastruktur teknologi yang belum memadai. Keterbatasan ini mempengaruhi efektivitas kerja dan responsivitas lembaga. Dalam mengatasi kendala tersebut, dilakukan beberapa upaya perbaikan seperti pelatihan peningkatan kapasitas, revisi anggaran, inisiatif anggota membawa perangkat teknologi pribadi, serta dukungan langsung dari pimpinan dalam mendampingi pelaksanaan tugas sekretariat. Temuan ini menekankan pentingnya perencanaan SDM yang strategis, dukungan teknologi, serta keterlibatan aktif pimpinan dalam optimalisasi implementasi kebijakan organisasi di instansi pemerintahan. Penelitian ini diharapkan menjadi referensi dalam penguatan tata kelola birokrasi, khususnya dalam fungsi koordinasi bidang kesejahteraan sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andrews, M., Pritchett, L., & Woolcock, M. (2017). Building State Capabilities: Evidence, Analysis, Action. In Oxford University Press. https://doi.org/10.1093/9780191994982.003.0004
Aragón-Correa, J. A., García-Morales, V. J., & Cordón-Pozo, E. (2007). Leadership and organizational learning’s role on innovation and performance: Lessons from Spain. Industrial Marketing Management, 36(3), 349–359. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2005.09.006
Bowen, G. A. (2009). Document Analysis as a Qualitative Research Method. Qualitative Research Journal, 9(2), 27–40.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.).
Guba, E., & Lincoln, Y. S. (1985). Naturalistic Inquiry.
Kamaruddin, K., Prasojo, E., Rahayu, A. Y. S., & Jannah, L. M. (2017). Determinants of Successful Administrative Reform A Case in Indonesian National Institute of Public Administration. January. https://doi.org/10.2991/icaspgs-icbap-17.2017.9
Mergel, I., Edelmann, N., & Haug, N. (2019). Defining digital transformation: Results from expert interviews. Government Information Quarterly, 36(4), 101385. https://doi.org/10.1016/j.giq.2019.06.002
Namey, E. E., Guest, G., & Mitchell, M. L. (2012). Collecting Qualitative Data: A Field Manual for Applied Research.
Noordegraaf, M. (2015). Public Management: Performance, Professionalism and Politics.
Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Wisdom, J. P., Duan, N., & Hoagwood, K. (2013). Purposeful Sampling for Qualitative Data Collection and Analysis in Mixed Method Implementation Research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 42, 533–544.
Røvik, K. A., Lægreid, P., & Christensen, T. (2007). Organization Theory and the Public Sector: Instrument, Culture and Myth.
Rubin, H. J., & Rubin, I. S. (2011). Qualitative Interviewing The Art of Hearing Data Third Edition.
Sabatier, P. A., & Weible, C. M. (2014). Theories of the policy process (3rd ed.).
Schnell, S., Mihes, D., Sobjak, A., & van Acker, W. (2021). Performance Management in the Public Administration. Performance Management in the Public Administration, June 2021. https://doi.org/10.1596/35921
Ugaddan, R. G., & Park, S. M. (2018). Do Trustful Leadership, Organizational Justice, and Motivation Influence Whistle-Blowing Intention? Evidence From Federal Employees. Public Personnel Management, 48(1).
Wicks, D. (2017). The Coding Manual for Qualitative Researchers (3rd edition). Qualitative Research in Organizations and Management: An International Journal, 12(2), 169–170. https://doi.org/10.1108/qrom-08-2016-1408
Yin, R. K. (2017). Case study research and applications: Design and methods (6th ed.).
DOI: https://doi.org/10.32509/jp.v11i1.5845
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Publika: Jurnal Ilmiah Administrasi dan Kebijakan Publik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Publika: Jurnal Ilmiah Administrasi dan Kebijakan Publik
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: publika@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Publika: Jurnal Ilmiah Administrasi dan Kebijakan Publik
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.