Analisis Kualitas Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) pada Kantor Kelurahan Binong Kecamatan Curug Tangerang

Budiharjo Budiharjo

Abstract


Electronic Kartu Tanda Penduduk (e-KTP) adalah Kartu Tanda Penduduk(KTP) yang dibuat secaraelektronik, dalam artian baik dari segi fisik maupun penggunaannya berfungsi secara komputerisasi. Program ini merupakan kebijakan electronic government. Penerapan electronic government dilakukan dengan cara mengoptimalkan pemanfaatan kemajuan teknologi informasi untuk mengeliminasi sekat-sekat organisasi dan birokrasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) Pada Kantor Kelurahan Binong. Tipe penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode deskriptif, yaitu jenis penelitian yang memberikan gambaran atau uraian atas suatu keadaan sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap obyek yang diteliti. Sedangkan pengumpulan data dalam metode deskriptif dilakukan dengan wawancara dan telaah dokumen. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa Kelurahan Binong belum sepenuhnya bisa memberikan pelayanan yang baik. Masih banyak masyarakat yang mengeluhkan tentang prosedur pelayanan yang dirasa terlalu rumit bila dibandingkan dengan prosedur KTP lama, serta lokasi perekaman yang jauh.


Full Text:

PDF

References


Amirullah., Haris Budiyono (2004) Pengantar Manajemen. Graha Ilmu, Bandung.

Barata, Atep Adya (2004) Dasar-dasar Pelayanan Prima. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Gaspersz, Vincent (2002) Manajemen Kualitas dalam Industri Jasa. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Gaspersz, Vincent (2002) Total Quality Management. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2002

Hasibuan S.P, Malayu (2008) Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (edisi ketiga). (2007) Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional: Balai Pustaka. Jakarta

Kertonegoro, Sentanoe (1994) Manajemen Organisasi. Widya Press, Jakarta.

Kountur, Ronny (2004) Metode Penelitian. Penerbit PPM, Jakarta.

Lukman, Sampara (2004) Manajemen Kualitas Pelayanan. STIA LAN Press, Jakarta.

Moekijat (1999) Manajemen Sumber Daya Manusia (Manajemen Kepegawaian). Mandar Maju, Jakarta.

Moenir, H.A.S (2008) Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Bumi Aksara, Jakarta.

Moleong, Lexy.J. (1998) Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya, Bandung.

Nawawi, H. Hadari (2000) Manajemen Sumber Daya Manusia. Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

Nawawi, H. Hadari., Hadari, H.M. Martini (1994) Ilmu Administrasi. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Rahmayanty, Nina (2009) Manajemen Pelayanan Prima. Graha Ilmu, Bandung.

S.P. Hasibuan, H. Malayu (2005) Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara, Jakarta.

Sugandi, Yogi Suprayogi (2011) Administrasi Publik (Konsep dan Perkembangan Ilmu di Indonesia). Graha Ilmu, Bandung.

Sutarto (2000) Dasar-dasar Organisasi. Universitas Gadjah Mada Press, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy., Anastasia Diana (2001) Total Quality Management. Penerbit Andi, Jakarta.

Tjiptono, Fandy., Gregorius Chandra (2001) Service, Quality Satisfaction. Penerbit Andi, Jakarta.

Yahya, Yohanes (2006) Pengantar Manajemen. Graha Ilmu, Bandung.

Yani, H.M (2012) Manajemen Sumber Daya Manusia. Mitra Wacana Media, Jakarta.

Dokumen:

Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara (MenPAN) Nomor 63/2003 tentang prinsip pelayanan publik.

Peraturan Bupati Tangerang No. 62 tahun 2010 tentang Tugas Pokok, Fungsi dan Tata Kerja Kelurahan Kabupaten Tangerang.

Peraturan Presiden No. 35 Tahun 2010 tentang perubahan atas Peraturan Presiden No. 26 Tahun 2009

Peraturan Presiden No.26 Tahun 2009 pasal 6 tentang Penerapan KTP berbasis Nomor Induk Kependudukan Secara Nasional

Undang Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan

Website:

Alchindi Q, Defra, dkk (2013), Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan e-KTP di Kecamatan Padurungan. 6 Mei 2013. http://ejournal s1.undip.ac.id/ index.php/jppmr/article/view/1609.

e-KTP, Situs resmi. 14 Mei 2013. http://www.e-ktp.com.

Suharni (2013, 20 Februari) Implementasi Strategi Penerapan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) Di Kabupaten Nunukan. Jurnal (Online). 28 Agustus 2013.http://fridaus.org/index.php/ panduan-praktis/penulisan-tesis-skripsi/tesis-skripsi-pilihan/218-suharni


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SPEKTRUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.