Analisis Sistem Pelayanan Kesehatan pada Unit Rawat Jalan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Kembangan Jakarta Barat

Paiman Raharjo

Abstract


Kebutuhan masyarakat adalah suatu rasa yang timbul secara alami dari dalam diri manusia untuk memenuhi segala sesuatu yang diperlukan dalam kehidupannya. Kebutuhan-kebutuhan ini kemudian memunculkan keinginan manusia untuk memperoleh sesuatu yang dibutuhkan tersebut sebagai alat pemuas kebutuhan hidupnya. Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang. Oleh karena, itu kebutuhan dalam pelayanan kesehatan akan terus selalu meningkat.

Peningkatan pelayanan kesehatan dan perbaikan mutu gizi di utamakan kepada golongan masyarakat yang berpenghasilan rendah. Tujuan pembangunan kesehatan nasional adalah tercapainya kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal sebagai salah satu unsur kesejahteraan umum dari tujuan nasional, sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Tingginya permintaan untuk penyediaan pelayanan kesehatan membuat persaingan semakin ketat. Rumah sakit baik yang dikelola pemerintah atau swasta, serta Pusat Kesehatan Masyarakat sebagai unit pelayanan dari pemerintah yang dekat dengan masyarakat dengan ekonomi menengah kebawah. Saling berlomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SPEKTRUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.