Pengaruh Kualitas Pelayanan Air Bersih Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng Kota Tangerang

Novida Anggraini

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya Pengaruh Kualitas Pelayanan Air Bersih Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner. Melalui uji regresi Y = a + bX; Y= 14.352 + 0.569 (Kualitas Pelayanan). Ini berarti bila Kualitas Pelayanan (X)ditingkatkan sebesar 1 point, maka akan memberikan pengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 0.569. Uji korelasi Kualitas Pelayanan (X) sebesar 0.569, artinya bila Kualitas Pelayanan ditingkatkan maka akan menghasilkan Kepuasan Pelanggan. Sedangkan melalui koefisien penentu didapat Kualitas Pelayanan (X) sebesar 0.569, sehingga variasi peningkatan dan penurunan Kepuasan Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Pelayanan (X) sebesar 56.9%, dan terlihat faktor-faktor lain di luar variabel sebesar 43.1%. Berdasarkan uji hipotesis (uji t) didapat nilai t hitung variabel Kualitas Pelayanan sebesar 7.331 dan t tabel 1.676, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh antara Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng Kota Tangerang. Probabilitas hasil sebesar 0.000 atau 0% sedangkan tarif a = 5% dengan demikian [ r = 0.000 < a = 0.050 ], sehingga dengan demikian Kualitas Pelayanan Signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan. Terhadap teori yang digunakan, yakni teori Kualitas Pelayanan dari Zeithami dan Parasuraman (2004) dan teori Kepuasan Pelanggan dari Irawan (2002), menunjukkan adanya korelasi dan hubungan yang kuat atas indikator-indikator yang diteliti, sehingga keduanya menunjukkan adanya pengaruh yang Signifikan khusunya pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng Kota Tangerang.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan


Full Text:

PDF

References


Barata, Atep Adya (2004), Dasar-dasar Pelayanan Prima: Persiapan Membangun Bidang Pelayanan Prima Untuk Meningkatkan Kualitas dan Loyalitas Pelanggan, Jakarta: ELEX Media Komutindo Kelompok Gramedia.

Handayaningrat, S. (1993). Pengantar Studi Ilmu Administrasi dan Manajemen.Jakarta: CV. Haji Mas Agung.

Handoko, T. H. (1999). Manajemen. Yogyakarta: BPFE. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Irawan. 2003. Prinsip-prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Penerbit Elek Media Komputindo.

Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. Indeks. Kelompok Gramedia.

Lupiyoadi, Rambat, (2001), Manajemen Pemasaran Jasa Teori dan Praktik, Edisi Pertama, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

Tjiptono, F. (2000). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. (2005). Pemasaran Jasa, EdisiPertama. Malang: Bayu Media Publishing.

Tjiptono, F., & Chandra, G. (2007). Service, Quality & Satisfaction. 2nd ed. Yogyakarta: Andi.

Zeithmai, V., & Parasuraman, A. (2004). Service Quality. Marketing Science Institute.

http://www.pdamtirtabenteng.co.id/

http://swa.co.id/tag/permasalahan-pdam

UUD 1945 Pasal 33 ayat (3) tentang sumber daya alam Indonesia.

UUD pasal 10 No. 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SPEKTRUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.