Peranan Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Sadan Penjamin Jaminan Sosial pada Kecamatan Palmerah Jakarta Barat

Andriasyah Andriansyah

Abstract


Tujuan Penelitian dari peranan kepala pusat PUSKESMAS Kecamatan Palmerah adalah untuk melihat sampai sejauhmana kualitas pelayanan umm di Puskesmas. Sedangkan PUSKESMAS adalah unit pelaksana teknis dinas (UPTO) kesehatan yang bertanggungjawab menyelenggarakan pembangunan kesehatan di Kecamatan Pal Merah.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan atau desain penelitian deskriptif. Yaitu mengukur Peranan Kepala Puskesmas dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat pada Kecamatan Palmerah. Hasil penelitian pengukuran yang telah dilaksanakan akan dilengkapi dengan pendapat-pendapat yang lebih komprehansif melalui interview dari para responden.

Hasil Penelitian adalah kualitas pelayanan PUSKESMAS Pal Merah menyelenggarakan pelayanan untuk meningkatkan derajat kesehatan yang optimal, dan sebagai ujung tombak pelayanan dan pembangunan kesehatan yang berkaitan dengan mutu pelayanan kesehatan. Puskesmas perlu mempertimbangkan masukan dari masyarakat melalui berbagai wadah yang ada. Rencana Usulan Kegiatan harus dilengkapi pula dengan usulan pembiayaan untuk kebutuhan rutin, sarana, prasarana dan operasional.

Kata Kunci : Peran Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat, Peningkatan Pelayanan Jaminan Sosial.


Full Text:

PDF

References


Aditama, Candra Yoga, Manajemen Administrasi Rumah Sakit, UI Press, 2000.

Azwar Azrul, Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 1999.

Azwar Azrul, Pengantar Administrasi Kesehatan. PT. Pustaka Sinar Harapan, Edisi Ketiga. Tahun 1996.

Gani, Ascobat, Aspek-Aspek Pelayanan Kesehatan, Jakarta: Rajawali Press, 1995.

Gasperz, V, 1997. Management Kualitas dalam Industri Jasa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 1997.

Jacobalis. Menjaga Mutu Pelayan Rumah Sakit : Quality Assurance.1989

Moenir, HAS. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.1996.

Wijono, Djoko. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Vol I, Surabaya, Airlangga, University Press. 1999.

Silalahi, Bennet, NB. Prinsip Manajemen Rumah Sakit. Jakarta: LPMI.

Wijono. Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Vol II, Surabaya,

Airlangga, University Press.

Tjiptono, Fandy Strategi Pemasaran. Edisi pertama. Andi Ofset. Yogyakarta. 2001.

Kotler, Philip Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis , Perencanaan, Implementasi, dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta. 2002.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 SPEKTRUM: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.