KOMUNIKASI POLITIK RASA ALA JOKOWI DALAM MERESPON POLITIK SENTIMEN
Abstract
Politik sentimen dieksploitasi secara massif oleh kelompok Populisme Islam dalam menyerang Presiden Joko Widodo. Isu-isu yang dipergunakan seperti Jokowi anti-Islam, antek-asing, pro-PKI, diskriminalisasi ulama dan sebagainya diharapkan bisa menciptakan kebencian kepada Presiden Jokowi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pandangan Jokowi terhadap politik sentimen tersebut dan bagaimana dia meresponnya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif. Hasil penelitian menemukan bahwa Presiden Jokowi secara personal tidak terganggu secara psikologis oleh politik sentimen tersebut, tetapi dia memandang sebagai isu yang perlu direspon karena politik sentimen berimplikasi negatif terhadap keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara. Jokowi lebih fokus menggunakan pendekatan komunikasi politik RASA dalam merespon politik sentimen yang menurutnya juga adalah permainan rasa. Adapun politik komunikasi rasa yang dilakukan bertumpu pada kekuatan personal yang meliputi friendly, santun, dan merakyat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriadi, Fayakhun (2016). Demokrasi di Tangan Netizen, Tantangan dan Prospek Demokrasi Digital. Jakarta: RMBooks.
Basuki, D. S. S. (2017). Using Social Media to Foster Identification in Indonesias 2014 Presidential Election: An Examination of Facebook Politics from Kenneth Burkes Dramatistic Perspective. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.35118.10566
Charteris-Black, J. (2006). The communication of leadership: The design of leadership style. In The Communication of Leadership: The Design of Leadership Style. https://doi.org/10.4324/9780203968291
CNN Indonesia. (2017, Agustus 10). Tudingan Diktator Anti-Islam dan Serangan Balik Jokowi. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20170810100312-32-233660/tudingan-diktator-anti-islam-dan-serangan-balik-jokowi
CNN Indonesia. (2017, Juli 18). HTI Sebut Rezim Jokowi Anti-Islam. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20170718145134-12-228613/hti-sebut-rezim-jokowi-anti-islam
Damayanti, N., & Hamzah, R. E. (2017). Strategi kampanye politik pasangan jokowi-jk pada pemilihan presiden 2014. WACANA, 16(2), 279290.
de Vreese, C. H., Esser, F., Aalberg, T., Reinemann, C., & Stanyer, J. (2018). Populism as an Expression of Political Communication Content and Style: A New Perspective. International Journal of Press/Politics, 23(4), 423438. https://doi.org/10.1177/1940161218790035
Detik. (2018, Agustus 8). Kiai Kampung di Jatim Dukung Jokowi Maju Pilpres 2019. https://news.detik.com/berita/4156516/kiai-kampung-di-jatim-dukung-jokowi-maju-pilpres-2019
Detik. (2018, Februari 24). Ma'ruf Amin: Jokowi Presiden yang Sering Silaturahmi ke Ulama-Habaib. https://news.detik.com/berita/3884178/maruf-amin-jokowi-presiden-yang-sering-silaturahmi-ke-ulama-habaib
Hadiz, V. R. (2018). Imagine All the People? Mobilising Islamic Populism for Right-Wing Politics in Indonesia. Journal of Contemporary Asia, 48(4), 566583. https://doi.org/10.1080/00472336.2018.1433225
Hameleres, E. a. (2018). Start Spreading the News : A Comparative Experiment on the Effects of Populist Communication on Political Engagement in Sixteen European Countries. The International Journal of Press/Politics, SAGE, 23(4), 517538. https://doi.org/10.1177/1940161218786786
Jagers, J., & Walgrave, S. (2007). Populism as political communication style: An empirical study of political parties discourse in Belgium. European Journal of Political Research, 46(3), 319345. https://doi.org/10.1111/j.1475-6765.2006.00690.x
Juditha, C. (2017). HATESPEECH in ONLINE MEDIA: JAKARTA ON ELECTION 2017 - HATESPEECH di MEDIA ONLINE: KASUS PILKADA DKI JAKARTA 2017. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 21(2).
Keyes, Ralph (2005). The Post Truth Era, Dishonesty and Deception in Contemporary Life. New York, St. Martins Press.
Kumparan. (2018, Juli 16). Para Kiai di Pangkuan Jokowi. https://kumparan.com/@kumparannews/para-kiai-di-pangkuan-jokowi-27431110790546391
Kumparan. (2018, Juli 16). TGB: Saya Ingin Hilangkan Anggapan Jokowi Tak Ramah Umat. https://kumparan.com/@kumparannews/tgb-saya-ingin-hilangkan-anggapan-jokowi-tak-ramah-umat-27431110790546327?ref=body&type=mbcjugal
Kumparan. (2018, Februari 24). Ma'ruf Amin Sanjung Jokowi yang Rajin Hadiri Acara Selawat. https://kumparan.com/@kumparannews/ma-ruf-amin-sanjung-jokowi-yang-rajin-hadiri-acara-selawat
Kompas. (2018, Januari 31). Cerita Jokowi Jadi Imam dan Makmum Saat Shalat di Afghanistan. https://nasional.kompas.com/read/2018/01/31/11474421/cerita-jokowi-jadi-imam-dan-makmum-saat-shalat-di-afghanistan
Llorente & Cuenca (2017). The Post-Truth Era: Reality vs. Perception. Spanyol: Uno Magazine.
McNair, Brian (2011) An Introduction to Political Communication (fifth edition), New York, Routledge.
Mengapa Pesantren. [Video]. https://www.youtube.com/watch?v=djpzbC_9C10
Mulyana, Deddy (2004). Komunikasi Efektif: Suatu Pendekatan Lintasbudaya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Norris, Pippa (2004). Political Communication, dalam Encyclopedia of the Social Sciences, Harvard University.
Okezone. (2018, Maret 14). Jokowi Ingin Program Bank Wakaf Mikro Ada di Setiap Pesantren. https://economy.okezone.com/read/2018/03/14/320/1872565/jokowi-ingin-program-bank-wakaf-mikro-ada-di-setiap-pesantren
Rachmat, Jalaluddin (1984). Metodologi Penelitian Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.
Republika. (2017, Oktober 11). Persepsi Publik Soal Jokowi dan Islam? Ini Hasil Surveinya. https://nasional.republika.co.id/berita/nasional/politik/17/10/11/oxnqte409-persepsi-publik-soal-jokowi-dan-islam-ini-hasil-surveinya
Salamah, Ummu (2015). Brand Pemimpin Politik. Jakarta: Makna Informasi.
Sugiyono (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tirto. (2018, Juli 4). Survei: Jokowi Lebih Diinginkan Umat Islam Daripada Prabowo. https://tirto.id/survei-jokowi-lebih-diinginkan-umat-islam-daripada-prabowo-cNwc
Tribunnews. (2018, Oktober 8). Jokowi: Pemerintah Sudah Dirikan Bank Wakaf Mikro di 33 Ponpes, Modalnya Rp 8 Miliar. http://www.tribunnews.com/bisnis/2018/10/08/jokowi-pemerintah-sudah-dirikan-bank-wakaf-mikro-di-33-ponpes-modalnya-rp-8-miliar
Warburton, E. (2019). Inequality, Nationalism and Electoral Politics in Indonesia. Southeast Asian Affairs 2018, 2018, 135152. https://doi.org/10.1355/9789814786843-010
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.928
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.