SELERA BUDAYA DAN PRAKTIK KONSUMSI DALAM BINGKAI PEMIKIRA PIERRE BOURDIEU

Endah Murwani

Abstract


KonsumsI muncul sebagai perhatia budaya dalam perdebatan mengenai perkembangan masyarakat konsumen. Analisis budaya perihal konsumsi berawal dari perhatian politik Marxisme yang mencoba memahami perbedaan ant_ara formasi social kapitalis dan pra-kapitalis. Selanjutnya konsumsi menjadi isu penting bagi para pemikir dan peneliti, diantaranya adalah Herbert Marcuse, Thorstein Veblen, Pierre Bourdieu, Jean Baudrillard, Jacques - Lacan, dan sebagainya. Para pemikir dan peneliti tersebut mencoba melihat konsumsi dengan kacamata yang berbeda.

Tulisan ini akan memfokuskan masalah konsumsi dari pemikiran Pierre Bourdieu. Mengapa mengenai perihal konsumsi ini yang diangkat adalah pemikiran Bourdieu ? Salah satu alasannya pemikiran Bourdieu menggeser argument dari apa yang dilakukan konsumsi terhadap kita menjadi bagaimana kita menggunakan konsumsi untuk tujuan pembedaan social. Untuk itu dalam tulisan ini pertama akan dipaparkan tentang perkembangan masyarakat konsumen, proses konsumsi dalam pemikiran Bourdieu.



DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v7i25.316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.