PERSEPSI MAHASISWA PUBLIC RELATIONS TERHADAP KOMUNIKASI ONLINE MELALUI MEDIA SOSIALTWITTER

Sigit Prabowo

Abstract


Semakin meningkatnya popularitas media sosial Twitter membuat public relations menjadi tertarik untuk memanfaatkannya. Salah satunya STIKOM InterStudi yang memanfaatkan media sosial Twitter untuk berkomunikasi online dengan mahasiswanya. Staf public relations STIKOM InterStudi memanfaatkan
Twitter untuk menginformasikan aktivitas perkuliahan dan merespon pertanyaan dari mahasiswa yang terkait dengan perkuliahan. Problemnya, terkadang staf public relations kurang merespon pertanyaan mahasiswa dengan cepat dan
menginformasikan kehadiran dosen yang akan mengajar di kelas sehingga pada saat mahasiswa telah hadir di kelas ternyata dosennya izin tidak masuk. Hal ini tentunya merugikan mahasiswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Persepsi Mahasiswa Public relations
Terhadap Komunikasi Online Melalui Media Sosial Twitter Departemen Public relations Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) InterStudi. Teori yang digunakan Teori Individual Differences, Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), dan A Dialogic Theory of Public relations, berdasarkan penjelasan teori dialog maka konsep yang
digunakan dalam penelitian ini terdiri atas empat dimensi prinsip-prinsip
dialog melalui twitter. Paradigma penelitian yang digunakan positivisme. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitiannya survei. Jumlah populasi akuntwitternya: @PR 103InterStudi sebanyak 482 follower.
Besaran sampel penelitian dengan penghitungan rumus Taro Yamane pada tingkat kesalahan 10% diperoleh sampel sebanyak 83 mahasiswa. Teknik pengambilan sampelnya secara purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dan kajian literatur. Teknik analisis datanya secara kuantitatif dengan menggunakan rumus nilai mean dan rumus uji t test independent. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada total mean Persepsi Mahasiswa Public relations Terhadap Komunikasi Online Melalui Media Sosial Twitter Departemen Public relations Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi
(STIKOM) InterStudi diperoleh 3,97 termasuk kategori setuju atau dengan perkataan lain persepsinya positif karena mahasiswa dapat berkomunikasi secara dua arah melalui media sosial Twitter. Dari hasil uji beda
(Uji t test Independent) ternyata Persepsi responden dilihat dari kelas eksekutif dan kelas reguler mengenai komunikasi online melalui media sosial twitter Departemen Public relations STIKOM InterStudi menunjukkan tidak ada perbedaan persepsi. Artinya bahwa baik mahasiswa public relations eksekutif maupun reguler menilai komunikasi online melalui media sosial twitter dinilai efektif karena komunikasinya dapat berlangsung secara dua arah dan menghemat waktu serta dapat mengetahui perkembangan informasi terbaru yang terkait perkuliahan.


Full Text:

PDF

References


Ardianto, Elvinaro. (2010). Metode penelitian untuk public relations kuantitatif dan kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Arikunto, Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta, PT. Rineka Cipta.

Cangara, Hafied. (2007). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Cutlip, Scott M.; Center, Allen H. dan Broom, Glen M. (Alih bahasa: Tri Wibowo) (2007). Effective

public relations (ed.9). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Djaali dan Muljono, Pudji. (2007). Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasiondo.

Gregory, Anne. (2005). (alih bahasa: Sigit Purwanto). Public relations dalampraktek. Jakarta: Erlangga.

Gulo, W. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta:Grasindo.

Hardjana, Agus M. (2003). Komunikasi intrapersonal dan interpersonal. Yogyakarta: Penerbit KANISIUS.

Hermawan, Asep. (2005). Penelitian bisnis paradigma kuantitatif. Jakarta: PT Grasindo.

Kriyantono, Rachmat. (2008). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Penerbit Kencana.

Moleong, Lexy J.(2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Narbuko, Cholid dan Achmadi, Abu. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta:PT. Bumi Aksara.

Nova, Firsan. (2009). Crisis public relations: bagaimana PR menangani krisis perusahaan. Jakarta: Gramedia.

Nurjaman, Kadar dan Umam, Khairul. (2012). Komunikasi Dan Public Relation. Bandung : Pustaka Setia.

Pawito. (2007). Penelitian komunikasi kualitatif. Yogyakarta: Penerbit Lembaga Kajian Islam dan Sosial (LKIS) Yogyakarta.

Rakhmat, Jalaluddin. (2001). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, Jalaluddin. (2001). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Richardson, Neil. dan Laville, Lucy.(2010). Develop Your PR Skills. London: KoganPage.Robbin, Stephen P.; Judge, Timothy A. (2008). (Penerjemah: Angelica, Diana; Cahyani, RIa, dan Rosyid, Abdul).Perilaku Organisasi, edisi 12. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Rumanti, Sr Maria Assumpta. (2005). Dasar Dasar Public Relations: Teori dan Praktik. Jakarta:

Grasindo.

Ruslan, Rosady. (2001). Manajemen Hubungan Masyarakat dan Manajemen Komunikasi Konsep dan Aplikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sendjaja, Sasa Djuarsa. (1999). Pengantar Komunikasi. Jakarta: Unversitas Terbuka.

Simamora, Bilson. (2003). Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT.

Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: CV. Alfabeta. (2009). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.

Sunyoto, Danang. dan Burhanudin. (2011). Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Penerbit CAPS.

Tench, Ralph dan Yeomans, Liz. (2009). Exploring Public Relations-2nd, England: Pearson Education Limited.

Tubbs, Stewart L. dan Moss, Sylvia. (Pengantar: Deddy Mulyana). (2005). Human Communication

Prinsip-Prinsip Dasar, Bandung:PT. Remaja Rosdakarya.

Uyanto, Stanislaus S. (2006). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

West, Richard. dan Turner, Lynn H. (Editor: Nina Setyaningsih). (2007). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi, Edisi 3, buku 2. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.

Vardiansyah, Dani, (2008). Filsafat Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Jakarta: PT. Indeks.

Sumber Jurnal

Agostino, Deborah. (2013). Using social media to engage citizens: A study of Italian Municipalities.

Public Relations Review 39, 232234.

Bortree, Denise Sevick; Seltzer, Trent. (2009). Dialogic strategies and outcomes: An analysis of environmental advocacy groups Facebook profiles. Public Relations Review 35, 317319.

Hermida, Alfred. (2010): Twittering The News, Journalism Practice, 4:3,297308.

Kim, Jeesun.; dan Chan-Olmsted, Sylvia M. (2005): Comparative Effects of Organization-Public

Relationships and Product-related Attributes on Brand Attitude, Journal of Marketing Communications, 11:3, 145170.

Wu, Guohua. (2006). Conceptualizing and Measuring the Perceived Interactivity of Websites. Journal of Current Issues & Research in Advertising (CTC Press). Vol. 28 Issue 1, p87-104.

Kim, Ji Young. dan Hammick, Jin K. (2013). Corporate communication on Twitter: Relationship

effects on audience behaviour. PRism 9(1), 114.

Lasorsa, Dominic L.; Lewis, Seth C.; dan Holton, Avery E. (2012): Normalizing Twitter, Journalism

Studies, 13:1, 1936.

Lindley, Curtis., Edwards, Carrie., L. Fraser, Kristen, Gudelsky, Sheryl., Holmquist, Jenny., Thornton,

Kristin., D. Sweetser, Kaye., (2010). Adoption of social media for public relations by nonprofit organizations, Public Relations Review, 36, 9092.

Rothschild, Philip C. (2011). Social media use in sports and entertainment venues. International Journal

of Event and Festival Management Vol. 2 No. 2, pp. 139150.

Rybalko, Svetlana dan Seltzer, Trent. (2010). Dialogic communication in 140 characters or less: How Fortune 500 companies engage stakeholders using Twitter. Public Relations Review 36, 336-341.

Scanfeld, Daniel; Scanfeld, Vanessa; Larson, Elaine L. (2010). Dissemination of health information through social networks: Twitter and antibiotics. American Journal of Infection Control, Vol. 38 No. 3, 182188.

Sundar, S. Shyam; Kalyanaraman, Sriram; Brown, Justin. (2003). Explicating Web Site Interactivity

Impression Formation Effects in Political Campaign Sites. Communication Research, Vol. 30 No. 1, 30-59.

Wilson, Drew. dan W. Supa, Dustin. (2013). Examining Modern Media Relations: An Exploratory

Study of the Effect of Twitter on the Public Relations - Journalist Relationship. Public Relations Journal Vol. 7, No. 3, 120.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v15i3.50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Indexed by:

     

 Recommended Tools :

 

 

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

email: wacana@dsn.moestopo.ac.id

 

Creative Commons License

WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.