PEMAKNAAN ARTI INFORMASI DI ERA DIGITAL

Ilham Prisgunanto

Abstract


Pertarungan pemaknaan tentang apa itu informasi menjadi sesuatu penting untuk dibahas di era digital. Dengan memahami apa itu informasi tentu akan menjejakkan landasan dasar mau kemana perkembangan dunia digital yang ada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep informasi dilihat dari berbagai sudut disiplin ilmu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kajian sistemik model dari Shannon and Weaver dengan pendekatan komunikasi cybernetika, konsep Sistem Temu Kembali Informasi dan teori perilaku penggunaa informasi (Information User) yang lebih kepada imbas perilaku pengguna informasi dan audiens (Netters). Penelitian ini menggunakan analisis isi model framing dari Gamson and Modigliani. Hasilnya menunjukkan bahwa informasi tidak bisa dipahami berdiri sendiri. Jelas bahwa konsepsi informasi adalah hasil interaksi antar muka yang tidak bisa disamakan dalam konteks pesan atau data yang sederhana seperti selama ini dipahami keliru oleh banyak pihak dalam dunia digital.


Keywords


informasi, digital, sibernatika, sistem

Full Text:

PDF

References


Eriyanto. 2008. Analisis framing: konstruksi, ideologi dan politik media. Yogyakarta: LKiS.

Griffin, EM. 2006. a first look at communication theory. 6th.ed. Boston : McGraw Hill

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik praktis riset komunikasi, cetakan ketiga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Littlejohn, Stephen W, Karen A. Foss, John G. Oetzel. 2010. Theories of human communication. 11th edition. Belmont : Wadsworth

Moleong, Rexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.

Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya offset.

Prisgunanto, Ilham. 2014.. Komunikasi pemasaran era digital: WOMM, IMC, Era 4.0, strategi- taktik, keintiman & Konvergensi Media. Jakarta : Prisani Cendekia.

Safko, Lon. 2010. the Social Media Bible: tactics, tools & Strategies for business success. 2.nd.ed. New Jersey : John Wiley.

Sobur, Alex. 2004. Analisis teks media. cetakan ketiga. Bandung: Remaja Rosdakarya

Straubhaar and La Rose. 2004. Media no : understanding media, culture, and technology. Belmont : Wadsword.




DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

  

 
 

Indexed by:

 

 

WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)

Telepon: 021-7261433, 021-7252685
email: [email protected]

 

Copyright (c) 2019 WACANA, Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.