PEMAKNAAN ARTI INFORMASI DI ERA DIGITAL
Abstract
Pertarungan pemaknaan tentang apa itu informasi menjadi sesuatu penting untuk dibahas di era digital. Dengan memahami apa itu informasi tentu akan menjejakkan landasan dasar mau kemana perkembangan dunia digital yang ada saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk memahami konsep informasi dilihat dari berbagai sudut disiplin ilmu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kajian sistemik model dari Shannon and Weaver dengan pendekatan komunikasi cybernetika, konsep Sistem Temu Kembali Informasi dan teori perilaku penggunaa informasi (Information User) yang lebih kepada imbas perilaku pengguna informasi dan audiens (Netters). Penelitian ini menggunakan analisis isi model framing dari Gamson and Modigliani. Hasilnya menunjukkan bahwa informasi tidak bisa dipahami berdiri sendiri. Jelas bahwa konsepsi informasi adalah hasil interaksi antar muka yang tidak bisa disamakan dalam konteks pesan atau data yang sederhana seperti selama ini dipahami keliru oleh banyak pihak dalam dunia digital.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Eriyanto. 2008. Analisis framing: konstruksi, ideologi dan politik media. Yogyakarta: LKiS.
Griffin, EM. 2006. a first look at communication theory. 6th.ed. Boston : McGraw Hill
Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik praktis riset komunikasi, cetakan ketiga. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Littlejohn, Stephen W, Karen A. Foss, John G. Oetzel. 2010. Theories of human communication. 11th edition. Belmont : Wadsworth
Moleong, Rexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo.
Mulyana, Deddy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya offset.
Prisgunanto, Ilham. 2014.. Komunikasi pemasaran era digital: WOMM, IMC, Era 4.0, strategi- taktik, keintiman & Konvergensi Media. Jakarta : Prisani Cendekia.
Safko, Lon. 2010. the Social Media Bible: tactics, tools & Strategies for business success. 2.nd.ed. New Jersey : John Wiley.
Sobur, Alex. 2004. Analisis teks media. cetakan ketiga. Bandung: Remaja Rosdakarya
Straubhaar and La Rose. 2004. Media no : understanding media, culture, and technology. Belmont : Wadsword.
DOI: https://doi.org/10.32509/wacana.v17i2.619
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 085714422271 (Chat Only)
email: wacana@dsn.moestopo.ac.id
WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.