Peningkatan Kualitas Guru di Masa Pandemi Covid-19 dengan Pelatihan Aplikasi Quizizz

Samsinar Samsinar, Safitri Juanita, M. Anif

Abstract


Pada Maret 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait penerapan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Covid-19. SMP Negeri (SMPN) 3 Kota Tangerang menerapkan pembelajaran daring dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti Whatsapp, google classroom, aplikasi zoom dan google meet. Namun dari 53 guru yang ada pada SMPN 3 belum semua guru menggunakan aplikasi ini secara optimal untuk mendukung proses belajar mengajar secara daring terutama menggunakan aplikasi kuis daring. Berdasarkan kondisi tersebut maka diperlukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan membuat dan mengelola evaluasi pembelajaran bagi siswa secara daring dengan memanfaatkan aplikasi Quizizz. Tujuan dari kegiatan adalah meningkatkan kualitas guru selama pandemi Covid-19 dengan memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada guru dalam membuat dan mengelola kuis secara daring. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test disimpulkan bahwa kegiatan pelatihan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola kuis online, serta berdasarkan hasil kuesioner yang diberikan kepada peserta diklat menunjukkan bahwa 52,9% peserta setuju bahwa materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan pekerjaannya saat ini, 76.5% peserta setuju instruktur menguasai materi dengan baik, 70,6% peserta setuju bahwa instruktur menjawab pertanyaan peserta dengan jelas dan segera dipahami, dan 88.2% peserta setuju fasilitas penyelenggaraan workshop online berjalan dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Arifin, H. S., Prasanti, D., & Fuady, I. (2019). Pelatihan Komunikasi bagi Guru Bimbingan dan Konseling SMA dalam Sosialisasi Pencegahan HIV AIDS di Pangandaran. Jurnal Abdi Moestopo, 2(1), 1–5. Retrieved from http://journal.moestopo.ac.id/index.php/abdimoestopo/article/view/688

Juanita, S., Hayati, P., & Sakti, D. V. S. Y. (2019). Program Pengabdian Kepada Masyarakat: Peningkatan Keterampilan Menyajikan Presentasi Menarik dan Interaktif bagi Guru PKBM Negeri 27 Petukangan dengan Pelatihan Microsoft Power Point. Sebatik, 23(2), 528–533. Retrieved from https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/810

Kemdikbud. (2019). Mendikbud Dorong Pengembang Teknologi Pembelajaran Lebih Kreatif dan Inovatif. Retrieved October 1, 2019, from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/03/mendikbud-dorong-pengembang-teknologi-pembelajaran-lebih-kreatif-dan-inovatif

Kemdikbud. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran CoronaVirus Disease (Covid-19). Retrieved from https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Leba, S. M. R., & Habeahan, N. L. S. (2020). Pelatihan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Form Sebagai Media Pembelajaran. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang, 1(2), 42–46. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/kommas/article/view/5281/4135

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/271164-pengembangan-media-pembelajaran-untuk-me-b2104bd7.pdf

Prahara, A., & Soyusiawaty, D. (2019). Pelatihan pembuatan kuis online untuk perwakilan guru SD/MI pada badan kerjasama sekolah (BKS) Kabupaten Bantul. In U. A. Dahlan (Ed.), Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 167–174). Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Prayitno, M. A., & Tauhidah, D. (2020). Pendampingan Bagi Guru Madrasah Aliyah Dalam Proses Penyusunan Soal Berbasis Daring Dengan Aplikasi Quizziz. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 20(1), 65–74. https://doi.org/10.21580/dms.2020.201.5259

Purnanto, A. W., & Mahardika, A. (2016). Pelatihan Pembuatan Soal Interaktif dengan Program Wondershare Quiz Creator Bagi Guru Sekolah Dasar Di Kota Magelang. Warta LPM, 19(2), 141–148. https://doi.org/10.23917/warta.v19i2.2748

Sagala, S. (2017). Konsep dan makna pembelajaran : untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar (13th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan (1st ed.). Jakarta: Prenadamedia.

Tribunmanado. (2020). Awal Mula Kasus Covid-19 di Indonesia, Karakteristik dan Penyebarannya Berdasarkan Kajian CSIS. Retrieved October 17, 2020, from https://manado.tribunnews.com/2020/04/11/awal-mula-kasus-covid-19-di-indonesia- karakteristik-dan-penyebarannya-berdasarkan-kajian-csis.




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v4i02.1402

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id