Berwirausaha Melalui Laundry Sepatu di SMP 17 Agustus 1945, Nginden Semolo, Menur Pumpungan, Kota Surabaya

Sri Budi Kasiyati, Endang Setyowati, Rudi Santoso

Abstract


Bisnis laundry sepatu adalah usaha jasa yang sedang tumbuh dan berkembang saat ini dan merupakan bisinis baru dibandingkan dengan jasa laundry lainnya. Masyarakat yang konsumtif dan tingginya minat terhadap sepatu jenis Kets dan Sneakers, menciptakan adanya bisnis ini. Hal ini ditunjang oleh kesibukan di kantor maupun di kampus, menyebabkan seseorang tidak mempunyai banyak waktu untuk mencuci sepatunya. Sempitnya lapangan pekerjaaan dan meningkatnya pengangguran, maka sejak dini masyarakat pelajar perlu mendapat pembekalan tentang berbagai keterampilan bisnis. Tujuannya untuk membekali Mitra (guru dan pelajar SMP 17 Agustus 1945) yang dirasa perlu mendapat pelatihan tentang mencuci sepatu dan penyuluhan kewirausahaan, agar mereka memiliki pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan lain yang bisa dimanfaatkan nantinya setelah mereka lulus untuk berwirausaha. Metode pelatihan dan pembekalan kewirausahaan dilaksanakan melalui platform Zoom kepada mitra sebanyak 19 orang pada tanggal 29 Juni 2021. Selain itu diharapkan melalui program ini nantinya akan tercipta wirausaha baru (bisnis laundry sepatu) dengan pendapatan bersih minimal Rp 5.000.000,- juta tiap bulan.


Keywords


laundry sepatu; wirausaha; bisnis; SMP 17 Agustus 1945

Full Text:

PDF

References


Alma. (2013). Pendidikan Kewirausahaan. Pendidikan Kewirausahaan Di Perguruan Tinggi, 53(9).

Asalya, P. N. (2019) Analisis Strategi Pengembangan Usaha Laundry Sepatu D’estilo Makassar Dalam Peningkatan Pendapatan (Tinjauan Ekonomi Islam). Skripsi UIN Alauddin Makassar

Batubara, R., Basyuni, M., Iswanto, A. H., Slamet, B., Susilowati, A., Elfiati, D., Ulfa, M., & Pebriansyah, R. (2021). Pelatihan Pembuatan Produk Kerajinan Berbahan Cabang Kayu Mangrove. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(01). https://doi.org/10.32509/am.v4i1.1319

Fitriatun, E. (2019). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Laundry Sepatu D’Estilo Makassar Dalam Peningkatan Pendapatan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).

Silalahi, Champion. (2020). Pengaruh Word of Mouth (WOM) dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Laundry Sepatu Shoes And Care pada Pelanggan Shoes And Care Store Medan. Medan: Skripsi Universitas Sumatera Utara

Suryana. (2016). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses, Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Suraya, S., & Sulistyo, P. B. (2019). Sosialisasi Identifikasi Peluang Usaha Kelautan dan Perikanan di Pesisir Pantai Sawarna, Lebak Banten. Abdi Moestopo: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 30-37. https://doi.org/10.32509/am.v2i02.861

Umar, A., Sasongko, A. H., Agusman, G., & Sugiharto. (2016). Analisa Swot Pada Bisnis Rumahan, Studi Kasus Pada Bisnis Laundry Kiloan. Buletin Bisnis Dan Manajemen, 2(2).

Y. Sri Susilo , (2021) Pandeminomics, Pandemic Bond & Stimulus Ekonomi, Book Covid 2021-KAFEGAMA86

Wirtz, J., & Lovelock, C. (2021). Services Marketing. In Services Marketing. https://doi.org/10.1142/y0024

Rofik A. (2017). The marketing strategy of shoe washing services in Surabaya. Jurnal Manajemen Kinerja, 3(2). https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/kinerja/article/view/462




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i1.1581

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

   

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id