Pelatihan Program Guru Penggerak Pendidikan Keluarga

Marissa Chitra Sulastra

Abstract


Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir hingga usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan Pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki Pendidikan lebih lanjut. Diperlukan adanya pelatihan untuk kepala sekolah dan guru PAUD agar dapat menjalin interaksi yang baik dengan murid PAUD, sehingga murid PAUD dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih optimal. Pelatihan ini dilakukan di Kabupaten Bogor, Kabupaten Lombok Barat dan Kabupaten Lombok Timur secara hybrid. Terdapat 146 peserta yang mengikuti pelatihan dari tanggal 11, 16, 18, 20, dan 30 November 2021. Pelatihan ini secara efektif dapat meningkatkan pengetahuan peserta mengenai perkembangan anak usia PAUD, cara berinteraksi dengan anak usia PAUD, masalah perilaku anak usia PAUD, perlindungan anak usia PAUD, dan disiplin positif pada anak usia PAUD. Hal ini diperoleh dari hasil uji beda pre-test dan post-test yang menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan peserta yang signifikan sebanyak 4,1 poin (p = 0.00 < 0,01). Salah satu saran perbaikan untuk kegiatan pelatihan adalah menyelenggarakan pelatihan dalam waktu yang lebih Panjang agar proses pelatihan dapat dilakukan lebih optimal.

Keywords


Pendidikan Anak Usia Dini, Pelatihan, Guru PAUD, Interaksi, Program Organisasi Penggerak

Full Text:

PDF

References


Amtha, R., Komariah, K., Priandini, D., Roeslan, M. O., Kelsi, F., Landy, R., … Budi K, S. A. (2022). Pelatihan Deteksi Dini Kanker Mulut dengan SAMURI pada Komunitas Penyintas Kanker Love and Healthy Tangerang. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 10–21. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i1.1749

Austin, M. J., & Rust, D. Z. (2015). Developing an Experiential Learning Program: Milestones and Challenges. International Journal of Teaching and Learning in Higher Education, 27(1), 143–153. Retrieved from http://www.isetl.org/ijtlhe/

Beukers, E., & Bertolini, L. (2021). Learning for transitions: An experiential learning strategy for urban experiments. Environmental Innovation and Societal Transitions, 40(September), 395–407. https://doi.org/10.1016/j.eist.2021.09.004

Biech, E. (2006). Training for Dummies. In Production. Indiana: Wiley Publishing, Inc.

Chua, B. L., Tan, O. S., & Chng, P. S. W. (2017). Mediated learning experience: Questions to enhance cognitive development of young children. Journal of Cognitive Education and Psychology, 16(2), 178–192. https://doi.org/10.1891/1945-8959.16.2.178

Colker, L. J. (2008). Twelve characteristics of effective early childhood teachers. YC Young Children, 63(2), 68–73.

Colombari, R., D’Amico, E., & Paolucci, E. (2021). Can challenge-based learning be effective online? A case study using experiential learning theory. CERN IdeaSquare Journal of Experimental Innovation, 5(1), 40–48. https://doi.org/10.23726/cij.2021.1287

Feldman, R. S. (2018). Development Across the Life Span (5th ed.). https://doi.org/10.5040/9781492595663-ch007

Feuerstein, R., Klein, P. S., & Tannenbaum, A. J. (Eds.). (1991). Mediated learning experience (MLE): Theoretical, psychosocial and learning implications. Freund Publishing House Ltd.

Gruber, T., Bazhydai, M., Sievers, C., Clément, F., & Dukes, D. (2021). The ABC of Social Learning: Affect, Behavior, and Cognition. Psychological Review. https://doi.org/10.1037/rev0000311

Jach, H. K., Sun, J., Loton, D., Chin, T. C., & Waters, L. E. (2018). Strengths and Subjective Wellbeing in Adolescence: Strength-Based Parenting and the Moderating Effect of Mindset. Journal of Happiness Studies, 19(2), 567–586. https://doi.org/10.1007/s10902-016-9841-y

Jailani, M. S. (2014). Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Nadwa: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 245–260. https://doi.org/10.21580/nw.2014.8.2.580

Karila, K., & Alasuutari, M. (2012). Drawing Partnership on Paper: How do the Forms for Individual Educational Plans Frame Parent-Teacher Relationship? International Journal about Parents in Education Copyright European Research Network about Parents in Education, 6(1), 14–26.

Kolb, D. A., Boyatzis, R. E., & Mainemelis, C. (2014). Experiential learning theory: Previous research and new directions. In Perspectives on thinking, learning, and cognitive styles (pp. 227-248). Routledge.

Kolb, A. Y. (2012). Encyclopedia of the Sciences of Learning. Encyclopedia of the Sciences of Learning, (January). https://doi.org/10.1007/978-1-4419-1428-6

Kolb, A. Y., & Kolb, D. A. (2009). Experiential learning theory: A dynamic, holistic approach to management learning, education and development. The SAGE handbook of management learning, education and development, 42, 68.

Maliki, M., Afrimadona, A., Afrimadona, A., Hasyyati, S. A., Hasyyati, S. A., Farrahdiba, F., & Farrahdiba, F. (2022). Pelatihan Bahasa Inggris Pekerja Migran Indonesia di Brunei Darussalam. ABDI MOESTOPO: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 39–48. https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i1.1759

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2013 Tentang Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif. (2 Februari 2022). [https://jdih.kemenpppa.go.id]

Putri Anggia & Meita Santi Budiani. (2012). Perilaku Belajar Pada Mahasiswa Yang Bekerja. Penelitian Psikologi, 1(2), 1–20.

Rahmaningrum, A., & Fauziah, P. (2020). Peran Guru pada Pengasuhan Anak dari Keluarga Tenaga Kerja Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1282–1292. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.796

Sels, L., Tran, A., Greenaway, K. H., Verhofstadt, L., & Kalokerinos, E. K. (2021). The social functions of positive emotions. Current Opinion in Behavioral Sciences, 39, 41–45. https://doi.org/10.1016/j.cobeha.2020.12.009

Si Han, Y., & Pei Jun, W. (2013). Parental Involvement in Child’s Development: Father vs. Mother. Open Journal of Medical Psychology, 02(04), 1–6. https://doi.org/10.4236/ojmp.2013.24b001

Sulastra, M. C., & Handayani, V. (2020). Pengasuhan Berbasis Kekuatan Karakter Dan Keterlibatan Diri Pada Mahasiswa. PHILANTHROPY: Journal of Psychology, 4(2), 143. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v4i2.2188

Tzuriel, D. (2021). The Theory of Structural Cognitive Modifiability and Mediated Learning Experience (SCM-MLE). https://doi.org/10.1007/978-3-030-75692-5_2

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2 Februari 2022). [https://pusdiklat.perpusnas.go.id]

UNICEF. (2020). Situasi Anak di Indonesia - Tren, peluang, dan Tantangan dalam Memenuhi Hak-Hak Anak. Unicef Indonesia, 8–38.

Waters, L. E., Loton, D., & Jach, H. K. (2019). Does Strength-Based Parenting Predict Academic Achievement? The Mediating Effects of Perseverance and Engagement. Journal of Happiness Studies, 20(4), 1121–1140. https://doi.org/10.1007/s10902-018-9983-1

Yayasan Cakrawala Kesehatan. (2021a). Seri Guru Penggerak Pendidikan Keluarga: Modul 1 Pertumbuhan dan Perkembangan. Bandung: Yayasan Cakrawala Kesehatan (Frontiers for Health - F2H) dan Kemendikbud Ristek.

Yayasan Cakrawala Kesehatan. (2021b). Seri Guru Penggerak Pendidikan Keluarga: Modul 2 Interaksi Antara Guru dan Anak. Bandung: Yayasan Cakrawala Kesehatan (Frontiers for Health - F2H) dan Kemendikbud Ristek.




DOI: https://doi.org/10.32509/abdimoestopo.v5i2.1899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id