Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan HIV AIDS bagi Pelajar SMA di Kawasan Pangandaran

Ditha Prasanti, Hadi Suprapto Arifin, Ikhsan Fuady

Abstract


Artikel ini merupakan hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dilakukan di kawasan Pangandaran. Dalam hal ini, kegiatan PKM bersinergi dengan riset yang telah dilakukan, yaitu tentang model kampanye penanggulangan HIV AIDS di Pangandaran. Penulis memfokuskan kegiatan PKM kepada para pelajar SMA yang berada di kawasan Pangandaran. HIV AIDS bukanlah hal yang tabu lagi bagi setiap orang, khususnya kalangan pelajar yang berada di kawasan wisata Pangandaran. Hal ini justru menjadi cambuk bagi semua pihak untuk mengetahui langkah yang tepat dalam mencegah dan menanggulangi masalah HIV AIDS di Pangandaran. Penulis melihat antusiasme yang tinggi dari pihak sekolah, khususnya para pelajar SMA, yang ingin ikut serta dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini. Oleh karena itu, dengan dilatarbelakangi hal tersebut, penulis melakukan kegiatan PKM tentang Sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan HIV AIDS bagi Pelajar SMA di kawasan wisata Pantai Pangandaran. Kegiatan PKM ini memiliki tujuan sebagai berikut: (1) meningkatkan pemahaman para pelajar SMA sebagai remaja yang memiliki usia rentan HIV AIDS agar mampu berpartisipasi dalam mencegah dan menanggulangi HIV AIDS; (2) menumbuhkan kesadaran para pelajar SMA tentang pentingnya pencegahan dan penanggulangan HIV AIDS di kawasan Pangandaran.


Full Text:

PDF

References


Arroyave, J. (2012). Health, news, and media information. The Handbook of Global Health Communication, 194214.

Boateng, J. K., Adomako-Ampofo, A., Flanagan, C. C., Gallay, L., & Yakah, J. (2006). Gender socialization of pre-teen youths in Ghana: Alternative approaches for extension. AIAEE: International Teamwork in Agricultural and Extension Education, Clearwater Beach, Florida., 7078.

Makinwa, Rafael Obregon, C. (2000). O. Airhihenbuwa, Bunmi Toward a new communications framework for HIV/AIDS. Journal of Health Communication., 5(1), 101111.

Nafiah, Rohmatun & Huda, S. (2018). No Title. Jurnal Pengabdian Kesehatan, 1(1), 2228.

Yun, H., Govender, K., & Mody, B. (2001). Factoring poverty and culture into HIV/AIDS campaigns: Empirical support for audience segmentation. . Gazette (Leiden, Netherlands), 63(1), 7395.

Kemenkes RI. 2014. Profil Kesehatan Indonesia. Jakarta: Kementrian Kesehatan. Republik Indonesia.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenpppa). 2016. Kasus HIV AIDS di Indonesia Meroket, diakses pada https://www.kemenpppa.go.id/index.php/page/read/30/385/ 15 Agustus 2018, dipublikasikan 23 Februari 2016.




DOI: https://doi.org/10.32509/am.v2i02.859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed by:

     

 Recommended Tools :

  


ABDI MOESTOPO: Jurnal Pegabdian Pada Masyarakat

LPPM, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: +6282137118246 (Chat Only)

email: abdimoestopo@jrl.moestopo.ac.id