Penyelenggaraan Event “BRI RUN” Dalam Meningkatkan Brand Image PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk.

Hamsinah Hamsinah, Aditya Yolanda, Rialdo Rezeky Manogari L. Toruan

Abstract


Penyelenggaran event bagi perusahaan menjadi sarana untuk membangun citra yang diharapakan. Melalui even Bank Rakyat Indonesia (BRI) dapat terhubung dengan publiknya. Sebagai badan usaha milik negara BRI menyelenggarakan event BRI Run setiap tahun dalam membangun citra perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana BRI melaksanakan event BRI RUN dalam membangun citra perusahaan dan untuk menganalisis mengapa BRI menyelenggarakan event BRI RUN dalam membangun citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan metode penelitian studi kasus serta paradigma penelitian konstruktivisme. Penelitian ini menggunakan konsep event management process J. Goldblatt. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneyelenggaran event BRI RUN secara rutin berhasil membangun citra BRI sebagai bank yang dekat dengan publiknya. Hasil lainnya menunjukkan bahwa event BRI RUN identik dengan Bank Rakyat Indonesia dan menjadi kalander tetap dari perusahaan tersebut.


Keywords


penyelenggaraan even; proses manajemen even; bri run; brand image;

Full Text:

PDF

References


Astuti, P. A. A. (2011). Membangun Merek Melalui Penyelenggaraan Sebuah Event: Studi Kasus Pada Event “Sour Sally Just Wanna Have Fun.” Jurnal ASPIKOM, 1(2), 183. https://doi.org/10.24329/aspikom.v1i2.17

Fitri, T. S. N. (2018). Event Marketing Urban GIGS Sebagai Bentuk Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Brand Image Pproduk GG MILD Di Pekanbaru. JOM FISIP UNRI, 5(Januari-Juni), 3–14.

Goldblatt, J. (2014). Special Events: Creating and Sustaining a New World for Celebration. John Wiley & Sons, Inc.

Hasybullah, M. A. (2019). Manajemen Special Event Upacara Adat “Seren Taun” Cigugur Kuningan. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 53–68. https://doi.org/10.15575/cjik.v3i1.5203

Mahriva, M. N., & Wuryanta, E. W. (2020). Penyelenggaraan Event ”Car Clinic Meguiar ’ S Indonesia” Dalam Membangun Merek. 3(1), 49–60.

Megandanu, R. (n.d.). (2020, Juni). Wawancara Pribadi.

Mulyana, D. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya (Kedelapan). PT. Remaja Rosdakarya.

Noor, A. (2013). Manajemen Event. Alfabeta.

Pratiwi, A. M., & Mahdiah, M. (2020). Special Event Sebagai Sarana Meningkatkan Citra Panasonic Beauty. COMMENTATE: Journal of Communication Management, 1(1), 57. https://doi.org/10.37535/103001120205

Ruslan, R. (2012). Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi; Konsep dan Aplikasi. Raja Grafindo Persada.

Santoso, Prasetya Yoga., & Riskiyanti. (2014). Strategi Marketing Public Relations Dalam Melaksanakan Special Event Program Paket Close User Group (Cug) Pt. Indosat Tbk. Komunikasi, 13(2), 133. http://journal.moestopo.ac.id/index.php/wacana/article/download/139/pdf

Setyorini, C. M., Maharani, S., & Haswati, B. (2020). Perancangan Kampanye Sosial Bijak Menggunakan Listrik Rumah Tangga Di Kota Makassar. 7(2), 1786–1792.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1111/j.1365-2036.2009.03946.x

Toruan, R. R. M. L. S. N. (2019). Eksistensi Java Jazz Festival sebagai Event Musik di Indonesia. Nyimak, 3(2), 157–167.

Yin, R. K. (2019). Studi Kasus Desain & Metode (Ke-16). PT. Rajagrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v1i1.1413

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id