Penerapan Customer Relationship Management Pada Crematology Coffee Roasters Saat Pandemi Covid-19

Rania Nuan Syakila, Novalia Agung Wardjito Ardhoyo

Abstract


Penerapan Customer Relations Management (CRM) muncul karena adanya tuntutan kebutuhan komunikasi dengan pelanggan.Pada akhirnya, strategi CRM dapat menentukan sukses atau tidaknya tujuan komunikasi yang hendak dicapai.Sejak pandemi Covid-19, Crematology Coffee Roasters melakukan manuver terhadap strategi CRM mereka.Karena pandemi menyebabkan pembatasan aktivitas di dalam cafe.Sehingga kondisi tersebut sangat berpengaruh terhadap transaksi langsung dengan pelanggan.Transaksi berangsur beralih kepada transaksi tidak langsung.Tantangannya sekarang adalah bagaimana menjaga loyalitas pelanggan di tengah kondisi pendemi, sehingga mereka tetap ingin menikmati produk dari cafe ini.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi CRM Crematology Coffee Roasters dalam menjaga loyalitas pelanggan di tengah pandemi Covid-19.Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Customer Relationship Management (CRM). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah studi kasus sehingga pendekatannya secara kualitatif. Menggunakan model analisis PR 4 STEP dan model analisis penelitian SWOT-PEST.Pengumpulan data primer melalui wawancara mendalam. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa, strategi Crematology Coffee Roasters menjaga loyalitas pelanggannya adalah dengan cara aktif di media digital.

Keywords


customer relationship management; loyalitas pelanggan; covid-19

Full Text:

PDF

References


Ardial. (2014). Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Darudiato, S., & Novianto, C. (2011). Membangun Customer Relationship Management Dalam Bisnis. ComTech, 2(2), 1350–1358.

Hakim, M. M. (2018). Kajian Penerimaan Pengguna Terhadap Sistem CRM di Perusahaan X Menggunakan Model Tam. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 5(1), 114. https://doi.org/10.25126/jtiik.201851563

Lee, I. (2018). Diverse Methods in Customer Relationship Marketing and Management. IGI Global.

Lovelock, C, dan J. W. (2011). Pemasaran Jasa Perspektif (7th ed.). Jakarta: Erlangga.

Manzilati, Asfi. (2017). Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Mulyana, D. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya (Revisi). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pratiwi, M., & Marta, W. (2018). Penerapan Konsep Customer Relationship Management Dalam Membangun Branding Catering Kota Padang. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 2(1), 78–86. https://doi.org/10.30865/komik.v2i1.912

Puspa Wildyaksanjani, J., & Dadang Sugiana, dan. (2018). Strategi Customer Relationship Management (CRM) PT Angkasa Pura II (Persero). Jurnal Kajian Komunikasi, 6(1), 10–23.

Putra, J. (2017). Aktivitas Customer Relationship Management Untuk Mempertahankan Loyalitas Customer Pada PT. Suzuki Indomobil Jakarta. Jurnal Komunikasi, VIII(3).

Sari, P. E. (2018). Customer Relationship Management dalam Meningkatkan Loyalitas Nasabah Bank BNI UNPAD. Manajemen Dan Kewirausahaan, 9(2), 1. https://doi.org/10.31317/jmk.9.2.1-23.2018

Satria, B. (2015). Implementasi Strategi CRM Dalam Mempertahankan Loyalitas PelangganPada Pengusaha Ritel Bahan Bangunan (Studi kasus : Setu, Bekasi). JABE (Journal of Applied Business and Economic), 1(3).

Setyaleksana, B., Suharyono, S., & Yulianto, E. (2017). Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan GraPARI Telkomsel di Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 46(1), 45–51.

Sugianto, O. (2020). Penelitian Kualitatif, Manfaat, dan Alasan Penggunaan. Jakarta: Universitas Bina Nusantara.

Yuanitasari A, .Wardoyo P, Indaro, I. (2019). Implementasi Strategi Membangun Hubungan Baik Pada Perusahaan Jasa Konstruksi. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 12(2), 122–134.

Yustim, B., & Hariyanto, B. (2015). Integrasi Penerapan Konsep CRM Pada Bisnis Kuliner. Majalah Ilmiah Unikom, 13(2), 189–196.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v1i1.1414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id