Branding Produk Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen Pada Masa Pandemi Covid-19

Yudha Putra, Prasetya Yoga Santoso, R Rama Adhypoetro

Abstract


Berbagai produk gencar melakukan branding sehingga mampu menjaring konsumen khususnya pada masa pandemi Covid-19. Penggunaan kata Bejo pada produk jahe merah menjadi Bejo Jahe Merah produksi PT. Bintang Toedjoe sangat identik dengan salah satu minuman berkhasiat menambah daya tahan tubuh (imun) saat mewabahnya virus Covid-19. PT. Bintang Toedjoe sebagai perusahaan farmasi berusaha dalam menjaring konsumen pada masa masa Covid-19 ini sehingga mampu bersaing dengan kompetitor. Adapun tujuan penelitian ini untuk menganalisis bagaimana branding produk Bejo Jahe Merah PT Bintang Toedjoe dalam menjaga loyalitas konsumen pada masa pandemi Covid-19. Adapun pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigima konstruktivisme dan metode studi kasus. Memperkuat penelitian ini digunakan konsep Branding dari Philip Kottler dan Boomsma & Arnoldus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui branding sangat layak diterapkan terhadap produk-produk yang spesifik sama seperti strategi branding produk-produk jasa lainnya dengan penyesuaian mengikuti karakteristik produk farmasi yang bersangkutan. Dalam kasus di Bejo Jahe Merah, branding menjadi pembeda produk, pembeda target pasar, dan pembeda pengalaman konsumen melalui kemasan (packaging), varian dan segmentasi produk. Penggunaan kata Bejo pada prdouk sangat melekat pada benak konsumen. Launcing produk pada masa pandemic Covid-19 juga tepat ssuai dengan kebutuhan masyarakat terhadap obat-obatan dan produk herbal untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan dapat beraktivitas.


Keywords


branding; bejo jahe merah; bintang toedjoe; loyalitas konsumen; pandemic covid-19

Full Text:

PDF

References


Adia, C. S., Pujiyanto, P., & Arizal, F. W. (2019). Branding TPA Wisata Edukasi Talangagung Kabupaten Malang. MAVIS : Jurnal Desain Komunikasi Visual, 1(02), 64–71. https://doi.org/10.32664/mavis.v1i02.419

Anggrianto, C., Shaari, N., & Abdul Hamid, N. B. (2017). Pengelolaan Strategi Branding Apple Inc. Untuk Menciptakan Loyalitas Konsumen. Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain Dan Periklanan (Demandia), 2(02), 216–228. https://doi.org/10.25124/demandia.v2i02.936

Diarta, I., Lestari, P., & Dewi, I. (2017). Strategi Branding Dalam Promosi Penjualan Produk Pertanian Olahan PT. Hatten Bali untuk Pasar Pariwisata Indonesia. Jurnal Manajemen Agribisnis (Journal Of Agribusiness Management), 4(2), 170–187.

Guntara, N. (n.d.). (2020, Juli). Wawancara Pribadi.

Khairunnisa, S., Hafiar, H., & Bakti, I. (2018). Corporate Rebranding Framework OLleh CGV CINEMAS. EDUTECH, 17(1). https://doi.org/10.17509/e.v1i1.12249

Manoppo, Isye Regina Altje. Mantiri, Mi., & Sambiran, S. (2017). Fungsi Koordinasi Pemerintah Desa Dalam Pelaksanaan Pembangunan (Studi di Desa Buise Kecamatan Siau Timur Kabupaten Sitaro). Eksekutif Jurnal Ilmu Pemerintahan, FISIP Univ. Sam Ratulangi, 2(2).

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya (Kedelapan). PT. Remaja Rosdakarya.

Nastain, M. (2017). Branding Dan Eksistensi Produk (Kajian Teoritik Konsep Branding Dan Tantangan Eksistensi Produk). CHANNEL: Jurnal Komunikasi, 5(1), 14–26. https://doi.org/10.12928/channel.v5i1.6351

Oktaviani, F. (2018). Strategi Branding Public Relations “Jendela Alam” dalam Mengembangkan Produk Agrowisata. Mediator: Jurnal Komunikasi, 11(2), 203–213. https://doi.org/10.29313/mediator.v11i2.3950

Rahardjo, M. (2017). Studi Kasus Dalam Penelitian Kualitatif. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Susanti, E., Oskar, D. P., Putra, U., & Yptk, I. (2018). Strategi Branding Dalam Membangun Ekuitas Merek UMKM (Studi Kasus: Pusat Oleh-Oleh Kota Padang). Ikraith Ekonomika, 1(2), 116–130.

Yin, R. K. (2019). Studi Kasus Desain & Metode (Ke-16). PT. Rajagrafindo Persada.

Yolanda, Y., Pujaseno, G., Damanik, V. P., Yasmen, A. H. R., & Sofya, R. (2019). Pemuda (Penge Mbangan Mitra Umkm Daerah Lunang Dua ) Strategi Penguatan Branding Produk. Jurnal Ecogen, 2(2), 141. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i2.6182




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v1i1.1415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id