Strategi Komunikasi Humas Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI Dalam Menyosialisasikan Program Lambe Hoaks

Wahyu Ilham Multaza, Yos Horta Meliala, Cakra Ningsih, Yuni Retna Dewi

Abstract


Kecenderungan masyarakat Indonesia yang menerima informasi secara mentah-mentah dan dengan mudah menyebarkannya tanpa mencari tahu terlebih dahulu kebenaran dan informasi tersebut membuat hoaks masih dengan mudah beredar di internet, Sebaran hoaks dan dampak yang makin massif di Indonesia membutuhkan pendekatan dan cara yang lebih kreatif dan inovatif. Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika RI yang bertugas mengawasi dan melaksanakan kebijakan di bidang komunikasi dan informatika juga terus berupaya memerangi peredaran hoaks dalam Menyosialisasikan program Lambe Hoaks kepada masyarakat, Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa bagaimana strategi Humas Kementrian Komunikasi dan Informatika RI dalam Menyosialisasikan program lambe hoaks, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian studi kasus dan menggunakan teori difusi inovasi oleh Everett M Roger. hasil penelitian menyatakan bahwa Proses difusi inovasi pada program Lambe Hoaks ini juga meliputi empat unsur didalamnya yaitu Inovasi, Saluran Komunikasi, Jangka waktu serta Sistem Sosial, selain itu program Lambe Hoaks merupakan sebuah inovasi baru untuk memenuhi kebutuhan informasi masyarakat mengenai klarifikasi berita hoaks yang beredar.

Keywords


hoaks; strategi humas; difusi inovasi; lambe hoaks

Full Text:

PDF

References


Afkarina, N. I. (2018). Strategi Komunikasi Humas Dalam Membentuk Public Opinion Lembaga Pendidikan. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 50–63. https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i1.5124

Alasfor, K. (2017). Social media adoption among university instructors in Saudi Arabia. Dissertation Abstracts International Section A: Humanities and Social Sciences, 78(5-A(E)). http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=psyh&AN=2017-10859-063&site=ehost-live

Moore, K. D. (2015). Effective Instructional Strategies: From Theory to Practice 4th Edition (13th ed.). Sage Publications.

Mulyana, D. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya (9th ed.). PT Remaja Rosdakarya. https://rosda.co.id/pendidikan-keguruan/713-metodologi-penelitian-kualitatif-paradigma-baru-ilmu-komunikasi-dan-ilmu-sosial-lainnya.html

Noor, J. (2017). Metodologi penelitian : skripsi, tesis, disertasi, dan karya ilmiah (7th ed.). Kencana. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1146654

Pratama, H. W. (2016). carbon emission disclosure : ditinjau dari Media exposure, kinerja lingkungan dan karakteristik perusahaan. Kommas.Com, 05(02), 170–188. https://www.jurnalkommas.com/docs/JURNAL HERAWAN.pdf

Pratomo, Y. (2019). APJII: Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Tembus 171 Juta Jiwa. Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2019/05/16/03260037/apjii-jumlah-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-171-juta-jiwa

Putri, G. E. (2017). DIFUSI INOVASI PROGRAM PAJAK e-filling (Studi Deskriptif Kualitatif Dengan Pendekatan Teori Difusi Inovasi Program Pajak e-filling Di Kantor RRI Surakarta). Journal of Chemical Information and Modeling, 21(2), 1689–1699. https://www.oecd.org/dac/accountable-effective-institutions/Governance Notebook 2.6 Smoke.pdf

Roberto, A., Sari, Y. D., & Vidyarini, T. N. (2018). Strategi Komunikasi Humas PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Surabaya – Gempol dalam Menyosialisasikan Sistem Pembayaran Elektronik. Jurnal E-Komunikasi, 6(2), 1–12. http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/8265

Sandra Oliver. (2006). Strategi public relations (dua). Erlangga. http://catalog.uinsby.ac.id/index.php?p=show_detail&id=13902&keywords=

Serah, T. (2010). Pengaruh Karakteristik Inovasi Sistem Sosial Dan Saluran Komunikasi Terhadap Adopsi Inovasi Teknologi Pertanian. E-Journal UAJY, 15. http://e-journal.uajy.ac.id/4775/1/Jurnal.pdf

Severin, Werner J, & Tankard jr, J. W. (2011). Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa (5th ed.). Kencana Prenada Media Group. https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/9749/teori-komunikasi-sejarah-metode-dan-terapan-di-dalam-media-massa-5-e-.html

Severin, Werner Joseph, & Tankard, J. W. (2010). Communication Theories: Origins, Methods, and Uses in the Mass Media. 411. https://books.google.com/books?id=XG9oPgAACAAJ&pgis=1

Sutjipto, A. M., & Pinariya, J. M. (2019). Pengenalan Vaksinasi Hpv Oleh Koalisi Indonesia Cegah Kanker Serviks Dengan Pendekatan Teori Difusi Inovasi. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2). https://doi.org/10.32509/wacana.v18i2.910




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v1i1.1629

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id