Efektivitas Penggunaan Whatsapp Group di Kalangan Warga

Hamsinah Hamsinah, Miftahul Jannah, Novalia Agung Wardjito Ardhoyo, Yos Horta Meliala

Abstract


Kondisi pandemi Covid-19 menggeser cara-cara manusia berkomunikasi. Seperti halnya yang dilakukan oleh warga perumahan Arga Padma Nirwana yang kini lebih aktif menggunakan WhatsApp Group (WAG). WAG tersebut sebagai bentuk ruang publik virtual yang digunakan untuk berinteraksi dan menyampaikan pesan-pesan komunikasi warga. Beragam dinamika dalam penggunaan salah satu platform digital tersebut muncul dan memengaruhi hubungan sosial di antara warga. Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan WhatsApp Group terhadap hubungan sosial antar warga. WhatsApp Grup merupakan salah satu bentuk media baru. Sehingga salah satu landasan teori yang digunakan adalah teori Computer Mediated Communication. Selain itu teori Hubungan Dialektika Relasional dan konsep efektivitas WhatsApp Group digunakan juga dalam penelitian ini. Pada akhinrya teori maupun konsep tersebut membantu peneliti dalam menyiapkan instrumen penelitian berupa kuesioner. Peneliti menggunakan paradigma positivist dan pendekatan kuantitatif dalam menjawab hipotesis penelitian. Survei dilakukan terhadap 105 responden. Dari hasil penelitian terungkap bahwa penggunaan WhatsApp Grup mempengaruhi Hubungan Sosial antar warga sebesar 20,2%. Hubungan ini tergolong pada tingkatan yang sedang.

 


Keywords


whatsapp grup; ruang publik virtual; hubungan sosial

Full Text:

PDF

References


A Andjani, IA Ratnamulyani, & AA Kusumadinata. (2018). PENGGUNAAN MEDIA KOMUNIKASI WHATSAPP TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA KARYAWAN.

Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (VI). Rineka Cipta.

Arnus, S. H. (2015). COMPUTER MEDIATED COMMUNICATION (CMC), POLA BARU BERKOMUNIKASI. Al - Munzir, 2, 275–289.

Ayuni, Qutara, Hafied Cangara, & Arianto Arianto. (2018). The Influence of Digital Media Use on Sales Level of Culinary Package Product Among Female Entrepreneur. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 129–142.

Burgin, B. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Edisi Kedua (2nd ed.). Prenada Media.

Cahyani, A. S. (2021). TINGKAT POPULARITAS RADIO FM DITENGAH MARAKNYA NEW MEDIA DI KALANGAN REMAJA KOTA PEKANBARU.

Chukwuere, J. E., & Chukwuere, P. C. (2017). The impact of social media on social lifestyle: A case study of university female students. African Journals, 15.

Dahono, Y. (2021, February 15). Data: Ini Media Sosial Paling Populer di Indonesia 2020-2021. Beritasatu.Com. https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021

Fajar, D. P. (2016). Teori - Teori Komunikasi Konflik (1st ed.). Universitas Brawijaya Press.

Feroza, C. S., & Misnawati, D. (2020). PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA AKUN @YHOOPHII_OFFICIAL SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI DENGAN PELANGGAN.

Firdaus, I. (2021, March 2). 2 Maret Setahun Lalu, Jokowi Umumkan Pasien Pertama Covid-19. Kompas.Com. https://www.kompas.tv/article/151526/2-maret-setahun-lalu-jokowi-umumkan-pasien-pertama-covid-19

Flew, T. (2014). New Media: An Introduction (4th ed.). Oxford University Press.

Heryansyah, T. R. (2018). Perbedaan Masyarakat Pedesaan dan Perkotaan dalam Kelompok Sosial | Sosiologi Kelas 11. Ruangguru_. https://www.ruangguru.com/blog/perbedaan-masyarakat-pedesaan-dan-perkotaan-dalam-kelompok-sosial

Juwita, R. (2017). MEDIA SOSIAL DAN PERKEMBANGAN KOMUNIKASI KORPORAT.

Kusumantoro, S. M. (2019). Mengenal Kelompok Sosial (F. Wijayanti, Ed.). Cempaka Putih.

Meliala, Y. H., & Nurdiansyah, T. (2019). PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM JOKO WIDODO TERHADAP ELEKTABILITAS JOKO WIDODO PADA PILPRES 2019 (Vol. 2, Issue 2). https://databoks.

Mulyana, D. (2018). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar (16th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Muniruddin. (2019). KOMUNIKASI PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAMANALISISTEORI DIALEKTIKA RELASIONAL. Pemberdayaan Masyarakat, 7, 62–74.

Nasrullah, R. (2016). Media Sosial : Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi (2nd ed.). Simbiosa Rekatama Media.

Poernomo, E. (2006). PENGARUH KREATIVITAS DAN KERJASAMA TIM TERHADAP KINERJA MANAJER PADA PT. JESSLYN K CAKES INDONESIA CABANG SURABAYA . Jurnal Ilmu - Ilmu Ekonom, 6.

Pratiwi, W. K. (2018, January 19). Apa Perbedaan WhatsApp Bussiness dan WhatsApp Messanger? . Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2018/01/19/16390027/apa-perbedaan-whatsapp-business-dan-whatsapp-messenger#google_vignette

Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsAppSebagai Media Pembelajaran.

Raharti. (2019). “WHATSAPP” MEDIA KOMUNIKASI EFEKTIF MASA KINI.

Saleh, G., & Pitriani, R. (2018). Pengaruh Media Sosial Instagram dan WhatsApp Terhadap Pembentukan Budaya “Alone Together". Jurnal Komunikasi, 10, 103–114.

Soekanto, S. (2013). Sosiologi Suatu Pengantar (B. Sulistyowati, Ed.; Revisi). Rajawali Pers.

Stephanie, C. (2021). Berapa Lama Orang Indonesia Akses Internet dan Medsos Setiap Hari? Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/11320087/berapa-lama-orang-indonesia-akses-internet-dan-medsos-setiap-hari?page=all

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tysara, L. (2021, August 20). 5 Upaya Pemerintah Mengatasi Pandemi COVID-19 selain PPKM Level 4 Diperpanjang. Liputan6.Com. https://hot.liputan6.com/read/4636613/5-upaya-pemerintah-mengatasi-pandemi-covid-19-selain-ppkm-level-4-diperpanjang

Watie, E. D. S. (2011). Komunikasi dan Media Sosial. Jurnal The Messanger, III, 69–74.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i1.2122

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id