Cyber PR Tangsel.Life dalam Mensosialisasikan Program Melalui Media Sosial di Era
Abstract
Selama masa pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia, terjadi banyak perubahan dan penyesuaian dalam penyampaian pesan serta berbagai aspek lain, perubahan-perubahan yang terjadi untuk disesuaikan dalam tatanan masyrakat dilakukan dengan cara beragam sosialsasi. Salah satu yang dilakukan Komunitas Tangsel Life di Tangerang Selatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana aktivitas Cyber PR dalam menjalankan programnya selama pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini kerangka teoritis yang digunakan adalah Cyber PR dan konsep media sosial. Paradigma penelitian ini konstruktivisme. teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan Bentuk aktivitas Cyber PR yang telah dilakukan di akun @tangsel.life antara lain: memberikan informasi tentang kegiatan komunitas di Tangerang Selatan, pemerintahan, jalan raya sampai even-even dan kegiatan sosial serta kegiatan komunitas dan warga masyarakat. Bahkan beberapa kali dilakukan kegiatan soaial agar menarik perhatian masyarakat untuk memfollow akun tersebut. Dalam hal ini berbagai cara dan teknik digunakan diantaranya yaitu pendekatan terhadap masyarakat. Dalam melakukan proses komunikasi digital di media sosial Instagram @tangsel.life, Komunitas Tangsel Life menggunakan komunikasi yang konstan, respon yang cepat, interaktif dan dua arah (two-way).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aristyavani, I. (2018). PR dan Disrupsi: Apa yang Harus Dilakukan Praktisi PR Menghadapi Perubahan Era Digital. Jakarta: Majalah PR Indonesia.
Basit, A., & Rahmawati, T. H. (2017). Cyber Public Relations (E-PR) dalam Brand Image Wardah Kosmetik dengan Pedekatan Mixed Method. Nyimak (Journal of Communication), 1(1), 197–208. https://doi.org/https://doi.org/10.31000/nyimak.v1i2. 483
Dewi, I. K., & Yusriyah, K. (2021). Cyber Public Relations Dalam Akun Instagram @official.antam PT. Aneka Tambang Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 88–95. https://doi.org/10.35326/medialog.v4i2
Hasna, S. (2020). Cyber Public Relations Sadewa Market dan Interaktivitas Penggiat UMKM di Jawa Tengah. Tuturlogi, 1(3), 205–219. https://doi.org/10.21776/ub.tuturlogi.2020.001.03.4
Hidayat, D. (2014). Media Public Relations: Pendekatan Studi Kasus Cyber Public Relations Sebagai Metode Kerja PR Digital. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Instagram.com. (2021). Akun Instagram Komunitas di Tangerang Selatan. Instagram.Com.
Irawan, E. P. (2018). Pemanfaatan Website Pada Aktivitas Cyber PR dalam Mendukung e-Government di Pemerintah Kota Tangerang Selatan. JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 19(2), 163–177. https://doi.org/https://doi.org/10.33164/iptekkom.19.2.2017.163-177
Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed). New Jersey: Prentice-Hall Published.
Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nasrullah, R. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosis Rekatama Media.
Nurcahyono, O. H. (2017). Kapasitas Komunitas Lokal dalam Pengembangan Pariwisata Pedesaan. Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 1(1), 42. https://doi.org/10.20961/habitus.v1i1.18854
Nurjanah. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru. Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, 6(2), 39–50.
Onggo, B. J. (2009). E-PR Menggapai Publisitas di Era Interaktif Lewat Media Online. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Shabana, A., & Patrianti, T. (2018). Cyber-PR Dalam E-Musrenbang Di Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Communication, 9(2), 105. https://doi.org/10.36080/comm.v9i2.734
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta. https://doi.org/10.1111/j.1365-2036.2009.03946.x
Sulianta, F. (2015). Keajaiban Media Sosial. Jakarta: Elex Media Kompetindo.
Susilo, A., & Sari, E. (2020). Implementasi Program Cyber Public Relations PT. Kereta Api Indonesia Dalam Mengelola Informasi Publik Di Media Sosial Instagram. Medium, 8(1), 18–29. https://doi.org/10.25299/medium.2020.vol8(1).4792
Taprial, V., & Kanwar, P. (2012). Understanding Social Media. London: Ventus Publishing.
Yuliawati, Y., & Irawan, Pera, E. (2016). Peran Cyber Public Relations Humas Polri Publik Secara Online. Jurnal Politikom Indonesia, 1(1), 206. https://doi.org/10.35706/jpi.v1i1.308
DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i1.2125
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL CYBER PR
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)
email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id