Upaya Edukasi Politik Humas DPR RI Pada Generasi Muda Melalui Program Parlemen Remaja 2021

Adinda Prily, Citra Eka Putri, Adiella Yankie Lubis, Mukka Pasaribu

Abstract


Citra negatif DPR RI saat ini sangat disorot oleh media karena berbagai kasus yang menimpa anggotanya. Masyarakat memandang negatif citra DPR RI karena berita-berita yang mereka lihat di media saat ini, kurangnya edukasi mengenai kinerja DPR menyebabkan para remaja cenderung bertambah sinis terhadap politik dan proses demokrasi di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi Humas dalam upaya mengedukasi Politik generasi Muda pada Program parlemen Remaja 2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus, pendekatan kualitatif dengan Paradigma Konstruktivisme. Adapun teori yang digunakan adalah 4 step dan 7 cs. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Humas Sekjen DPR-RI berupaya untuk terus menjalankan tugas, fungsi serta perannya dengan baik. Program parlemen remaja merupakan strategi yang digunakan oleh Humas DPR RI dalam melakukan pendekatan politik kepada generasi muda untuk mulai menyukai dunia politik dan tidak menganggap DPR RI sebagai lembaga negara dengan citra yang buruk.

 


Keywords


Humas; Edukasi Politik; Parlemen Remaja; DPR RI

Full Text:

PDF

References


Amalia, V. (2020). STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS DALAM MENINGKATKAN PUBLIC TRUST DI PERGURUAN TINGGI (Studi Kasus di Universitas Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo). AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 13–23. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.812

Bajri, R. A. D. (2019). Tujuh ‘C’ Dalam Program Humas Jakarta Smart City. Inter Script: Journal of Creative Communication, 1(1), 48–65. https://doi.org/10.33376/is.v1i1.349

Creswell, J. . (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Tradition (4th ed.). Sage Publications.

Ishak, A. (2012). Peran Public Relations dalam Komunikasi Organisasi. Jurnal ASPIKOM, 1(4), 373. https://doi.org/10.24329/aspikom.v1i4.38

Lubis, E. E. (2012). Peran Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(1), 51–60.

Nurhasanah, F., Solahudin, D., & Aziz, A. (2020). Kampanye Public Relations tentang Sosialisasi Program Bayar Iuran Tepat Waktu Farida. 3(September), 269–288. https://doi.org/10.15575/reputation.v3i3.2193

Palmer, C., & Bolderston, A. (2006). A Brief Introduction to Qualitative Research. Canadian Journal of Medical Radiation Technology, 37(1), 16–19. https://doi.org/10.1016/s0820-5930(09)60112-2

Rahmat, P. S. (2012). Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf. Metodologi, 1(2), 8. http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.pdf

Rahmawati, Y. (2014). Manajemen Public Relations Dalam Bisnis Islam. Jurnal Filsafat Dan Budaya Hukum, 95, 181–194.

Rajab, A. (2017). Peran Penting Badan Keahlian Dpr Ri Dalam Sistem Hukum Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan Yang Mendukung Terwujudnya Keadilan Untuk Kedamaian. Journal Legislasi Indonesiaurnal Legislasi Indonesia, 14(02), 233–244.

Rimayanti, R., Ruhiyat, R., & Rasib, A. (2020). Manajemen Humas dalam Memelihara Citra Perusahaan. Reputation: Jurnal Hubungan Masyarakat, 2(1), 21–40. https://doi.org/10.15575/reputation.v2i1.39

Rini, K. S., Rusmiwari, S., & Widodo, H. P. (2017). Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Universitas Tribhuwana Tunggadewi. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(1), 137221.

Ruslan, R. (2018). Manajemen Publik Relation dan Media Komunikasi (14th ed.). RajaGrafindo Persada. https://www.rajagrafindo.co.id/produk/manajemen-publik-relation-dan-media-komunikasi-rosady-ruslan/

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Vernadeina, R. R. A. I. (2019). Strategi Hubungan Masyarakat Dalam Mensosialisasikan Program “Enjoy Jakarta” Oleh Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Dki Jakarta. Sebatik, 23(2), 641–645. https://doi.org/10.46984/sebatik.v23i2.821

Warouw, D. R. A. D., Harilama, S., & Msi, S. (2014). STRATEGI HUMAS DALAM MENSOSIALISASIKAN PROGRAM LISTRIK PINTAR PT . PLN ( PERSERO ) WILAYAH SULUTTENGGO DI RANOTANA Oleh : MARLANNY RUMIMPUNU Latar Belakang PLN adalah perusahaan BUMN yang bergerak di bidang penyediaan jasa kelistrikan di Indonesia , salah. Komunikasi PR, III(1).




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i1.2126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id