Penguatan Peran dan Fungsi Public Relation Dalam Era New Digital
Abstract
Era New Digital antara lain dalam bentuk Society 5.0 maupun Hyperreality adalah bukti sementara atas kemajuan teknologi tanpa batas, yang diakselerasi oleh pandemic Covid-19. Pesatnya kemajuan teknologi digital telah mendistorsi sebagian fungsi Public Relation antara lain sebagai sumber informasi terpercaya, pembentuk brand image dan pembentuk kolaborasi berkelanjutan di perusahaan dengan masyarakat. Tujuan kajian ini untuk mengetahui bagaimana penguatan peran dan fungsi public relations di era new digital. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan kajian kepustakaan dan dokumentasi. Hasil kajian menunjukkan bahwa untuk mempertahankan dan mengembangkan eksistensinya, Public Relation perlu mensikapinya dengan peningkatan keakhlian digital, pendayagunaan artifial intelligence dan kemampuan mensintesa dalam memproduks, menyebarluaskan dan memonitor efektivitas informasi sintesa yang dihasilkannya dalam merubah perilaku masyarakat. Diperlukan pula peningkatan soliditas dan kolaborasi dengan berbagai pihak, untuk meningkatkan dan mempertahankan keunggulan kompetitif Public Relation dalam dunia yang semakin dinamis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, N., & Padu, S. (2015). Theory of mind pada anak usia pra sekolah ditinjau dari konflik dengan saudara kandung. Proceeding Seminar Nasional: Selamatkan Generasi Bangsa Dengan Membentuk Karakter Berbasis Kearifan Loka, 187–195. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6532/21-Nur Azizah.pdf;sequence=1
Bakhtiari, kian. (2020). Welcome To Hyperreality: Where The Physical And Virtual Worlds Converge. Forbes.Com. https://www.forbes.com/sites/kianbakhtiari/2021/12/30/welcome-to-hyperreality-where-the-physical-and-virtual-worlds-converge/?sh=7f0943d45028
Iordache, C., Baelden, D., & Marien, I. (2016). Reconsidering digital skills: A theoretical questioning of the skills that define e-inclusion. Vrije Universiteit Brussel, 43. https://doi.org/10.13140/RG.2.1.3229.4007
Kartika, R. (2020). Pergeseran Paradigma Komunikasi di Era Normal Baru. Perindonesia.Co. https://www.prindonesia.co/detail/1852/Pergeseran-Paradigma-Komunikasi-di-Era-Normal-Baru
Kromberg, K. H. (2016). How to achieve digital mastery at Maersk Line: The journey towards sustainable digital innovation [Copenhagen Bussiness School]. https://research.cbs.dk/en/studentProjects/b6b8a78c-62d5-4002-b827-695ea2710eb3
Meranti, & Irwansyah. (2018). Kajian Humas Digital: Transformasi dan Kontribusi Industri 4.0 pada Stratejik Kehumasan. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 27–36.
Mikáčová, L., & Gavlaková, P. (2014). The Role of Public Relations in Branding. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 110, 832–840. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.928
Pienrasmi, H. (2015). Pemanfaatan Social Media Oleh Praktisi Public Relations Di Yogyakarta. Jurnal Komunikasi, 9(2), 199–210. https://doi.org/10.20885/komunikasi.vol9.iss2.art6
Putra, I. G. N. (2000). Manajemen hubungan masyarakat (1st ed.). Universitas Atma Jaya. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=396556
Schroer, A. (2019). 49 Artificial Intelligence Companies to Watch in 2022. Builtin.Com. https://builtin.com/artificial-intelligence/ai-companies-roundup
Shafri, H. Z. M., Ismail, M. H., Razi, M. K. M., Anuar, M. I., & Ahmad, A. R. (2012). Application of lidar and optical data for oil palm plantation management in Malaysia. Lidar Remote Sensing for Environmental Monitoring XIII, 8526(May 2014), 852608. https://doi.org/10.1117/12.979631
Susanto, & Halim, I. (2020). Pengaruh Human Relation dan Lingkungan kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Kompas Gramedia Cabang Karawaci. Prosising Seminar Nasional.
Trisyani, D. C. (2016). Peran Dan Fungsi Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan Spa Di Yogyakarta. 1–13. http://e-journal.uajy.ac.id/4330/1/JURNAL.pdf
van Laar, E., van Deursen, A. J. A. M., van Dijk, J. A. G. M., & de Haan, J. (2017). The relation between 21st-century skills and digital skills: A systematic literature review. Computers in Human Behavior, 72, 577–588. https://doi.org/10.1016/j.chb.2017.03.010
Westerman, G., Bonnet, D., & McAfee, A. (2014). Become a Digital master—No matter What BusiN ess You’re iN (2nd ed.). Harvard Business Review Press. https://pdfroom.com/books/leading-digital-turning-technology-into-business-transformation/XDkgVep9d9B/download
Westerman, G., Tannou, M., Bonnet, D., Ferraris, P., & McAfee, A. (2012). The Digital Advantage: How Digital Leaders Outperform their Peers in Every Industry. In MIT Sloan Management Review (pp. 1–24). MIT Sloan Management Review. http://www.capgemini.com/resource-file-access/resource/pdf/The_Digital_Advantage__How_Digital_Leaders_Outperform_their_Peers_in_Every_Industry.pdf
What is Society 5.0? (2019). Cabinetofice.Com. https://www8.cao.go.jp/cstp/english/society5_0/index.html
DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v2i1.2127
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL CYBER PR
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)
email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id