Strategi Corporate Communication DPMPTSP Kota Bekasi dalam Pemulihan Reputasi Pasca-Kasus Korupsi
Abstract
Reputasi DPMPTSP Kota Bekasi memburuk setelah Komisi Pemberantasan Korupsi melakukan penangkapan terhadap salah satu aparatur negara di instansi tersebut. Sehingga demi memperbaikinya, aktivitas komunikasi korporat diperlukan untuk lebih spesifik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi komunikasi korporat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi dalam memperbaiki reputasinya. Image Repair, sebuah teori dengan memberikan tahapan-tahapan yang perlu dilaksanakan dalam komunikasi korporat demi meningkatkan reputasi instansi yang rusak. Tahapan yang dimaksud diantaranya adalah Denial; Evading of Responsibility; Reducing Offensiveness of Event; Mortification; hingga Corrective Action. Penelitian dilakukan dengan menerapkan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi dan wawancara terhadap informan kunci dan informan berdasarkan paradigma konstruktivistik. Metode studi kasus digunakan penulis dalam penelitian ini dan memverifikasi keandalan data melalui metode triangulasi. Hasil yang didapat, menunjukkan komunikasi korporat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Bekasi telah berupaya memperbaiki reputasinya dengan menggunakan tahapan pada teori image repair di antaranya: 1) Denial; 2) Evading of Responsibility; 3) Reducing Offensiveness of Event; 4) Mortification; 5) Corrective Action. Selain itu, dalam menyebaluaskan penjelasan dan meningkatkan reputasinya, lalu bekerjasama dengan para pihak berkepentingan di DPMPTSP Bekasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, C. A., & Hellianto, G. R. (2020). Pengaruh Reputasi Terhadap Minat Beli Produk Skincare di Shopee. Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 2(1), 39–52. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i1.6050
Benoit, W. L. (1997). Image repair discourse and crisis communication. Public Relations Review, 23(2), 177–186. https://doi.org/10.1016/S0363-8111(97)90023-0
Christian. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepercayaan Poliklinik Umum Puskesmas Puter Dinas Kesehatan Kota Bandung.
Coombs, W. T., & Holladay, S. J. (2012). The Handbook of Crisis Communication. Wiley-Blackwell.
Frandsen, F. , & Johansen, W. (2017). Organizational Crisis Communication: A Multivocal Approach. Sage.
Giffari, M. F., Wiyati, E. K., Andriani, F., & Putri, C. E. (2024). Peran Humas Dalam Keterbukaan Informasi Publik Pada PPID Kemendikbudristek. Jurnal Cyber PR, 4(2), 119–131. https://doi.org/10.32509/cyberpr.v4i2.4634
Heath, R. L. , & Millar, D. P. (2004). Responding to Crisis: A Rhetorical Approach to Crisis Communication. Lawrence Erlbaum.
Humas. (2021). Kota Bekasi Sebagai Terbaik I Pada Ajang The 3rd west Java investment Sumit 2021. DPMPTSP Kota Bekasi. https://mpp.bekasikota.go.id/baca-berita/mpp-4/kota-bekasi-sebagai-terbaik-i-pada-ajang-the-3rd-west-java-investment-sumit-2021
Izzah, I., & Atiqullah, A. (2019). PERANAN STRATEGIS HUMAS DALAM MEMPERTAHANKAN IMAGE DAN REPUTASI SD PLUS NURUL HIKMAH PAMEKASAN. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 2(1), 171. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v2i1.2459
Manik, D. E. M. (2018). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pt. Astra Internasional-Medan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 91–96.
MUSTAFA, A., Kholil, S., & Sazali, H. (2023). Strategi komunikasi image restoration mantan narapidana kasus narkoba di Aceh Tengah. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 7(3), 994–1011. https://doi.org/10.25139/jsk.v7i3.6209
Mustika, T., & Anggraini, R. (2019). PENGARUH TERPAAN MEDIA TERHADAP REPUTASI LEMBAGA PEMERINTAH. Journal of Creative Communication, 1(1), 66–79.
Ramadhan, A. B. (2022). Daftar 14 Orang yang Kena OTT Kasus Suap Wali Kota Bekasi. DetikNews. Detik News. https://news.detik.com/berita/d-5887002/daftar-14-orang-yang-kena-ott-kasus-suap-wali-kota-bekasi
Sarasati, F., Olivia, H., & Sudarsono, A. B. (2023). PENGGUNAAN FITUR CLOSE FRIENDS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PENGUNGKAPAN DIRI PADA GENERASI Z. J-IKA, 9(2), 92–99. https://doi.org/10.31294/kom.v9i2.14267
Sjoraida, D. F., Maida, S. T., Riyantie, M., & Ruchiat, A. (2024). Manajemen Komunikasi Public Relations Tim RK-Suswono Dalam Pencabutan Gugatan Hasil Pilkada Jakarta. Jurnal Cyber PR, 4(2), 204–216.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wacika, P. L. (2021). Strategi Komunikasi Krisis Dinas Pariwisata Provinsi Bali dalam Menghadapi Virus Korona. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(1), 32–43. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i1.99
Wardani, E. F. J., Vidyarini, T. N., & Yogatama. (2022). Restorasi Citra Maybank Melalui Media Online. Jurnal E-Komunikasi, 10(1), 1–9.
Yogie Alwaton. (2023). Komunikasi Krisis Polri: Strategi Image Repair Polri Dalam Tragedi Kanjuruhan. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.35457/translitera.v12i1.2694
Agustin, C. A., & Hellianto, G. R. (2020). Pengaruh Reputasi Terhadap Minat Beli Produk Skincare di Shopee. Business Economic, Communication, and Social Sciences (BECOSS) Journal, 2(1), 39–52. https://doi.org/10.21512/becossjournal.v2i1.6050
Benoit, W. L. (1997). Image repair discourse and crisis communication. Public Relations Review, 23(2), 177–186. https://doi.org/10.1016/S0363-8111(97)90023-0
Christian. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepercayaan Poliklinik Umum Puskesmas Puter Dinas Kesehatan Kota Bandung.
Coombs, W. T., & Holladay, S. J. (2012). The Handbook of Crisis Communication. Wiley-Blackwell.
Frandsen, F. , & Johansen, W. (2017). Organizational Crisis Communication: A Multivocal Approach. Sage.
Giffari, M. F., Wiyati, E. K., Andriani, F., & Putri, C. E. (2024). Peran Humas Dalam Keterbukaan Informasi Publik Pada PPID Kemendikbudristek. Jurnal Cyber PR, 4(2), 119–131. https://doi.org/10.32509/cyberpr.v4i2.4634
Heath, R. L. , & Millar, D. P. (2004). Responding to Crisis: A Rhetorical Approach to Crisis Communication. Lawrence Erlbaum.
Humas. (2021). Kota Bekasi Sebagai Terbaik I Pada Ajang The 3rd west Java investment Sumit 2021. DPMPTSP Kota Bekasi. https://mpp.bekasikota.go.id/baca-berita/mpp-4/kota-bekasi-sebagai-terbaik-i-pada-ajang-the-3rd-west-java-investment-sumit-2021
Izzah, I., & Atiqullah, A. (2019). PERANAN STRATEGIS HUMAS DALAM MEMPERTAHANKAN IMAGE DAN REPUTASI SD PLUS NURUL HIKMAH PAMEKASAN. Re-JIEM (Research Journal of Islamic Education Management), 2(1), 171. https://doi.org/10.19105/re-jiem.v2i1.2459
Manik, D. E. M. (2018). Pengaruh Citra Perusahaan Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pt. Astra Internasional-Medan. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 91–96.
MUSTAFA, A., Kholil, S., & Sazali, H. (2023). Strategi komunikasi image restoration mantan narapidana kasus narkoba di Aceh Tengah. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 7(3), 994–1011. https://doi.org/10.25139/jsk.v7i3.6209
Mustika, T., & Anggraini, R. (2019). PENGARUH TERPAAN MEDIA TERHADAP REPUTASI LEMBAGA PEMERINTAH. Journal of Creative Communication, 1(1), 66–79.
Ramadhan, A. B. (2022). Daftar 14 Orang yang Kena OTT Kasus Suap Wali Kota Bekasi. DetikNews. Detik News. https://news.detik.com/berita/d-5887002/daftar-14-orang-yang-kena-ott-kasus-suap-wali-kota-bekasi
Sarasati, F., Olivia, H., & Sudarsono, A. B. (2023). PENGGUNAAN FITUR CLOSE FRIENDS INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PENGUNGKAPAN DIRI PADA GENERASI Z. J-IKA, 9(2), 92–99. https://doi.org/10.31294/kom.v9i2.14267
Sjoraida, D. F., Maida, S. T., Riyantie, M., & Ruchiat, A. (2024). Manajemen Komunikasi Public Relations Tim RK-Suswono Dalam Pencabutan Gugatan Hasil Pilkada Jakarta. Jurnal Cyber PR, 4(2), 204–216.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Wacika, P. L. (2021). Strategi Komunikasi Krisis Dinas Pariwisata Provinsi Bali dalam Menghadapi Virus Korona. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(1), 32–43. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i1.99
Wardani, E. F. J., Vidyarini, T. N., & Yogatama. (2022). Restorasi Citra Maybank Melalui Media Online. Jurnal E-Komunikasi, 10(1), 1–9.
Yogie Alwaton. (2023). Komunikasi Krisis Polri: Strategi Image Repair Polri Dalam Tragedi Kanjuruhan. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.35457/translitera.v12i1.2694
DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v5i1.5098
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recommended Tools :
JURNAL CYBER PR
Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)
email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id