Pengaruh Konten Digital Terhadap Keputusan Pembelian Skintific Pada Anggota Genbi Provinsi Lampung

Anisa Putri Oktaviani, M. Denu Poyo, Budhi Waskito

Abstract


Penelitian ini mengkaji pengaruh konten digital terhadap keputusan pembelian produk kecantikan Skintific di kalangan anggota GenBI di Provinsi Lampung. Seiring dengan semakin dominannya interaksi konsumen melalui platform digital, penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana konten yang disebarkan melalui Instagram dan TikTok, khususnya materi edukasi dan informatif, memengaruhi perilaku pembelian konsumen muda. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 182 anggota GenBI aktif melalui kuesioner terstruktur. Analisis menggunakan regresi linier sederhana untuk menilai hubungan antara paparan konten digital dan keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang signifikan dan positif, yang menunjukkan bahwa konten yang persuasif, menarik secara visual, dan relevan secara signifikan meningkatkan minat dan mendorong tindakan pembelian. Temuan ini mendukung model AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) dan menyoroti peran penting media digital dalam komunikasi pemasaran modern. Penelitian ini berkontribusi pada ilmu komunikasi dengan menekankan bagaimana konten yang disesuaikan dapat mengubah perilaku konsumen dalam industri kecantikan, khususnya di kalangan Generasi Z. Penelitian ini menyimpulkan bahwa konten digital berkualitas tinggi merupakan faktor strategis dalam memengaruhi keputusan pembelian, sehingga penting bagi merek untuk mengoptimalkan strategi keterlibatan media sosial mereka.


Keywords


Perilaku Konsumen; Konten Digital; Komunikasi Pemasaran; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Arumdipta, D. A., & Damayanti, N. (2024). Pengaruh Konten Instagram Pada Followers Instagram @ Makarizoprofessional Terhadap Product Knowledge Dan Citra Makarizo Professional. 4(2), 95–105.

Calistarahma, I. R., & Saputro, E. P. (2023). Pengaruh Promosi Media Sosial Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Skincare Skintific. DIALEKTIKA KOMUNIKA: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Pembangunan Daerah, 11(2), 125–136. https://doi.org/10.33592/dk.v11i2.4154

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2019). Digital marketing. Pearson uk.

Dila Irawati, Citra Savitri, & Syifa Pramudita Faddila. (2022). Pengaruh Pemasaran Digital dan Ulasan Online terhadap Keputusan Pembelian Produk Skintific pada Marketplace Sociolla. Journal of Business, Finance, and Economics (JBFE), 3(1), 01–20. https://doi.org/10.32585/jbfe.v3i1.5689

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23.

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh kualitas produk, harga dan persaingan terhadap minat beli. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(3), 415–424.

Honestya, G., & Veri, J. (2024). Systematic Literature Review : Pengaruh Digital Marketing Terhadap Penjualan Produk Kecantikan. Digital Transformation Technology, 4(1), 523–531. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i1.4205

Khasanah, U. (2021). Analisis Regresi. Uad Press.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of marketing (16Th Editi). Essex Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Editi). England: Pearson Education Limited.

Kuantitatif, P. P. (2016). Metode Penelitian Kunatitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Kurniawati, N. K., Widyastuti, N. W., Alifi, M. I., Pratiwi, M., Nisa, H., & Maulana, I. C. (2022). Penerapan Attention, Interest, Desire, Action (AIDA) Terhadap Komunikasi Pemasaran Kerajinan Tangan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(9), 347–353.

Prihadini, D., Sudinta, H., Monica Frara, E., Studi Administrasi Bisnis, P., Ilmu Administrasi, F., Produk Dan Pemasaran Konten Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Skincare Skintific Studi Kasus, K., Di Jakarta, G. Z., & Kasus Pada Konsumen Jims Honey Di Kecamatan Cikarang Barat Kabupaten Bekasi, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Pemasaran Konten Aplikasi Tiktok Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Skincare Skintific (Studi Kasus: Generasi Z Di Jakarta). Adbispreneur, 3(5), 12. http://ojs.stiami.ac.id/index.php/JAMBIS

Rahayu, P. (2019). Pengaruh Era Digital Terhadap Perkembangan Bahasa Anak. Al-Fathin: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 2(1), 47. https://doi.org/10.32332/al-fathin.v2i2.1423

Rini, K. S., Rusmiwari, S., & Widodo, H. P. (2017). Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Universitas Tribhuwana Tunggadewi. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(1), 34–37. www.publikasi.unitri.ac.id

Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode penelitian komunikasi (Kuantitatif, kualitatif, dan cara mudah menulis artikel pada jurnal internasional). Alvabeta Bandung, CV.

Winasis, C. L. R., Widianti, H. S., & Hadibrata, B. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(4), 399–410.




DOI: https://doi.org/10.32509/cyberpr.v5i1.5543

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

     

Recommended Tools :

 


JURNAL CYBER PR

Fakultas Ilmu KomunikasiUniversitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 081218696126 (Chat Only)

email: cyberpr@jrl.moestopo.ac.id