LITERASI MEDIA DIGITAL PADA REMAJA DITENGAH PESATNYA PERKEMBANGAN MEDIA SOSIAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Literasi media digital pada remaja, khususnya pengguna media sosial Instagram di Sekolah Menengah Atas, Pondok Karya Pembangunan Jakarta Islamic School. Metode yang digunakan adalah studi kasus, dengan teknik pengumpulan data, melakukan wawancara melalui google form kepada lima belas (15) informan siswa, dan seorang informan pemerhati media sosial, serta dua (2) informan pengiat literasi media, melalui videocall whatsapp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka telah mampu mengakses (access) fitur-fitur yang terdapat dalam media sosial Instagram, mengetahui dan memahami (understanding) manfaat, dari instagram, dapat menganalisis (analyze) memilah dan memilih informasi yang asli, dan bukan hoax melalui comment pada instagram, dan mencari sumber yang verified (terpercaya) sehingga mereka dapat menganalisis apa yang mereka sukai (like), informasi apa yang dapat disebarluaskan (share), dan informasi apa yang perlu diberi tanggapan (comment), dan mampu memproduksi (production) foto, gambar, video dan informasi tertentu, sehingga mereka menjadi lebih kreatif dalam aplikasi media sosial instagram.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baran, S. J. (2014). Introduction to mass communication: Media literacy and culture. New York: McGraw-Hill.
Carr, Caleb T., & Hayes, Rebecca A. (2015). Social Media: Definin, Developing, and Divining, Atlantic Journal of Communication, Vol. 23. https://doi.org/10.1080/15456870.201 5.972282.
Hanika, Ita Musfirowati dan Putri, Melisa Indriana (2020), Sosialisasi Literasi Media Digital di Jakarta (Studi Eksperimen Penggunaan Youtube Terhadap Siswa Sekolah Dasar di Jakarta. DOI: 10.31002/jkkm.v412.3324
http://www.eurekapendidikan.com. Diakses 27 Februari 2021
https://apjii.or.id/survei 2019-2020, diakses Oktober 2020
https://www.kominfo.go.id/content/detail/3 0653/dirjen-ppi-survei-penetrasi- pengguna-internet-di-indonesia- bagian-penting-dari-transformasi- digital/0/berita_satker. Diakses 2 Februari 2021
Instagram Adalah Platform Berbagi Foto dan Video, Ini Deretan Fitur Canggihnya https://m.liputan6.com/tekno/read/3 906736/instagram-adalah- platform- berbagi-foto-dan-video-ini- deretan-fitur-canggihnya?utm_source=Mobile&utm_medium=whatsapp&utm_campaign=Share_Hanging Diakses November 2020
Koltay, T., (2011). The media and the literacies: media lietracy, information literacy, digital literacy. Journal Media, Culture & Society. 33(2). 211- 221. Diakses pada 8 Februari 2021. DOI: 10.1177/0163443710393382.
Limilia, Putri and Aristi, Nindi (2019), Literasi Media & Digital di Indonesia : Sebuah Tinjauan SIstematis, Vol 8, Jurnal Komunikatif. Diakses pada 8 Oktober 2020. DOI : 10.33508/jk.v812.2199
Littlejohn, W. Stephen., Foss. K.A., (2009). Encyclopedia of Communication Theory. United States of America, Sage Publications, Inc.
Livingstone, S. (2004). Media literacy and the challenge of new information and communication technologies. The Communication Review, 7, 3-14. Diakses 13 September 2017. https://doi.org/10.1080/1071442049 0280152
Livingstone,. S., (2004). Media literacy and the challenge of new information and communication technologies. Communication : Sage Publication.
Martin, A. 2006. “Literacies for Age Digital Age” dalam Martin & D. Madigan (eds), Digital Literacies for Learning. London: Facet.
Moeleong, Lexy. (2014), Metode Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyana, Deddy.(2017), Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Novianti, Dewi and Fatonah Siti (2018), Literasi Media Digital di Lingkungan Ibu-ibu Rumah Tangga di Yogyakarta. Diakses pada 8 Oktober 2021. DOI : 10.31315/jik.v16i1.2678. ISBN:1693-3028
Potter, James. W. (2010). Theory of Media Literacy: a Cognitive Approach. California: Sage Publications.
Purwaningtias, Intania (2013), Model- Model Literasi Media dan Pemantauan Media di Indonesia, Yogyakarta :UII
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung, Alfabeta.
Tamburaka, Apriadi, (2013), Literasi Media Cerdas Bermedia Khalayak Media Massa, Jakarta: Rajawali Pers
Yin, Robert.K. (2013), Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Recomended by:
Jurnal DINAMIKA merupakan Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi yang diprakarsai Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat sejak 2011. | Corona Q&A |
---|