KOMODIFIKASI KANAL CEK FAKTA LIPUTAN6.COM MELALUI PERSPEKTIF EKONOMI POLITIK MEDIA

Hasan Mukti Iskandar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komodifikasi konten, komodifikasi khalayak dan komodifikasi pekerja pada kanal cek fakta Liputan6.com, melalui perspektif ekonomi politik media.  Menggunakan paradigm kritis, melalui pendekatan analisis wacana kritis VanDijk. Subjek dalam penelitian ini adalah Pemimpin Redaksi Liputan6.com,  Pelaksana, Chief Content Officer KLYouniverse, dan Wartawan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam kepada para informan penelitian. Teknik analisis data  wacana kritis VanDijk yaitu melalui  dimensi teks, kognisi sosial dan konteks sosial. Simpulan dari penelitian ini adalah Cek Fakta melakukan komodifikasi konten untuk menghasilkan berita sesuai fakta dengan cara melakukan klarifikasi konten. Komodifikasi khalayak Cek Fakta di Liputan6.com berkaitan tentang rating yang diterima dari konten media, dan rating tersebut dijual kepada pengiklan dengan menggunakan khayalak sebagai tolak ukurnya. Komodifikasi pekerja Kanal Cek Fakta di Liputan6.com melakukan pendekatan terhadap pegiat cek fakta. Liputan6.com merangkul pegiat cek fakta. Terdapat reward bagi pegiat Cek Fakta. Indikator yang mendapat reward yaitu pegiat yang membagikan berita liputan6. Reward tersebut berupa uang.

 


Keywords


Komodifikasi; Liputan6.com; Ekonomi Politik Media; VanDijk

Full Text:

PDF

References


Agung, S. (2008). Perbandingan Pendekatan Ekonomi-Politik Media dan Studi Kebudayaan dalam Kajian Komunikasi Massa. Jurnal Komunikasi Pembangunan. 94-107.

Arianto. (2011). Ekonomi Politik Lembaga Media Komunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 1, No.2, Oktober, 191-203.

Boyd-Barret, O. (1995). The Analysis of Media Occupations and Profesionals. London: Arnold.

Bungin, Burhan. 2013. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan. Publik, dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Prenada Media

Eriyanto. (2003). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKiS.

Fairclough, N. (2001). Critical discourse analysis as a method in social scientific research. London: Sage

Hasan, K., & Satria, D. (2009). Kapitalisme, Organisasi Media dan Jurnalis: Perspektif Ekonomi Politik Media. Jurnal Online Dinamika. 1-18.

https://komunikasi101.wordpress.com/2017/10/28/ekonomi-politik-media/

Labas Y.N., Yasmine, D.I,. (2017). Komodifikasi di Era Masyarakat Jejaring: Studi Kasus YouTube Indonesia. Jurnal Pemikiran Sosiologi Valume 4, No.2, hal. 104-119

Masitoh, “Pendekatan dalam Analisis Wacana Kritis,” J. Edukasi Ling. Sastra, vol. 18, no. 1, pp. 66–76, 2020, doi: https://doi.org/10.47637/elsa.v18i1.221.

McQuail, D. (2011). Teori Komunikasi Massa Edisi 6 buku 1. Jakarta:Salemba Humanika.

McQuail’s, D. (2001). Mass Communication Theory. 4th edition. London: SAGE Publications.

Mosco, V. (1996). The Political Economy of Communication. London: Sage Publication Ltd.

Neuman, W. Lawrence. (2009). Sosial Research Methods. Fifth edition. USA: Pearson Education Inc

Sudibyo, A. (2001). Politik Media dan Pertarungan Wacana. Yogyakarta: LkiS.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

T. A. van Dijk and etc, Discourse as Structure and Process. London: Sage Publication Ltd, 1997.

T. A. Van Dijk, “Structures of Discourse and Structures of Power,” Ann. Int. Commun. Assoc., vol. 12, no. 1, pp. 18–59, 1989, doi: 10.1080/23808985.1989.11678711.

T. A. van Dijk, Discourse and Social Context: A Sociocognitive Approach. Cambridge: Cambridge University Press, 2008.

T. A. Van Dijk,“Principles of critical discourse analysis,” Discourse Soc., vol. 4, no. 2, pp. 249–283, 1993, doi: 10.1177/0957926593004002006.

Triyono, A. (2012). Produksi Teks dalam Perspektif Ekonomi Politik Media. KomuniTi. 18-29.

Van Dijk, Teun A (2001) ‘Multidisciplinary CDA: a plea for diversity.’ in: Wodak, Ruth & Meyer, Michael (Eds.) Methods of CDA. London: Sage, pp. 95–120


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


Recomended by:

goto turnitin.com  goto mendeley web



  
  Jurnal DINAMIKA merupakan Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi yang diprakarsai Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Univ. Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Jakarta dan diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat sejak 2011. Corona Q&A