PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT TENTANG PERAN DAN FUNGSI DPD RI
Abstract
Penetrasi internet Indonesia pada akhir Maret 2021 sebesar 76,8 (tujuh puluh enam koma delapan) persen dari total populasi di seluruh dunia. Melihat peluang untuk semakin dekat dengan publiknya melalui internet, sebagai lembaga negara, Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD) RI yang berdiri sejak 1 Oktober 2004, turut menggunakan media sosial instagram, twitter dan facebook dengan nama akun “DPD RI” yang digunakan sebagai sarana penyampaian hasil kerja dan komunikasi dua arah, terutama dalam upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang peran dan fungsi DPD RI. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif ditemukan bahwa dapat disimpulkan bahwa Humas DPD RI kerap melakukan pemanfaatan media sosial yang diawali dengan penetapan tujuan berdasarkan kegiatan yang akan dilakukan. Tujuan diadakannya pengelolaan media sosial ini menentukan sasaran dan konten dan penentuan media sosial apa yang digunakan untuk membagikan infromasi yang akan dibagikan di media sosial. Selanjutnya penentuan pengolahan konten-konten yang akan dibagikan untuk setiap postingan di media sosial dengan melakukan pengumpulan data untuk kebutuhan masing-masing dari media sosial. perencanaan yang telah ditetapkan untuk mengelola media sosial. Pelaksanaan pengelolaan media sosial yang dilakukan oleh DPD RI mencakup perencanaan konten media sosial, penentuan konten media sosial, Penentuan sasaran media sosial, mengunggah pesan sesuai dengan konten yang telah ditetapkan, proses pemantauan jalannya media sosial. melakukan interaksi dengan masyarakat untuk menjawab komentar atau pesan yang masuk, serta melakukan evaluasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku:
Alo, Liliweri. (2011). Komunikasi: Serba Ada Serba Makna. Jakarta: Kencana.
Arifin, Anwar. (1984). Strategi Komunlkasi: Sebuah Pengantar Ringkas, Cet.2. Bandung: Armico
A, Shimp, Terence. (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi PemasaranTerpadu, Jilid I (edisi 5), Jakarta: Erlangga.
Azhar, Arsyad. (2003). Manajemen Pengetahuan Praktis Bagi Pimpinan & Eksekutif, Manajemen Strategik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Denzin, Guba. (2001). Teori Dan Paradigma Penelitian Sosial, penyunting: Agus Salim, PT, Tiara Wacana, Jogyakarta
Denis, McQuail. (2009). Teori Komunikasi Massa, Buku 1 (Edisi 6) Penyunting: Putri Iva Izzaati, PT. Salemba Humanika, Jakarta
Dyatmika, Tedy. (2018). Ilmu Komunikasi. Edited by Syamsul Bakhri. Bandung Rosdakarya. I. Yogyakarta: Zahir Publisher, 2018.
Effendy, Onong Uchjana. (2003). Ilmu, teori dan filsafat komunikasi. Bandung Citra Aditya Bakti
J. Paul Peter & James H. Donnelly Jr. (2004). Marketing Management Knowledge & Skills, 7th Edition, McGraw Hill International Edition, Singapore
Moleong, Lexy. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mulyana Deddy. 2005. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Puntoadi, Danis. (2011). Menciptakan Penjualan Melalui Media Sosial. Jakarta: PT Elex Komputindo.
Rangkuti, Freddy. (2006). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Gramedia. Jakarta.
Salusu, J. (1996). Pengambilan Keputusan Strategik untuk OrganisasiPublikan Organisasi Non Profit. Jakarta: PT Grasindo
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta CV.
Suryadi, Edi. (2018). Strategi Komunlkasi, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Vardiansyah, Dani. (2008). Filsafat Ilmu Komunikasi. Jakarta: Indeks.
Widjajanto Kenmada. (2013). Perencanaan Komunikasi: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Ultimus.
Yusuf, A. Muri. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Penelitian Gabungan, Jakarta: Kencana (Divisi dari prenadamedia group).
Jurnal:
Aditya Putra. Analisis Strategi Komunikasl Pihak Politik Dalam Meningkatkan Partisipasi Politik Pemilih Pemula. Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume III, No. II, Agustus 2020, hlm 122-143. Retrieved from https://jurnal-umbuton.ac.id/index.php/Medialog/article/download/742/556/. (Dilihat pada tanggal 22 Februari 2022).
Dirkareshza, Rianda. “Kompetensi DPD RI Dalam Mengemban Amanah Undang – Undang Nomor 2 Tahun 2018 Tentang MPR, DPR, DPD Dan DPRD Sebagai Lembaga Tinggi Negara.” Jurnal Yuridis 6, no. 2 (December 30, 2019): 1. Accessed September 26, 2021. https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/Yuridis/article/view/1106.
SARDI, SAPTA AGUS (2019) MODEL KOMUNIKASI INTERAKTIF PRAMUWISATA DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS (Studi Kasus Pada Akun Jakarta Good Guide Melalui Media Sosial Facebook dan Instagram Tahun 2017-2018). https://repository.mercubuana.ac.id/49947/2/02.%20ABSTRAK.pdf (Diakses pada tanggal 13 April 2021).
Kusnadi, A., Sastradihardja, R., Findriani, F., & Wanadjaja, T. L. (2008). PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN BARU PADA PT. SIMEX PHARMACEUTICAL UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PRODUK VIPRO-G. Journal of Business Strategy and Execution, 1(1), 135 - 157. Retrieved from https://journal.binus.ac.id/index.php/JBSE/article/view/177. (Diakses pada tanggal 13 April 2021).
Marzuki, Masnur. “Analisis Kontestasi Kelembagaan DPD Dan Upaya Mengefektifkan Keberadaannya.” Jurnal Hukum IUS QUIA IUSTUM 15, no. 1 (February 26, 2008): 81–100. Accessed October 19, 2021. https://journal.uii.ac.id/IUSTUM/article/view/74.
Sello Satrio. Strategi Komunikasl Pemasaran PT.MNC Play Media dalam mengoptimalkan Brand Awareness Corporate. (Dilihat pada tanggal 18 Februari 2021).
Novi Herlina. EFEKTIVITAS KOMUNIKASI AKUN INSTAGRAM @SUMBAR_RANCAK SEBAGAI MEDIA INFORMASI ONLINE PARIWISATA SUMATERA BARAT. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/204931-none.pdf (Dilihat pada tanggal 23 Februari 2022).
Internet:
DPD RI. “Website Resmi Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia.” DPD-RI. Last modified 2021. https:// dpd.go.id.
https://www.beritasatu.com/digital/733355/data-ini-media-sosial-paling-populer-di-indonesia-20202021
https://www.komunikasipraktis.com/2016/06/komunikasi-online-pengertian-sejarah-ruang-lingkup.html
https://tekno.kompas.com/read/2021/02/23/16100057/jumlah-pengguna-internet-indonesia-2021-tembus-202-juta.
http://terinspirasikomunikasi.blogspot.com/2012/12/paradigma-positivisme-konstruktivisme.html
Ispranoto, Tri. “Banyak Warga Jabar Belum Tahu Fungsi DPD RI.” Detik.Com. Last modified 2018. Accessed September 26, 2021. https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4340212/banyak-warga-jabar-belum-tahu-fungsi-dpd-ri.
Kusnandar, Viva Budy. “Penetrasi Internet Indonesia Urutan Ke-15 Di Asia Pada 2021.” Databoks. Last modified March 2021. Accessed September 26, 2021. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/07/12/penetrasi-internet-indonesia-urutan-ke-15-di-asia-pada-2021.
DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v9i1.4275
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recomended Tools:
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.