PENGARUH KEGIATAN MARKETING PUBLIC RELATIONS TERHADAP BRAND IMAGE DAN PRODUCT KNOWLEDGE SEPATU LARI NIKE
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu besaran pengaruh kegiatan marketing public relations terhadap brand image dan product knowledge sepatu lari Nike di DKI Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah The Excellence Theory of Public Relations yang dikemukakan oleh James E. Grunig. Variabel independen (X) dalam penelitianj ini adalah kegiatan marketing public relations, dan dua variabel dependen (Y) yaitu brand image (Y1) dan product knowledge (Y2). Dimensi variabel X dan Y1 mengadaptasi teori dari Kotler and Keller. Sedangkan variabel Y2 mengadaptasi teori dari Peter and Olson. Populasi penelitian ini adalah konsumen sepatu lari Nike di DKI Jakarta yang berjumlah 840 orang. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin dengan toleransi eror (e) sebesar 5%, sehingga sampel berjumlah 270 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan sebelum kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menyebarkan kuesioner kepada sampel melalui Google Form. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 27, yaitu uji normalitas data, linearitas, frekuensi jawaban responden, dan uji hipotesis dengan menggunakan korelasi Pearson, analisis regresi, dan koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukkan besaran pengaruh dari kegiatan X terhadap Y1 sebesar 34,7%, dan X terhadap Y2 sebesar 33,3%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa X memiliki signifikansi yang sedang terhadapY1danY2.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Book
Ardianto, Elvinaro dan Soemirat, Soleh. (2007), Dasar-Dasar Public Relations. Cetakan ketiga. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sumarwan, ujang (2004). Perilaku konsumen: Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Edisi pertama, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Setiadi, N. J. (2003). Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Ruslan, Rosady. (2005), Kiat dan Strategi Kampanye Public Relations.Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. (2006), Marketing Management. Twelfth Edition. New Jersey: Prentice Hall.
Mutasyakkirah, Balatif. 2018. Pengaruh Brand Image dan Product Knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Fashion Bangkok (Studi Pada One Eight Woman Jl.Dr.Mansyur No.80 Medan). Universitas Sumatera Utara. Repositori Institusi USU.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif (Alfabeta (ed.)).
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI. Jakarta : Rineka Cipta.
Singarimbun, Masridan Sofian Effendi (Editor). 2011. Metode Penelitian Survai. Cet. IV; Jakarta: LP3ES.
e-jurnal
Bandung Conference Series: Public Relations Vol. 3 No. 1 (2023), Hal: 359-365/https://doi.org/10.29313/bcspr.v3i1.7052.
Journal Communication Spectrum, Vol. 4 No. 1 Februari 2014 t Juli 2014.
Website
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/09/nike-merek-fesyen-olahraga-dengan-pendapatan-terbesar-di-2020
https://www.topbrandaward.com
http://eprints.mercubuana-yogya.ac.id/id/eprint/15478
DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v9i1.4276
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recomended Tools:
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.