STRATEGI HUMAS PEMERINTAH DALAM MEMBANGUN MINAT WISATA DI KABUPATEN SUMENEP PADA MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi humas pemerintah dalam membangun minat wisata di Kabupaten Sumenep selama masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Informan yang dipilih terdiri dari informan kunci, seperti Bupati, Kepala Dinas, dan pengelola media sosial. Peran humas pemerintah yang bertugas membangun minat wisata ialah berada di bawah tanggungjawab Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga. Kabupaten Sumenep sendiri sejak tahun 2018 telah membentuk program Visit Sumenep untuk membangun sektor pariwisata. Namun, sejak pandemi Covid-19 program tersebut tidak berjalan maksimal. Penelitian ini juga menemukan bahwa berbagai strategi humas pemerintah telah diterapkan dalam membangun minat wisata di Kabupaten Sumenep. Di antara strategi tersebut ialah, penggunaan instrumen media sosial, penyelenggaraan even atau festival wisata, kerjasama dengan POKDAWIS dalam membangun citra dan reputasi destinasi wisata. Namun, demikian, strategi tersebut masih terapat beberapa kendala yang perlu menjadi catatan bagi humas pemerintah dalam mengelola informasi dan komunikasi di sektor pariwisata Kabupaten Sumenep. Sejak pandemi Covid-19, instrumen komunikasi untuk mempromosikan objek wisata di Kabupaten Sumenep kurang maksimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bedford, J., Enria, D., Giesecke, J., Heymann, D L., Ihekweazu, C., Kobinger, G.,et al. (2020). “Covid-19: Towards Controlling of a Pandemi” dalam The Lancet.
Cutlip, S. M., Center, A. H., & Broom, G. M. (2005). Effective Public Relations (9th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson Prentice Hall.
Datta, Palto R.et.al. (2005). “Viral Marketing: New Form of Word-of-Mouth through Internet” dalam The Business Review, Cambridge, Volume 3, No. 2.
Dunan, Amri & Bambang Mudjiyanto. (2020). “The Republic of Indonesian Government Public Relations Communication Strategy In The Era of The Industrial Revolution 4.0” dalam Journal of Southeast Asian Studies, Volume 25.
Karta, N. L. P. A., & Suarthana, I. K. P. (2014). “Strategi Komunikasi Pemasaran Ekowisata Pada Destinasi Wisata Dolphin Hunting Lovina” dalam Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis dan Kewirausahaan, 8(1).
Lamb, W. Charles, ed. (2001).Pemasaran, Edisi Pertama. Jakarta : Salemba Empat.
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. (1992). Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta: UIP.
Muhyiddin. (2020). “Covid-19, New Normal dan Perencanaan Pembangunan di Indonesia” dalam The Indonesian Journal of Development Planning Volume IV No. 2.
Rahardjo, Mudjia. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif Konsep dan Prosedurnya. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Soekardijo, R. G. (2000). Anatomi Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Štefko, R., Kiráľová, A., & Mudrík, M. (2015). “Strategic Marketing Communication In Pilgrimage Tourism” dalam Procedia - Social and Behavioral Sciences.
Theaker, Alison. (2001).The Public Relations Handbook, 2nd edition. Oxfordshire : Routledge
DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v9i1.4278
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recomended Tools:
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.