ANALISIS PRESS RELEASE SEBAGAI STRATEGI KRISIS “PENCURIAN DATA INFORMASI PENGGUNA TOKOPEDIA”

Utama Putranto, Retno Intani, Mediana Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  strategi image repair atau perbaikan citra yang dilakukan Tokopedia pada kasus pencurian data informasi pengguna Tokopedia. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggunakan teori Image Repair atau perbaikan citra. Teknik untuk mengecek keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber data. Data penelitian mengacu pada 3 (tiga) rilis pers yang dipublikasikan melalui kanal pusat informasi media Tokopedia dan Kominfo serta hasil wawancara dengan ahli komunikasi Dr. Prasetya Yoga Santoso, M.M. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan strategi image repair untuk kategori denial sub kategori simple denial sangat dominan pada rilis pers pertama. Pada rilis pers kedua mulai digunakan strategi image repair untuk kategori reducing offensiveness sub kategori bolstering dan minimization dan juga kategori evading sub kategori good intention, namun kategori denial sub kategori simple denial masih tetap digunakan. Pada rilis pers ketiga Tokopedia secara konsisten menggunakan kategori corrective action sub kategori preventif dan juga menggunakan sub kategori corrective action.


Keywords


Image Repair; Strategi; Pencurian Data

Full Text:

PDF

References


Andipate, A. A. (2020). Paradigma Baru Public Relations Teori, Strategi, Dan Riset (1st ed.). Rajawali Pers.

Arbar, T. F. (2020). Bahaya Lain Dari Tokopedia di-Hack 91 Juta Data Bocor. Retrieved December 12, 2022, from https: //www.cnbcindonesia. com/tech/20200504094139-37-155966/bahaya-lain-dari-tokopedia-di-hack-91-juta-data-bocor

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Azizah, L.N. (2022). Apa Itu Paradigma Penelitian Beserta Jenis dan Terminologinya. Gramedia Blog.

Benoit, W.L. (2015). Accounts, Excuses, And Apologies Image Repair Theory And Research (2nd ed.). SUNY PRESS.

Bungin, B. (2017). Penelitian Kualitatif (2nd ed.). Kencana.

Butterick, K. (2018). Pengantar Public Relations Teori Dan Praktik. Rajawali Pers.

CNN indonesia. (2020). Kronologi Lengkap 91 Juta Akun Tokopedia Bocor Dan Dijual. Retrieved December 12, 2022, from https://www.cnnindonesia. com/teknologi/20200503153210-185-499553/kronologi-lengkap -91-juta-akun-tokopedia-bocor-dan-dijual

Doorley, J., & Garcia, H. F. (2015). Reputation Management, The Key To Successful Public Relations And Corporate Communication. Routledge.

Franedya, R. (2020). 91 Juta Data Pengguna Bocor, Tokopedia Digugat Rp 100 M. Retrieved December 12, 2022, from https: //www.cnbcindonesia.com/tech/20200507083340-37-156876 /91-juta-data-pengguna-bocor-tokopedia-digugat-rp-100-m/2

Kriyantono, R. (2018). Public Relations Issue & Crisis Management Pendekatan Critical Public Relations, Etnografi Kritis & Kualitatif (2nd ed.). Prenadamedia Group.

kumparan TECH. (2020). CEO Tokopedia Kirim Surat Untuk Pengguna: Akui Ada Kebocoran Data. Retrieved December 12, 2022, from https://kumparan. com/kumparantech/ceo-tokopedia-kirim-surat-untuk-pengguna-akui-ada-kebocoran-data-1tOpwV94rny

Lengkong, S., Sondakh, M., & Londa, J. W. (2017). Strategi Public Relations Dalam Pemulihan Citra Perusahaan (Studi Kasus Rumah Makan Kawan Baru Megamas Manado). Acta Diurna Komunikasi, Vol. 6 No.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif / penulis, Prof. DR. Lexy J. Moleong, M.A. PT Remaja Rosdakarya.

Muhtarom, A. (2022). Analisis Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan, Customer Relationship Marketing, Dan Kepercayaan Terhadap Peningkatan Penjualan Dimediasi Loyalitas Pelanggan Pada UMKM Ayam Potong Online Elmonsu. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, Vol 5 No 1. https://doi.org/ 10.36778/jesya.v3i1.66

Oliver, S. (2007). Strategi Public Relations: Seri Praktik PR. Erlangga.

Patrianti, T. (2020). Mengelola Citra Dan Membangun Reputasi: Studi Atas Peran Public Relations Di Universitas Muhammadiyah Jakarta. KAIS, Volume 1,.

Ramzy Hasibuan, M., & Irwansyah, I. (2020). Strategi Image Repair PT HM SAMPOERNA TBK pada peristiwa ‘karyawan pabrik Surabaya positif covid-19.’ Jurnal Komunikasi. https:// doi.org/10.20885/komunikasi. vol15.iss1.art1

Ruslan, R. (2014). Manajemen Public Relation Dan Media Komunikasi. Rajawali Pers.

Sari, W. P., & Soegiarto, A. (2021). Strategi Komunikasi Humas Pemerintah Daerah Dalam Mengimplementasikan Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Jurnal Communicology, Vol. 9 No.

Tokopedia. (2022). Perjalanan Tokopedia. Retrieved December 12, 2022, from https://www. tokopedia.com/about/




DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v9i2.4283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


 Indexed by:

        

Recomended Tools:

 



Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)

email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.