STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Garincha Utama Putra, Ibnu Hamad, Retno Intani

Abstract


Big Buster Burger adalah bisnis burger yang berlokasi di Tangerang Selatan , yang menjual burger dengan konsep fusion food  yaitu hidangan burger khas Amerika Serikat dipadukan dengan bumbu khas Internasional seperti Jepang, Korea, Perancis dan Indonesia. Tajamnya persaingan bisnis burger di Tangerang Selatan mendorong Big Buster Burger untuk membuat keputusan untuk menjaga eksistensi brand dan menarik perhatian publik demi peningkatan penjualan. Marketing Public Relations (MPR) menjadi jalan yang diambil oleh perusahaan untuk menjaga citra perusahaan dan meningkatkan kesadaran merk (brand awareness) pada publik,  serta dapat mendorong peningkatan penjualan. Dalam pelaksanaan kegiatan MPR, skema SOSTAC digunakan sebagai pedoman dalam menjalankan program MPR. SOSTAC adalah kependekan dari Situation analysis, Objective, Strategy, Tactic, Action, Control . SOSTAC adalah   skema digital marketing  yang umum digunakan untuk menganalisa dan memperluas bisnis perusahaan. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu studi kasus eksplanatori  dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah diperoleh yaitu  Big Buster Burger telah  melakukan kegiatan MPR yaitu “Ramadhan Bundling Project : Big Buster Burger x Es Bunenk” pada Ramadhan 2021 , dimana dua merek kuliner berkolaborasi dengan menjual produk bundling / paket guna menarik perhatian pelanggan khususnya di bulan Ramadhan. Dengan kegiatan kolaborasi ini, Big Buster Burger dapat menjaga image sebagai merk fusion burger di Tangerang Selatan dan meningkatkan brand awareness di mata publik.


Keywords


Hubungan Masyarakat Pemasaran; Kesadaran Merek; SOSTAC

Full Text:

PDF

References


Book & Online Journal

A, Shimp, Terence .(2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu, Jilid I ( edisi 5). Jakarta :Erlangga.

Abadi, Saka. (1994). Marketing Public relations : Upaya Memenangkan Persaingan melalui Pemasaran yang Komunikatif . Jakarta : Lembaga Management FE-UI.

Abd, Rachman Arief. (2005). Pengantar Ilmu Perhotelan dan Restoran.Yogyakarta :Graha Ilmu.

Amin, Gabriel Silalahi. 2003. Metode Penelitian dan Studi Kasus. Sidoarjo: CV

Amstrong, Gary & Kotler, Philip. (2012) . Dasar-Dasar Pemasaran Jilid I. Jakarta: Penerbit Prenhalindo.

Arifin, Zainal. (2011). Penelitian Pendidikan : Metode dan Paradigma Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya,.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Armstrong, Kotler .(2015).Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition. England : Pearson Education Inc

Arsyad, Andi Asy’hary J. & Ramlan, Muhammad . (2022). Iklim Komunikasi Organisasi Kantor Pelayanan Publik. Indramayu: Adab.

Berelson, B., Steiner, G. A. (1974). Human Behavior: An Inventory of Scientific Findings. Amerika Serikat: Harcourt, Brace & World.

Buchari Alma.(2007). Manajamen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta

Chaffey, D & & Smith, PR. (2008). E-marketing : Excellence. UK: Butterworth – Heinemann

Chaffey, Dave. (2015). Digital Business and E Commerce Management, 6th

Chaffey, Dave. 2002. E-Business and E-Commerce Management. Strategy, Implementation and Practice.Fourth Edition. Prentice Hall. Citra Media

Company Profile Big Buster Burger. 2023. Tangerang Selatan : Big Buster Burger

Coviello, N., Milley, R. and Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled

Danandjaja. (2011). Peranan Humas dalam Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Darmastuti, Rini. 2012. Media Relations: Konsep, Strategi & Aplikasi. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

David, F. R. (2010). Manajemen Strategi : Konsep. Jakarta: Salemba Empat edisi 12.

David, Fred R. (2005). Manajemen Strategis: Konsep. Jakarta : Salemba Empat

Durianto dkk. (2001).Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuisitas & Perilaku Merk. (n.d.). (n.p.): Gramedia Pustaka Utama.

Durianto, Darmadi dkk. (2001). Strategi Menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Edition. UK: Pearson Education.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT Citra Aditya Bakti. Bandung

Fithrah Ali, Dini S . 2017. Marketing Public Relations – Diantara Penjualan dan Pencitraan.Yogyakarta : Deepublish

Fleisher, Craig S. dan Babette E.B . (2007). Business And Competitive Analysis: Effective Application Of New And Classic Methods.FT Press

Gramedia. Metode Penelitian Studi Kasus : Metodologi,Jenis, dan Manfaatnya. (Diakses pada 14 November 2022. https://www.gramedia.com/literasi/studi-kasus/)

Henderi, Yusuf, M., & Graha, Y. (2007). Pengertian Media Sosial. Jakarta: Kencana.

Hermawan , Agus & Maulana, Adi . (2012). Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Erlangga,. interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing,(Vol.15 No. 4, pp. 18-33).

Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.

Kotler, Philip; Armstrong, Gary; Imam Nurmawan; Yati Sumiharti. (1997). Prinsip-Prinsip Pemasaran . Jakarta : Erlangga,.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Kullit, Gaby C . (2017). Strategi Public Relations Dalam Mempromosikan Kidzania Jakarta, 1–40

Laughlin, P. (2014). Holistic Customer Insight As an Engine of Growth. Journal of Direct, Data and Digital Marketing Practice, Vol. 16(2)

Maudi, E., & Susilowati. (2018). Strategi Koperasi Karya Mandiri Dalam Memperkenalkan Product Knowledge Melalui Event Gowes Pesona Nusantara. Jurnal Komunikasi,9(1),31–38.Retrieved from http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/3592

(Diakses pada 14 Juli 2023)

Moleong , Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Mulyadi. (2011). Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi.(2007).Sistem Perencanaan & Pengendalian Manajemen (ed.3) Koran. (n.d.). (n.p.): Penerbit Salemba.

N.,Nilam Ayu.,& Supranata, IKG. (2020). Strategy Marketing Public Relations Glad Coffee dalam Meningkatkan Brand Awareness. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Budi Luhur.

Nanus, Burt. (2001). Kepemimpinan Visioner. Jakarta : Prehalindo.

Nasrullah, Rulli. (2015). Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Pangestika, Nadia. 2018. Studi Aplikatif Peningkatan Penjualan Menu Kategori Puzzle dan Plowhorse Melalui Suggestive Selling

Prasetyo Wati dkk. (2020).Digital Marketing.Malang : Edulitera

Rangkuti, F. (1998). Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis. Indonesia: Gramedia Pustaka Utama.

Rogers, Everett M; Kincaid, D. Lawrence. (1981). Communication network : toward a new paradigm for research. New York : The Free Press.

Ruslan, Rosady. (2006). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi (Konsepsi dan Aplikasi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Ruslan, Rosady. (2010). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shannon, C. E., Weaver, W. (1998). The Mathematical Theory of Communication. Urbana: University of Illinois Press. Shimp, T. A. (2003). Periklanan Promosi. Erlangga.

Siswanto, H.B. (2005). Pengantar Manajemen. Jakarta : Bumi Aksara

Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia

Soekresno dan Pendit. (2010). Petunjuk Praktek Pramusaji Food & Beverage Service. Buku Panduan Sekolah Pariwisata dan Perhotelan. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Soekresno dan Pendit.(1998).Pramusaji Food & Beverage Service. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama

Stanton, W. J. (1986). Prinsip Pemasaran.Jakarta: Penerbit Erlangga.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.CV

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta

Suharto, Edi. (2010).Membangun Masyarakat Memberdayakan Rakyat. Bandung:Refika Aditama.

Wahid, Umaimah., & Eka P., Anggun. (2017). Efforts to Increase Brand Awareness PT. Gojek Indonesia Through Marketing Public Relations Activities (Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations). Jurnal Komunikasi, 9(1), 31–43.

Walgito, Bimo (2004). Pengantar Psikologi. Yogyakarta: Andi Offset.

Wardhani, Diah. (2008) . Media Relations: Sarana Membangun reputasi Organisasi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Wheeler, Alina. (2006). Designing Brand Identity : A Complete Guide to Creating

Wibisono, D. (2006). Manajemen kinerja: Konsep, Desain dan Teknik Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: Erlangga.

Williams, C. (2001). Manajemen. Edisi Pertama. Salemba Empat. Jakarta. Zahra, S. A. and Chaples, S. S. (1993). Blind spots in competitive analysis. Academy of Management Executive 7(2): 19-20.

Yulianita, Neni . (2007).Dasar-dasar Public Relations . P2U – LPPM UNISBA.

Website

Designs.History of Branding.Diakses pada 8 Agustus 2023, dari https://99designs.com/blog/design-history-movements/history-of-branding/#section1

Antevenio.2019.”What is The SOSTAC Methodology”. https://www.antevenio.com/usa/what-is-the-sostac-methodology/. Diakses 14 Juli 2023.

AT Internet. Glossary : Media Coverage. Diakses pada 16 Agustus 2023, dari https://www.atinternet.com/en/glossary/media-coverage/Bitlabs. Mengenal Instagram Bisnis dan Cara Mudah Membuatnya. Diakses pada 15 Agustus 2023, dari https://bitlabs.id/blog/cara-membuat-instagram-bisnis/

Connecticut History.( 2022, 5 Mei). Louis’ Lunch and the Birth of the Hamburger. Diakses pada 10 Agustus 2023, dari https://connecticuthistory.org/louis-lunch-and-the-birth-of-the-hamburger/

Crewdible. (2023, 2 Maret) . Analisis Kompetitor: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contoh. Diakses pada 16 Agustus 2023, dari https://crewdible.com/edukasi/topik/kembangkan-bisnis/analisis-kompetitor

Eat Your World. (2023). Louis' Lunch Hamburger Sandwich. Diakses pada 11 Agustus 2023, dari https://mobile.eatyourworld.com/destinations/united_states/connecticut/new_haven/what_to_eat/hamburger_sandwich

Everpro. (2023,10 Agustus). Instagram Business adalah? Ini Bedanya dengan Instagram Pribadi. Diakses pada 15 Agustus 2023,dari https://everpro.id/blog/instagram-business/

Glints. (2022, 23 November). 7 Jenis Branding untuk Menyukseskan Strategi Marketing Bisnismu. Diakses pada 8 Agustus 2023, dari https://glints.com/id/lowongan/jenis-jenis-branding/

History. (2020, 18 Mei). When Did People Start Eating in Restaurants?. Diakses pada 11 Agustus 2023, dari https://www.history.com/news/first-restaurants-china-france

Indeed. (2023, 11 Maret). SWOT Matrix: Definition, Benefits and Uses (With Example). Diakses pada 16 Agustus 2023, dari https://www.indeed.com/career-advice/career-development/swot-matrix

Instagram. (2023). Dalam Encyclopedia Brittanica. Diakses 14 Agustus 2023, dari https://www.britannica.com/topic/Instagram.

Kumparan. (2022, 25 Oktober). Ini Restoran Cepat Saji Pertama di Dunia, Sudah Berusia Lebih dari 100 Tahun. Diakses pada 10 Agustus 2023, dari https://kumparan.com/kumparanfood/ini-restoran-cepat-saji-pertama-di-dunia-sudah-berusia-lebih-dari-100-tahun-1z7OVGssU0A/full

Majoo. Mengenal Analisis SWOT dan Contoh Penerapannya. Diakses pada 9 Agustus 2023, dari https://majoo.id/blog/detail/mengenal-analisis-swot-dan-contoh-penerapannya

Marketeers. (2022, 28 Desember). Apa itu Marketing? Kenali Evolusi Marketing 1.0 hingga Marketing 5.0 . Diakses pada 10 Agustus 2023, dari https://www.marketeers.com/apa-itu-marketing-kenali-evolusi-marketing-1-0-hingga-marketing-5-0/

Maryville Edu. (2023). Diakses pada 14 Agustus 2023, dari https://online.maryville.edu/blog/evolution-social-media/

McDonalds. (2023). Dalam Encyclopedia Brittanica. Diakses 10 Agustus 2023, dari https://www.britannica.com/topic/McDonalds

Restomart (2019,25 September).5 Macam Jenis Restoran yang Harus Kalian Tahu. Diakses pada 11 Agustus 2023, dari https://restomart.com/5-macam-jenis-restoran-yang-harus-kalian-tahu/

Skyword. (2017, 11 Agustus). Mengenal Analisis SWOT dan Contoh Penerapannya. Diakses pada 8 Agustus 2023, dari https://www.skyword.com/contentstandard/branding-brief-history/

Smart Insights. (2023, 19 Juli). How to use SWOT/TOWS for prioritization: Our actionable SWOT analysis template.

(Diakses pada 16 Agustus 2023, dari https://www.smartinsights.com/marketplace-analysis/swot-analysis/swot-analysis/)

Stickearn. Mengenal Consumer Insight dalam Meningkatkan Penjualan. Diakses pada 16 Agustus 2023, dari https://stickearn.com/insights/blog/customer-insight

Toba.AI. (2023). Diakses pada 14 Agustus 2023, dari https://toba.ai/blog/6-fitur-instagram-populer-yang-kamu-harus-tahu/

What’s Cooking America. History and Legends of Hamburgers. Diakses pada 9 Agustus 2023, dari https://whatscookingamerica.net/history/hamburgerhistory.htm




DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v9i2.4284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


 Indexed by:

        

Recomended Tools:

 



Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)

email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.