PENGARUH PESAN, KAMPANYE DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MODERASI BERAGAMA PADA KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN BOGOR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pesan, kampanye dan religiusitas secara bersama-sama terhadap moderasi beragama pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survey dengan paradigma penelitian positivisme. Sampel diambil dengan teknik sampling jenuh atau sensus, sedangkan instrumen pengumpulan data penelitian untuk variabel pesan, kampanye dan religiusitas serta moderasi beragama menggunakan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 82 orang responden yang berasal dari seluruh ASN di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bogor. Dari hasil penelitian didapatkan kesimpulan, sebagai berikut: Pertama, terdapat pengaruh yang sangat kuat dan signifikan antara pesan terhadap moderasi beragama dengan nilai korelasi sebesar 0,810 dan koefisien determinasi sebesar 0,656 atau 65,6%. Kedua, terdapat pengaruh yang sangat kuat dan signifikan antara kampanye terhadap moderasi beragama dengan nilai korelasi sebesar 0,890 dan koefisien determinasi sebesar 0,791 atau 79,1%. Ketiga, terdapat pengaruh yang sangat kuat dan signifikan antara religiusitas terhadap moderasi beragama dengan nilai korelasi sebesar 0,803 dan koefisien determinasi sebesar 0,645 atau 64,5%. Keempat, terdapat pengaruh yang sangat kuat dan signifikan antara pesan, kampanye dan religiusitas secara bersama-sama terhadap moderasi beragama dengan nilai korelasi sebesar 0,897 dan koefisien determinasi sebesar 0,805 atau 80,5%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Buku
Abu-Nimer, M. (2010). Nirkekerasan dan Bina Damai Dalam Islam: Teori dan Praktik. Jakarta: Pustaka Alfabet.
Algifari. (2010). Analisis Regresi: Teori, Kasus dan Solusi. Yogyakarta: BPFE.
Ancok dan Suroso. (2010). Psikologi Islami. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Anwar, Yesmil dan Adang (2008). Pengantar Sosiologi Hukum. Jakarta: Grasindo.
Ash-Salibi, A.M. (2001). al-Wasatiyyah fî al-Qur’an, Cet. Ke-1. Kairo: Maktabat at Tabi’iin, 1422.
Crapps, R.W. (2000). Dialog Psikologi dan Agama, Sejak William James Hingga Gordon W. Allport. Terjemahan. Yogyakarta: Kanisius.
Creswell, J.W. (2013). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed) Edisi Revisi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Devito, J. A. (2011). Komunikasi Antar Manusia. Tangerang Selatan: Karisma Publishing Group.
Earnshaw, E.L. (2000). Religious Orientation and Meaning in Life: An Exploratory Study. 9.
Effendy, Onong Uchjana. (2013). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Gudykunst, William B & Mody, Bella. (2002). Handbook of International and Intercultural Communication. 2nd edition. London: Sage Publication, Inc.
Gun gun, Heryanto dan Ade Rina Farida. (2011). Komunikasi Politik. Jakarta: Lembaga Penelitian UIN Syarif Hidayatullah.
Harun, R. (2012). Komunikasi Organisasi. Bandung: CV Mandar Maju.
Hasan, E. (2010). Komunikasi Pemerintahan. Bandung: PT Refika Aditama.
Imawan, Riswanda. (2011). Praktek Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jalaludin, Rahmat. (2015). Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jefkins, F. (2010). Public Relations Edisi Kelima. Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2019). Moderasi Beragama.
Liliweri, Alo. (2011). Komunikasi Antar Personal. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Lusiana, Yusida, et al. (2017). Bunga Rampai Komunikasi Indonesia. Yogyakarta: Buku Litera.
McQuail, Dennis and Sven Windahl. (2000). Communication Models: For The Study of Mass Communication. 2nd Edition. New York: Longman Inc.
Misrawi, Zuhair. (2010). Pandangan Muslim Moderat, Toleransi Terorisme dan Oase Perdamaian. Jakarta: Kompas Media Nusantara.
Morrisan. (2011). Teori Komunikasi Organisasi. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mufid, Muhammad. (2012). Etika dan Filsafat Komunikasi. Jakarta: Kencana.
Mulyana, Deddy. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustaqim, A., & Baratullah, B.M. (2020). Moderasi Beragama Sebagai Paradigma Resolusi Konflik. Yogyakarta: Lintang Books.
Nimmo, Dan. (2011). Komunikasi Politik: Pesan dan Media. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pace, R. W., & Faules, D. F. (2013). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Penerjemah: D. Mulyana. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Panuju, R. (2018). Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi: Komunikasi Sebagai Kegiatan Komunikasi Sebagai Ilmu. Jakarta: Kencana.
Ruslan, Rosady. (2014). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Salim, Agus. (2006). Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Supranto, J. (2011). Statistik Teori Aplikasi. Edisi 5. Jakarta: Erlangga.
Suprapto, T. (2010). Ilmu Komunikasi: Teori dan Perkembangannya. Yogyakarta: MMTC Press.
Surakhmad, Winarno. (2010). Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar, Dasar-Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung: Tarsito.
Sutaryo. (2012). Sosiologi Komunikasi. Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.
Turner, L. H., & West, R. (2010). Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi Jilid 2. Jakarta: Masalemba.
Uyanto. Stanislaus. (2016). Pedoman Analisis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Widjaja, HAW. (2010). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.
Yamin, Sofyan dan Kurniawan Heri. (2012). SPSS Complete: Tekhnik Analisis Statistik Terlengkap dengan Software SPSS. Jakarta: Salemba Infotek.
Dokumen
Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2002 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme.
Jurnal/Artikel
Abror, M. (2020). Moderasi Beragama Dalam Bingkai Toleransi. Rusydiah: Jurnal Pemikiran Islam. 1(2), 143-155.
Aini, N., & Aulia, I. (2022). Melawan Intoleransi dan Ekstremisme Media Sosial: Inovasi Kampanye Moderasi Beragama Kanal Youtube LABPSA TV. Jurnal Sosiologi Agama Indonesia (JSAI). 3(1), 69-81.
Akhmadi, A. (2019). Moderasi Beragama Dalam Keragaman Indonesia. Jurnal Diklat Keagamaan, 13(2), 45-55.
Almu’tasim, A. (2019). Berkaca NU dan Muhammadiyah dalam Mewujudkan Nilai-Nilai Moderasi Islam di Indonesia. TARBIYA ISLAMIA: Jurnal Pendidikan dan Keislaman. 8(2), 199-212.
Arenggoasih, W., & Wijayanti, C.R. (2020). Pesan Kementerian Agama Dalam Moderasi Melalui Media Social Instagram. Jurnal Jurnalisa, 6 (1).
Dianto, I. (2021). Moderasi Beragama melalui Film Animasi: Peluang dan Tantangan pada Generasi Digital. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 5(2), 93-108.
Dokta, E.F.L. (2021). Hubungan Tipe Kepribadian Dengan Tingkat Religiusitas Siswa di SMP IT Baitul Jannah Bandar Lampung. Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung.
Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. Intizar, 25(2), 95-100.
Hamdi, S., Munawarah, M., dan Hamidah, H. (2021). Revitalisasi Syiar Moderasi Beragama di Media Sosial: Gaungkan Konten Moderasi Untuk Membangun Harmonisasi. Intizar, 27(1), 1-15.
Hanafi, Mukhlis M. (2013). Moderasi Islam. Ciputat: Ikatan Alumni Al-Azhar dan Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ).
Munir, M.B., & Herianto, H. (2020). Tingkat Pemahaman Moderasi Beragama Serta Korelasinya Terhadap Pengaruh Kesehatan Mental, Keaktifan Berorganisasi dan Prestasi Akademik. Prosiding Nasional, 3, 137-150.
Pfau, Michael dan Roxanne Parrot. (2000). Persuasive Communication Campaign. Allyn and Bacon: Massachussets.
Pokja IMA. (2019). Implementasi Moderasi Beragama dalam Pendidikan Islam, Jakarta: Kelompok Kerja Implementasi Moderasi Beragama Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.
Pratiwi, Putri Septi, Mia Putri Seytawati, Ahmad Fauzan Hidayatullah, Ismail Ismail, and Tafsir Tafsir. (2021). Moderasi Beragama Dan Media Sosial (Studi Analisis Konten Instagram & Tik-Tok). Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 6(1), 83.
Rozikan, M.Z. (2019). Pengaruh Religiusitas Dan Tanggung Jawab Sosial Terhadap Etos Kerja Islami Pada Karyawan Lembaga Filantropi. Jurnal Pendidikan Islam, 20(2), 191-209.
Safiri, R.B. (2021). Menangkal Gerakan Radikalisme di Kalangan ASN Melalui Pemahaman Nilai-Nilai Bela Negara (Determining the Movement of Radicalism in ASN Through Understanding the Values of State Martial). SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(2), 81¬87.
Sutrisno, E. (2019). Actualization of Religion Moderation in Education Institutions. Jurnal Bimas Islam, 12(2), 323-348.
Syahid, Ahmad. (2003). Riuh di Beranda Satu: Peta Kerukunan Umat Beragama di Indonesia. Jakarta: DEPAG RI.
Ummah, A.H. (2021). Religiusitas Perempuan Milenial Bercadar di Tengah Fenomena Radikalisme-Terorisme. Harmoni, 20(1), 1-15.
Umam, R.N.U. (2021). Aspek Religiusitas dalam Pengembangan Resiliensi Diri di Masa Pandemi Covid-19. SANGKéP: Jurnal Kajian Sosial Keagamaan, 4(2), 148-164.
Utomo, S., Heriansyah, D., Mauizah, A. Z., Apriliani, D.R., & Ruslan, I. (2021). Efektivitas Kampanye Moderasi Beragama Berbasis Whatsapp Group pada Masyarakat Desa. Jurnal Riset Agama, 1(3), 64-78.
Wibowo, A. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam di Era Digital. Jurnal Islam Nusantara, 3(2), 339-356.
Widodo, P., & Karnawati, K. (2019). Moderasi Agama dan Pemahaman Radikalisme di Indonesia. PASCA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 15(2), 9-14.
Yanuarti, E. (2018). Pengaruh Sikap Religiusitas Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Masyarakat Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Curup, 3(1).
DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v10i1.4303
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recomended Tools:
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.