STRATEGI KOMUNIKASI BERBASIS DESIGN THINKING PADA KEGIATAN PYP (PRIMARY YEARS PROGRAMME) EXHIBITION SEKOLAH CIKAL, JAKARTA

Donny Dharmawan, Rudy Harjanto, Hendri Prasetya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran implementasi dan kendala yang dihadapi terkait implementasi strategi komunikasi berbasis design thinking pada kegiatan PYP (Primary Years Programme) Exhibition (Studi Kasus : Sekolah Cikal Cilandak, Jakarta). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini meneliti strategi komunikasi berbasis design thinking pada kegiatan PYP untuk diperoleh pemahaman proses komunikasi guru kepada siswa agar Siswa Kelas 6 berpikir induktif secara mendalam, dengan catatan lapangan, wawancara, terstruktur, mendalam. Hasil Penelitian didapat implementasi strategi komunikasi berbasis design thinking pada kegiatan PYP (Primary Years Programme) Exhibition yang telah diterapkan guru sudah baik dimana guru sebagai komunikator telah memiliki komponen-komponen penting dalam komunikasi pembelajaran yaitu Credibility sebagai teman untuk berdiskusi; Capability dalam kecakapan berkomunikasi, penyampaian instruksi yang jelas dimengerti; Clarity yang menekankan pada kejelasan dan ketepatan ucapan; Symphaty yang memadukan ketulusan, kesabaran dan kegembiraan; Enthusiasity saat berkomunikasi penting sehingga siswa merasa ikut bersemangat mengikuti instruksi. Pesan yang disampaikan guru dengan mengarahkan pada metode Design thinking dimana siswa memikirkan menyelesaikan masalah dengan kolaborasi proses proses sistematis yang berpusat pada manusia (human centered) melalui rencana yang bertahap sudah terrencana dengan baik. Media yang digunakan disesuaikan dengan produk yang dihasilkan dari project siswa. Peneriman pesan dalam hal ini siswa aktif menikmati pembelajaran dan kecintaan terhadap pembelajaran ini dipertahankan sepanjang hidup mereka, berpengetahuan luas serta pemikir. Efek yang didapatkan antara lain yaitu efek kognitif; efek Afektif, serta efek konatif. Untuk kendala yang dihadapi antara lain kendala teknis dalam pencarian data, kendala siswa dengan daya pikir yang belum berkembang, emosional dan antuasiasme yang naik turun mempengaruhi keberlanjutan project mereka.


Keywords


Komunikasi; Pemikiran Desain; Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Aini, H., & Haq, M. S. (2020). Implementasi Kurikulum Cikal 5 Stars Competencies Dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Di SMP Cikal Surabaya. Implementasi Kurikulum Cikal 5 Stars Competencies Dalam Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Di SMP Cikal Surabaya. Surabaya: UNESA - Fakultas Ilmu Pendidikan - Jurusan S1 Manajemen Pendidikan.

Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum Di Indonesia. Nur El-Islam, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2014, 48-58.

Amaliyah, N. (2017). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Ips Melalui Model Inkuiri Dan Pendekatan Transdisipliner Berbasis International Baccalaureate-Primary Years Program : Penelitian Tindakan pada Kelas IV SDN Dr. Cipto Kota Bandung. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Ardhanariswari, K. A., & Nugraheni, S. R. (2018). The Application Of Design Thinking Learning In International Community Outreach By Collaborative Approach, Empathy And Local Culture. INTERNATIONAL CONFERENCE ON GLOBAL EDUCATION VI (pp.1011-1019). Penang: Faculty of Education Universiti Kebangsaan Malaysia.

Aryanto, S., Widiansyah, A., & Markum, M. (2020). Peningkatan Kemampuan Berprikir Kreatif Dalam Pembuatan Sastra Anak Berbasis Ecopreneurship Melalui Implementasi Design Thinking. Educational Journal of Bhayangkara (EDUKARYA) Vol. 1 No. 1 (2020): Mei 2020 , 43-50.

Aziz, A. Z. (2015). Manajemen Berbasis Sekolah: Alternatif Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah. Jurnal eL-Tarbawi, 69-92.

Aziz, Abdul (2017). Komunikasi Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam. Jurnal Mediakita : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. Vol. 1 No. 2 (2017).

Burhanuddin, A. (2014). Implementasi Teori Belajar KOnstruktivistik dalam Pembelajaran. 35–103.

cikal.co.id. (2021). From cikal.co.id: https://www.cikal.co.id/

Citraningsih, D. (2021). Tujuan dan Manajemen Pendidikan Dalam Perspektif

K.H. Ahmad Dahlan, ŚALIĤA | Vol. 4 No. 2 Juli 2021, 171-185.

Dalsgaard. (2014). Pragmatism and design thinking. International Journal of Design, 8(1), 143-155.

Fauzi, A. H., & Sukoco, I. (2019). Konsep Design Thinking pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartnesia Educa. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi Vol. 02 No. 01, 2019, 37-45.

Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Penggunaan Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja). Cakrawala, 18(2), 171–178. Retrieved from doi: https://doi.org/10.31294/jc.v18i2

Glinski, P. (2012). Design Thinking And The Facilitation Process.

Collaborative Design Workshop.

glitzmedia.co. (2020, 02 01). Kreatif, Sekolah Cikal Usung Program PYP, Sebuah Pameran Karya dari Murid kelas 5. From glitzmedia.co: https://glitzmedia.co/post/parenting/motherhood/kreatif-sekolah- cikal-usung-program-pyp-sebuah-pameran-karya-dari-murid-kelas- 5

Haryanto, Edy. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangannya. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sebagai Media Pembelajaran. Yogyakarta: Andi

haibunda.com. (2019, 02 14). PYP Exhibition, Ajang Pembuktian Kreativitas Anak SD di Bidang Sains. From haibunda.com: https://www.haibunda.com/parenting/20190214160137-61- 32334/pyp-exhibition-ajang-pembuktian-kreativitas-anak-sd-di- bidang-sains

ibo.org. (2021). ibo.org. From https://www.ibo.org/: https://www.ibo.org/ Ingle, B. R. (2013). Design Thinking for Entrepreneurs and Small

Businesses: Putting the . New York: Apress.

Kijima, R., Yang-Yoshihara, M., & Sadao Maekawa, M. S. (2021). Using Design Thinking to Cultivate the Next Generation of Female STEAM Thinkers. International Journal of STEM Education, 8, Article No. 14.

kemdikbud.go.id. (2021). Jumlah Data Satuan Pendidikan (Sekolah) Per Provinsi : Prov. D.K.I. Jakarta. From kemdikbud.go.id: https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?kode=010000 &level=1

Kurniati, Desak Putu Yuli. (2016). Model Komunikasi Verbal dan Non Verbal. Universitas Udayana.

Mardika, I. N. (2012, 11 17). Konektivisme Sebagai Alternatif Teori Belajar di Abad Digital. From infodiknas.com: http://www.infodiknas.com/konektivisme-sebagai-alternatif-teori- belajar-di-abad-digital.html

Muallimah, Hadah. (2021). Kajian Penerapan Strategi Komunikasi AISAS Terhadap Perancangan Desain Komunikasi Visual. Kreatif : Jurnal Karya Tulis, Rupa, Eksperimental dan Inovatif. Vol. 3 No. 2 (2021)

Mursyidah, A., Aknuranda, I., & Az-Zahra, H. M. (2019). Perancangan Antarmuka Pengguna Sistem Informasi Prosedur Pelayanan Umum Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 4, p. 3931- 3938, Feb. 2019, 3931-3938.

Muslim. (2018). Varian-Varian Paradigma, Pendekatan, Metode, Dan Jenis Penelitian Dalam Ilmu Komunikasi. Wahana, Vol. 1, No. 10, 77-85.

Nirbita, Betanika Nila & Widyaningrum, Bakti. (2022). Komunikasi Pendidikan. Bayfa Cendekia Indonesia. Nisa, Hoirun. (2022) Komunikasi Yang Efektif Dalam Pendidikan Karakter. UNIVERSUM : Jurnal KeIslaman Dan Kebudayaan, 10(01), 49–63. Retrieved from https://jurnalfuda.iainkediri.ac.id/index.php/universum/article/view/740 (Original work published November 28, 2022).

Noviadji, B. R., & Hendrawan, A. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi Sebagai Media Pengenalan Bidang Keilmuan Desain. Jurnal

Desain Vol.8, No.2, Januari 2021, pp. 103-121, 103-121.

Nugrahani, F., & Hum, M. (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.

Nusyirwan, D. (2018). Design Thinking Sebagai Bridge of Innovation Perguruan Tinggi dan Industri di Jurusan Teknik Elektro Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH). Jurnal Sustainable: Jurnal Hasil Penelitian dan Industri Terapan : Vol 7 No 2 (2018), 86-94.

Root-Bernstein, R., & Root-Bernstein, M. (2017). People, Passions, Problems: The Role of Creative Exemplars in Teaching for Creativity. In R. Beghetto, & B. Sririman (Eds.), Creative Contradictions in Education (143-164). Springer.

Pribady, I. Y. (2018). The Appraisal of the Teacher‟s Talk to Enhance Students‟ Critical. E-Structural Vol. 1 No. 2, 101-122.

Priyadi, R. (2017). Manajemen Pembelajaran International Baccalaureate Primary Years Programs In Surabaya Intercultural School. Jurnal Manajerial Bisnis Volume 1, Nomor 1,Agustus –November 2017, 86 -102.

Purnomo, Ci Hadi. (2016). Manajemen Pembelajaran Kurikulum International Baccalaureate Primary Years Programme Di Sd Ciputra Surabaya. Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.

Rahardjo, M. (2018). Paradigma Interpretif. Paradigma Interpretif. Malang: Sekolah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Ramadhani, L., Purnamasari, I., & Amijaya, F. D. (2018). Penerapan Metode Complete Linkage dan Metode Hierarchical Clustering Multiscale Bootstrap (Studi Kasus: Kemiskinan Di Kalimantan Timur Tahun 2016). Jurnal EKSPONENSIAL Volume9, Nomor1, Mei 2018, 1-10.

Ridha, N. (2017). Proses Penelitian, Masalah, Variabel Dan Paradigma Penelitian. Jurnal Hikmah, Volume 14, No. 1, Januari – Juni 2017, ISSN :1829-8419 , 62-70.

Design Thinking Dalam Membangun Inovasi Model Bisnis Perusahaan Percetakan. AGORA, JURNAL MAHASISWA MANAJEMEN BISNIS Vol 4, No 1 (2016) , 833-844.

Sari, I. P., Kartina, A. H., Pratiwi, A. M., Oktariana, F., Nasrulloh, M. F., & Zain, S. A. (2020). Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru. Jurnal Pendidikan Multimedia Vol. 2, No. 1 (2020), pp. 45–55.

scholae.co. (2020, 01 30). Murid-Murid Sekolah Cikal Tunjukkan Hasil Merdeka Belajar. From scholae.co: https://www.scholae.co/web/read/2660/muridmurid.sekolah.cikal. tunjukkan.hasil.merdeka.b

Septiningsih, Wuri. (2017). Perancangan Desain Komunikasi Visual Filosofi Surjan Jogja Menggunakan Metode Design Thinking. INVENSI (Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni). Vol 2, No 1 (2017)

Setiadi. (2013). Konsep dan praktek penulisan riset keperawatan (Ed.2). Yogyakarta: Graha Ilmu.

shiftindonesia.com. (2020, 07 8). Mengapa Design Thinking Sangat Populer Akhir-akhir Ini? From shiftindonesia.com: http://shiftindonesia.com/mengapa-design-thinking-sangat- populer-akhir-akhir-ini/

Sihotang, H., & Datrix, S. (2018). Character education in schools implementing national curriculum and international baccalaureate. Teraputik (Jurnal Bimbingan dan Konseling) Volume 1 Number 3 (2018), 192-201, 192-201.

Silaen, A. F. (2019). Strategi Pengembangan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa International Baccalaureate (Ib) Dalam Pembelajaran Matematika Program Sekolah Dasar (PYP). Prosiding Seminar Nasional Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Vol 3 Tahun 2019, hal 731 - 734 (pp. 731 - 734). Medan: Universitas Negeri Medan.

Sugiyatmi, S. (2012). Kepemimpinan Kepala Sekolah Di SD Gugus Asmorodono Kecamatan Jebres (Studi Multi Situs di SD Negeri Sibela Timur dan SDIT Lukman Hakim). Surakarta : Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. From http://pendis.kemenag.go.id/file/dokumen/uuno20th2003ttgsisdik nas.pdf

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprobo, F. P. (2012). Penerapan Design Thinking dalam Inovasi Pembelajaran Desain dan Arsitektur. Seminar Nasional-Menuju Arsitektur berEmpati (Dies 45 Jurusan Arsitektur Universitas Kristen Petra) (pp. 509-517). Surabaya: Jurusan Arsitektur Universitas Kristen Petra.

Suryahadikusumah, A. R., & Sari, K. (2020). Design Thinking To Support The Innovative Culture . JOMSIGN: Journal of Multicultural Studies in Guidance and Counseling Volume 4, No.2, September 2020: Page 64-75, 64-75.

Syahrul, Y. (2019). Penerapan Design Thinking Pada Media Komunikasi Visual Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru Stmik Palcomtech Dan Politeknik Palcomtech. JURNAL BAHASA RUPA VOL. 2 NO. 2 (2019): , 109-117.

Tresnawati, F. (2013). Studi Komparatif Tentang Tata Kelola Implementasi Kurikulum Nasional 2013 Dan Kurikulum International Baccalaureate. Studi Komparatif Tentang Tata Kelola Implementasi Kurikulum Nasional 2013 Dan Kurikulum International Baccalaureate. Bandung: Universitas Pasundan.

Utomo, Tri Noviyanto P., & Indrawan, Stephanus Evert. (2015). Integrated Learning Model in Product Design Studies based on Design Thinking and Business Model Canvas. The 3rd International Conference on Creative Industry, Bali – Indonesia, 11-12 August 2015.

Varner, E. L. (2010). So, You Want to Be an International Baccalaureate School, Eh? An Introduction to the International Baccalaureate. Createspace Independent Publishing Paltform.

Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi. Jurnal Diakom, Vol. 1 No. 2, Desember 2018:83-90, 83-90.

Wisman, Yossita. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Nomosleca. Volume 3, Nomor 2, Oktober 2017, 646-654.

Zulfiandri, M. I., & Prasetyo, N. A. (2018). Adaptasi Sistem Pendidikan International Baccalaureate dan Liberal Arts Education serta Penerapan Statistical Thinking guna Menghasilkan Human Capital yang Kompeten untuk Memenangkan Era Ekonomi Digital. Conference: COMPETITION OF NATIONAL ECONOMIC RESEARCH & INNOVATION PAPERS 2018. Semarang: Universitas Diponegoro.




DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v10i1.4304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


 Indexed by:

  

Recomended Tools:

 



Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)

email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.