STRATEGI KOMUNIKASI PT ANGKASA PURA I DALAM MEMBANGUN KEPERCAYAAN PUBLIK MENGGUNAKAN JASA PENERBANGAN MELALUI KAMPANYE ‘TERBANG LAGI’
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas komunikasi yang dilakukan PT Angkasa Pura I dalam membangun membangun kepercayaan publik untuk kembali menggunakan jasa penerbangan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui tahapan-tahapan dalam pelaksanaan kampanye 'Terbang Lagi'. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui key message serta pemilihan media yang digunakan dalam membangun kepercayaan publik untuk kembali menggunakan jasa penerbangan udara.Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, untuk memberikan informasi dengan mendalam, detail, intensif, holistik, dan sistematis tentang kejadian.. Hasil penelitian diperoleh bahwa dalam membangun kepercayaan publik melalui kampanye 'Terbang Lagi', PT Angkasa Pura I menyampaikan pesan informasi (key message) yang mampu menjawab kekhawatiran masyarakat terhadap Covid-19, yaitu dengan menciptakan rasa aman, nyaman, dan kemudahan bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan udara. Dalam penyampaian informasi tersebut, PT Angkasa Pura I membaginya ke dalam tiga kegiatan, yaitu publikasi melalui pemberitaan, community engagement, dan penggunaan media sosial. Masing-masing aktivitas tersebut memiliki taktik yang berbeda-beda dalam membangun kepercayaan publik untuk kembali menggunakan jasa penerbangan di masa pandemi Covid-19.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrachman, Oemi. 2001. Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Citra Aditya Bakti.
Arifin, Anwar. 2011. Strategi Komunikasi. Bandung: Armindo.
Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bachmann, Reinhard & Zaheer, Akbar. 2006. Handbook of Trust Research. Jakarta: Erlangga.
Barnes, J. G. 2003. Secret of Customer Relationship Management (Rahasia Manajemen Hubungan Pelanggan). Yogyakarta: Andi.
Brown, Duncan & Hayes, Nick. 2008. Influencer Marketing: Who Really Influences Your Customers?. UK: Butterworth-Heinemann.
Dajan, Anto. 1991. Pengantar Metode Statistik II. Jakarta: Penerbit LP3ES.
Effendy, Onong U. 2017. Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Eriyanto. 2011. Analisis Isi: Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu. Jakarta: Prenadamedia Group.
Faturochman. 2000. Dinamika Psikologis dan Sosial Kepercayaan (Tantangan Psikologi Menghadapi Milenium Baru). Yogyakarta: Yayasan Pembina Fakultas Psikologi UGM.
Gurviesz, A., & Korchia, M. 2011. Proposal for Multidimensional Brand Trust Scale. 32nd Emac-Conference. Glasgow: Emac
Gregory, Anne. 2004. Perencanaan dan Manajemen Kampanye Public Relations. Jakarta: PT Glora Aksara Pratama.
Hidayat, Dedy N. 2003. Paradigma dan Metodologi Penelitian Sosial Empirik Klasik. Jakarta: Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia.
Jasfar, Farida. 2009. Manajemen Jasa, Pendekatan Terpadu. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Juni, Donni. 2017. Perilaku Konsumen: Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: CV Alfabeta.
Kanaidi. 2011. Dasar-Dasar Periklanan: Daya Pikat Pesan Iklan dan Manfaat Ambient Media sebagai Terobosan dalam Periklanan. Bandung: Politeknik Pos Indonesia.
Kasali, Rhenald. 2018. Manajemen Public Relations. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Kotler, Philip, & Keller, Kevin Laner. 2013. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Mayer, Roger C, Davis, James H, & Schoorman, F. David. 1995. An Integrative Model of Organizational Trust. The Academy of Management Review, Vol. 20, No. 3.
McGuire, W. J. 2001. Theoritical Foundations of Campaign. Dalam C. K. Atkin, & W. J. Paisley, Public Communication Campaigns Third Edition. London: SAGE Publication.
Mintzberg, Henry & Quinn, James Brian. The Strategy Process: Concepts, Contexts and Cases. Nw Jersey: Prentice Hall International.
Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moorman, Christine, Deshpandé, Rohit, & Zaltman, Gerald. 1993. Factors Affecting Trust in Market Research Relationships (Journal of Marketing Vol. 57).
Mowen John C. & Michael Minor. Perilaku Konsumen (Edisi Kelima Jilid 2). Jakarta: Erlangga
Mulyana, Deddy. 2017. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nazir, Muhammad. 2014. Metode Penelitian. Jakarta: PT. Galia Indonesia.
Ningsih, Ekawati Rahayu. 2010. Perilaku Konsumen: Pengembangan Konsep dan Praktek Dalam Pemasaran. Kudus: Nora Media Enterprise.
Oliver, Sandra. 2007. Strategi public relations. Jakarta: Erlangga.
Patton, M.Q. 2002. Qualitative Research & Evaluation Methods (Third Edition). California: Sage Publications.
Putra, I Gusti Ngurah. 2008. Manajemen Hubungan Masyarakat (Edisi 2). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Rakhmad, Jalaludin. 2012. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya
Robbins, Stephen P & Mary Coulter. 2016. Manajemen, Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: Erlangga
Ruslan, Rosady. 2018. Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Severin, Werner J & Tankard Jr, James W. 2014. Teori Komunikasi: Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa - Edisi Kelima. Jakarta: Kencana Persada.
Simmons, Robert E. 1990. Communication Campaign Management: a System Approach. London: Longman.
Smith, Ronald D. 2005: Strategic Planning for Public Relations. London: Laurence Erlbaum Associates Publisher.
Sobur. 2012. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Supranto, J. 2018. Teknik Sampling untuk Survei dan Eksperimen. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta.
Sunarto. 2009. Manajemen Pemasaran 2. Yogyakarta: Aditya Media.
Venus, Antar. 2018. Manajemen Kampanye, Panduan Teoritis dan Praktis dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Yin, Robert K. 2019. Studi Kasus: Desain dan Metode. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sumber lain:
Hanindharputri, Made Arini & Putra, I Komang AM. 2019. Peran Influencer dalam Strategi Meningkatkan Promosi dari Suatu Brand (Seminar Nasional Sandyakala 2019).
Hariyanti, Novi T & Wirapraja, Alexander. 2018. Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern (Sebuah Studi Literatur). Jurnal Eksekutif Volume 15.
Maharani, A.D. 2010. Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Bank Mega Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro (tidak diterbitkan).
Porumbescu, Greg, Jungho Park, Peter Oomsels. 2013. Building Trust: Communication And Subordinate Trust In Public Organizations.
Liu, Zhan, Jialu Shan, Mattieu Delaloye, Piguet Jena-Gabriel. 2020. The Role of Public Trust and Media in Managing the Dissemination of COVID-19-Related News in Switzerland.
Raunak, Ramit, Nishant Sawant, Shalini Sinha. 2020. Impact of Covid-19 on Urban Mobility in Indian Citie. ESCAP.
Vu, Van Thanh. 2021. Public Trust in Government and Compliance with Policy during COVID-19 Pandemic: Empirical Evidence from Vietnam.
Zavareh, Mohsen Fallah, Milad Mehdizadeh, Trond Nordfjaren. 2022. Demand for mitigating the risk of COVID-19 infection in public transport: The role of social trust and fatalistic beliefs (Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behaviour Vol. 84). Science Direct
https://ap1.co.id/id/information/news/detail/angkasa-pura-airports-terapkan-social-distancing-di-bandara-bandara
https://ap1.co.id/id/information/news/detail/bandara-i-gusti-ngurah-rai-raih-protokol-kesehatan-terbaik-se-asia-tenggara
https://ap1.co.id/id/information/news/detail/dukung-aturan-larangan-mudik-guna-cegah-penyebaran-covid-19-angkasa-pura-airports-hentikan-sementara-layanan-untuk-penerbangan-penumpang
https://ap1.co.id/id/information/news/detail/dukung-perjalanan-udara-sehat-angkasa-pura-airports-sediakan-layanan-pcr-test-dan-rapid-test-antigen-di-beberapa-bandara
https://ap1.co.id/id/information/news/detail/sikapi-lonjakan-kasus-covid-19-angkasa-pura-airports-perketat-koordinasi-dan-penerapan-protokol-kesehatan
https://bali.tribunnews.com/2020/05/29/15-bandara-yang-dikelola-angkasa-pura-i-siap-terapkan-prosedur-pelayanan-situasi-new-normal
https://bisnis.tempo.co/read/1358185/menteri-perhubungan-apresiasi-protokol-kesehatan-di-bandara-yia
https://www.cnnindonesia.com/internasional/20200730120031-299-530574/angkasa-pura-i-fasilitasi-layanan-rapid-test-di-11-bandara
https://dataindonesia.id/Digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023
https://ekonomi.bisnis.com/read/20200508/98/1237913/dukung-pembatasan-perjalanan-orang-melalui-udara-angkasa-pura-i-siapkan-posko-pemeriksaan-di-tiap-bandara
https://ekonomi.bisnis.com/read/20200618/98/1254749/menparekraf-wishnutama-apresiasi-penerapan-protokol-kesehatan-di-bandara-i-gusti-ngurah-rai-bali
https://infeksiemerging.kemkes.go.id/situasi-infeksi-emerging/situasi-terkini-perkembangan-coronavirus-disease-covid-19-30-juni-2021
http://infopublik.id/kategori/lawan-covid-19/439637/ap-i-tingkatkan-pengawasan-penyebaran-covid-19-di-bandara?show=
https://nasional.tempo.co/read/1566720/2-tahun-pandemi-covid-19-ringkasan-perjalanan-wabah-corona-di-indonesia
https://rm.id/baca-berita/ekonomi-bisnis/37370/demi-kesehatan-angkasa-pura-i-perketat-protokol-new-normal-untuk-pemangku-kepentingan-di-bandara
DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v10i1.4305
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recomended Tools:
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.