Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Membentuk Brand Image “Metric” Premium Cabinetry System
Abstract
Komunikasi pemasaran terpadu memiliki peran krusial dalam membentuk citra merek suatu perusahaan. Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi pemasaran terpadu yang diterapkan oleh PT. Panel Asri Perkasa melalui merek METRIC Premium Cabinetry System dalam upayanya membentuk citra merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pihak yang bertanggung jawab terhadap strategi komunikasi, menganalisis penerapan kerangka kerja SOSTAC, mengidentifikasi implementasi elemen komunikasi pemasaran terpadu (IMC), serta menganalisis posisi merek dan citra merek yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta paradigma konstruktivisme. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Direktur Pemasaran memiliki tanggung jawab utama dalam merumuskan strategi komunikasi. Merek METRIC telah menerapkan secara tepat enam tahapan dalam kerangka kerja SOSTAC, serta mengimplementasikan elemen IMC melalui periklanan, pemasaran langsung, promosi penjualan, penjualan personal, hubungan masyarakat, dan penyelenggaraan event pemasaran. Strategi ini berhasil membentuk positioning merek premium dan citra merek yang kuat, meskipun masih berada pada tingkat brand recall dan belum mencapai tingkat top of mind dalam preferensi konsumen.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aaker, David A. (2014). Aaker on Branding: 20 Principles That Drive Success. New York: Morgan James Publishing.
Aaker, D. (2023). Branding: too often overlooked in disruptive innovation and social purpose arenas. Journal of Brand Management, 30(3), 185–189. https://doi.org/10.1057/s41262-023-00328-7
Baker, Michael J., and Susan Hart. (2016). The Marketing Book. London: Routledge.
Belch, George E., & Belch, Michael A. (2018). Advertising and Promotion: An Integrated Marketing Communications Perspective (11th Edition). New York: McGraw-Hill.
Firmansyah, M. A. (2019). Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Pasuruan: Qiara Media.
Hamad, I. (2024). Komunikasi Strategis. Bumi Aksara.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. In SAGE Publication (Vol. 1304, pp. 89–92).
Morrisan, M.A. (2015). Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Muthiah, Farras. (2024). “Strategi Komunikasi Pemasaran MAD for Makeup dalam Menciptakan Brand Image Sebagai Merek Kosmetik untuk Gen-Z. Jurnal Indonesia: Manajemen Informatika dan Komunikasi Universitas Padjadjaran, Vol.5. No.2 https://doi.org/10.35870/jimik.v5i2.625
Olajiga, O. K., Olu-lawal, K. A., Usman, F. O., & Ninduwezuor-Ehiobu, N. (2024). Conceptual framework for effective communication strategies in high-risk industries: Insights from the energy sector. World Journal of Advanced Engineering Technology and Sciences, 11(2), 080–090. https://doi.org/10.30574/wjaets.2024.11.2.0092
Putra, Garincha U., Hamad, I., Intani, R. (2023). Strategi Marketing Public Relations dalam meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, Vol.9 No.2. https://doi.org/10.32509/dinamika.v9i2.4284
Schultz, Don E., and William D. Hayek. Integrated Marketing Communication: Pulling it Together and Making it Work. New York: McGraw-Hill, 2008.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian. In Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan (Vol. 1, Issue 3, p. 35). https://doi.org/10.14710/jdep.1.3.35-45
Yin, Robert K. (2014). Case Study Research Design dan Methods. Sage Publications.
DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v11i1.5305
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recomended Tools:
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.