Audit Konten Media Sosial Cooling System Polri Di Pilpres 2024

Prisma Hanindita Inggit Permana, Ibnu Hamad, Novita Damayanti

Abstract


Operasi Nusantara Cooling system yang dijalankan oleh Polri melalui media sosial bertujuan untuk meredam polarisasi politik, menangkal hoaks, dan menjaga stabilitas sosial selama Pilpres 2024. Namun, efektivitas kampanye ini belum pernah diaudit secara sistematis. Penelitian ini mengaudit konten media sosial Divisi Humas Polri (Facebook, Instagram, X/Twitter) selama Operasi Nusantara Cooling system dalam masa kampanye Pilpres 2024. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi kualitatif (Qualitative Content Analysis), dengan data yang dikumpulkan melalui audit komunikasi media sosial dan wawancara mendalam dengan pejabat Divisi Humas Polri serta pakar komunikasi digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten media sosial Divisi Humas Polri (Facebook, Instagram, X/Twitter) selama Operasi Nusantara Cooling system dalam masa kampanye Pilpres 2024 telah membangun narasi perdamaian dan netralitas, tetapi masih menghadapi tantangan dalam merespons isu viral secara cepat dan membangun kepercayaan publik. Analisis semiotika menunjukkan bahwa konten Cooling system membangun citra Polri sebagai penjaga stabilitas sosial, namun sebagian publik masih skeptis terhadap netralitas Polri. Rekomendasi utama adalah meningkatkan strategi komunikasi interaktif, monitoring real-time, dan evaluasi berbasis persepsi publik untuk memperkuat efektivitas kampanye.


Keywords


Audit Komunikasi; Media Sosial; Cooling System; Kampanye Pilpres; Humas Polri

Full Text:

PDF

References


Buku

Barthes, R. (1968). Linguistique et littérature. In Langages.

Grunig, J. E., & Hunt, T. (1984). Managing Public Relations. Holt, Rinehart and Winston.

Mariana Br Tarigan, D., Monika, S., & Sauhenda, A. F. (2024). Ujaran kebencian terhadap capres cawapres pada Pemilu 2024 di Media Sosial X: Kajian linguistik forensik. Jurnal Bahasa, 13.

Odiorne, G. S. (1954). An Application of the Communications Audit.

Social, W. A. (2023). Digital 2023 Indonesia.

Artikel Ilmiah

Astri, B., Wulan, C., & Soni, M. (2023). Kontribusi media sosial dalam memperkuat integrasi nasional. Jurnal Komunikasi Digital, 13(2). https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian

Jamil, H., Hamad, I., & Sari, Y. (2023). Personal branding Puan Maharani pada akun Instagram @puanmaharaniri menuju Pemilihan Presiden 2024. Jurnal Pustaka Komunikasi, 6(2), 205–217. https://doi.org/10.32509/pustakom.v6i2.2631

Mariana Br Tarigan, D., Monika, S., & Sauhenda, A. F. (2024). Ujaran kebencian terhadap capres cawapres pada Pemilu 2024 di Media Sosial X: Kajian linguistik forensik. Jurnal Bahasa, 13.

Murfianti, F., Desain, J., Rupa, S., & Desain, D. (2019). Meme di era digital dan budaya siber. Jurnal Penelitian Seni Budaya, 11(1).

Nainggolan, R. R. E. (2024). Analisis penggunaan website dan media sosial pemerintah untuk pelayanan publik. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 6(1), 1–21. https://doi.org/10.33701/jtkp.v6i1.4221

Pakpahan, R. (2021). Analisa implementasi UU ITE Pasal 28 Ayat 2 dalam mengurangi ujaran kebencian di media sosial. Journal of Information System, Informatics and Computing, 5(1), 111. https://doi.org/10.52362/jisicom.v5i1.465

Pandiangan, A., & Shafa, S. I. (2020). Audit komunikasi Instagram @jokowi yang dikelola oleh Tim Komunikasi Digital Presiden. Jurnal Komunikasi Dan Media, 1(1). http://journal.unika.ac.id/index.php/jkm/index

Reed, D. (2014). SOSTAC: The guide to the perfect digital marketing plan. Journal of Direct, Data and Digital Marketing Practice, 16(2), 146–147. https://doi.org/10.1057/dddmp.2014.79

Saputri, C. D., Lestari, P., & Sosiawan, E. A. (2021). Audit komunikasi media sosial di masa krisis COVID-19. Jurnal Ilmu Komunikasi, 19(1), 19. https://doi.org/10.31315/jik.v19i1.4720

Social, W. A. (2023). Digital 2023 Indonesia.

Soedjarwo, G. N., & Retnoningsih, E. I. (2024). The meaning of emoticon used by K-Pop fans. Jurnal Electrical Systems, 20(5).

Wicaksana, W. T., & Adiprabowo, V. D. (2025). Peran akun @kitabisacom dalam kampanye sosial di Instagram. Jurnal Pustaka Komunikasi, 8(1), 119–131. https://doi.org/10.32509/pustakom.v8i1.4622

Wulandari, C. D. (2023). Fenomena buzzer dalam perspektif komunikasi politik di media sosial jelang Pemilu 2024. Sadharananikarana: Jurnal Ilmiah Komunikasi Hindu, 5(2), 864–881. https://doi.org/10.53977/sadharananikarana.v5i2.997




DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v11i1.5306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


 Indexed by:

        

Recomended Tools:

 



Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)

email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.