Strategi Komunikasi Antarpribadi Guru Sekolah Dalam Menunjang Perkembangan Perilaku Anak Berkebutuhan Khusus
Abstract
Peran guru menjadi semakin penting, terutama dalam menangani anak-anak berkebutuhan khusus seperti anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Anak dengan ADHD memiliki tantangan dalam focus serta impulsivitas, yang berdampak pada proses pembelajaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi antarpribadi yang digunakan oleh guru di sekolah umum dalam mendukung perkembangan perilaku anak ADHD dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di TK Kesuma Bandar Lampung. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi antarpribadi yang diterapkan meliputi komunikasi empatik, penggunaan instruksi sederhana dan berulang, penguatan positif, serta kolaborasi dengan orang tua untuk memastikan konsistensi pembelajaran di sekolah dan di rumah. Selain itu, tantangan utama dalam komunikasi dengan anak ADHD adalah keterbatasan waktu guru dalam memberikan perhatian khusus, kurangnya pelatihan khusus bagi pendidik. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa hal ini berperan penting dalam meningkatkan fokus, mengurangi perilaku impulsif, serta memfasilitasi perkembangan sosial dan emosional anak. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan khusus bagi guru untuk meningkatkan kompetensi mereka dalam menangani anak dengan kebutuhan khusus.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiputra, I. M. S., Sutarga, I. M., & Pinatih, G. N. I. (2015). Faktor Risiko Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) pada Anak di Denpasar. Public Health and Preventive Medicine Archive, 3(1), 35–39. https://doi.org/10.15562/phpma.v3i1.84
Amalia, R. (2018). Intervensi terhadap Anak Usia Dini yang Mengalami Gangguan ADHD Melalui Pendekatan Kognitif Perilaku dan Alderian Play Therapy (Vol. 2, Issue 1). https://obsesi.or.id/index.php/obsesi
Ansell, C., & Gash, A. (2008). Collaborative governance in theory and practice. Journal of Public Administration Research and Theory, 18(4), 543–571. https://doi.org/10.1093/jopart/mum032
Creswell, J. (2012). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Dort, M., Strelow, A. E., Schwinger, M., & Christiansen, H. (2020). Working with children with adhd—a latent profile analysis of teachers’ and psychotherapists’ attitudes. Sustainability (Switzerland), 12(22), 1–17. https://doi.org/10.3390/su12229691
Du Paul, G. J. (2020). Future directions for psychosocial interventions for children and adolescents with ADHD. Journal of Clinical Child and Adolescent Psychology, 49(1), 134–145.
Dvorsky, M. R., Friedman, L. M., Spiess, M., & Pfiffner, L. J. (2021). Patterns of Parental Adherence and the Association to Child and Parenting Outcomes Following a Multicomponent School-Home Intervention for Youth With ADHD. Behavior Therapy, 52(3), 745–760. https://doi.org/10.1016/j.beth.2020.09.007
Ervina, S. (2015). Mengenali ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) dan penanganannya pada anak sejak dini. Jurnal Psikologi, 1(1), 22–32.
Hahn-Markowitz, J., Berger, I., Manor, I., & Maeir, A. (2020). Efficacy of Cognitive-Functional (Cog-Fun) Occupational Therapy Intervention Among Children With ADHD: An RCT. Journal of Attention Disorders, 24(5), 655–666. https://doi.org/10.1177/1087054716666955
Handayani, M., & Pandanwangi, D. E. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL DAN KUALITAS PELAYANAN AKADEMIK TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 1(1), 9–15.
Jacob, A. M., & Watini, S. (2022). Penerapan Model Atik dalam Pengembangan Motorik Kasar pada Anak ADHD di TK Global Persada Mandiri. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(9), 3281–3287. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i9.841
Mikami, A. Y., & Miller, C. E. (2025). Child Interpretations of Teacher Behaviors Directed toward Students with and without ADHD Symptoms. Research on Child and Adolescent Psychopathology, 53(4), 443–457. https://doi.org/10.1007/s10802-024-01280-z
Mohr-Jensen, C., Steen-Jensen, T., Bang-Schnack, M., & Thingvad, H. (2019). What Do Primary and Secondary School Teachers Know About ADHD in Children? Findings From a Systematic Review and a Representative, Nationwide Sample of Danish Teachers. Journal of Attention Disorders, 23(3), 206–219. https://doi.org/10.1177/1087054715599206
Mücke, K., Plück, J., Steinhauser, S., Hellmich, M., Scholz, K., Sonneck, A., Winkler, L., & Döpfner, M. (2021). Guideline adherence in German routine care of children and adolescents with ADHD: an observational study. European Child and Adolescent Psychiatry, 30(5), 757–768. https://doi.org/10.1007/s00787-020-01559-8
Pamungkas, V. G., & Nesi, N. (2022). Brain Gym, NDT Dan Play Therapy Pada Anak ADHD. Indonesian Journal of Health Science, 2(2), 28–32. https://doi.org/10.54957/ijhs.v2i2.171
Rahmawati, A. D., Lisnawati, D., & Windari, A. R. (2024). Strategi Guru dalam Menangani Anak ADHD (Attention Deficit Hiperactivity Disorder) dalam Pembelajaran di Kelas 2 SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.317
Saleh, S. (2017). Penerbit Pustaka Ramadhan, Bandung. Analisis Data Kualitatif, 1, 180. https://core.ac.uk/download/pdf/228075212.pdf
Yunitasari, S. E., Sumiati, C., Setiawan, I., & ... (2023). Peningkatan Pengetahuan Guru Raudhatul Athfal Melalui Workshop Keberagaman Anak Berkebutuhan Khusus. GABDIMAS: Jurnal …, 1(14), 1–7. https://journal.aira.or.id/index.php/gabdimas/article/view/595%0Ahttps://journal.aira.or.id/index.php/gabdimas/article/download/595/148
DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v11i1.5308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Indexed by:
Recomended Tools:
Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)
email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id
Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi
Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.