Pengaruh Social Media Marketing Instagram @erigostore Terhadap Minat Beli Melalui Brand Awareness

Ananda Rendy Muhammad, Yos Horta Meliala, Citra Eka Putri

Abstract


Social Media Marketing (SMM) telah menjadi strategi utama dalam pemasaran digital, terutama melalui platform seperti Instagram. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Social Media Marketing terhadap minat beli dengan brand awareness sebagai variabel mediasi pada akun Instagram @erigostore. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis data regresi dan uji mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Social Media Marketing berpengaruh signifikan terhadap minat beli baik secara langsung maupun melalui brand awareness sebagai variabel mediasi. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pemasaran digital yang optimal guna meningkatkan kesadaran merek dan konversi penjualan.

Keywords


Social Media Marketing; Brand Awareness; Minat Beli

Full Text:

PDF

References


Abdillah, H. A., & Pradana, B. I. (2023). Pengaruh Social Media Marketing terhadap Purchase Intention dengan Brand Awareness sebagai Mediasi. Jurnal Manajemen Pemasaran Dan Perilaku Konsumen, 2(1), 134–143. doi:10.21776/jmppk.2023.02.1.14

Adam Hayes. (2024). Social Media Marketing (SMM): What It Is, How It Works, Pros and Cons. Retrieved from https://www.investopedia.com/terms/s/social-media-marketing-smm.asp

Andini, W., Fitriani, D., Khairun, L., Purba, N., Lubis, R. N., Wulan, S., & Lubis, D. (2023). Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Paradigma Penelitian Kuantitatif Dalam Jurnal Ilmiah Metodologi Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pengajaran, 1, 6–12. Retrieved from https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/https://jurnal.diklinko.id/index.php/tarbiyah/

Firmansyah, A. (2020). Komunkasi Pemasaran. Syria Studies (Vol. 7). Retrieved from www.google.com

Gani, A. G. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perkembangan Anak Remaja. Jurnal Mitra Manajemen, 7(2), 32–42.

Haryanto, A. T. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Retrieved from https://inet.detik.com/cyberlife/d-7169749/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang

Hikmareta, A., Dinda, A., & Zuliestiana. (2020). Pengaruh Social Media Marketing Pada Instagram Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Awareness Sebagai Variabel Mediasi (Studi kasus pada followers aktif akun Instagram Alpucard Online Printing). E-Proceeding of Management, Vol. 7(No. 2), 2485–2491. Retrieved from https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/12208/12005

Khandelwal, S. (2021). Factors Affecting Online Buying Behaviour of Consumers in Abuja Metropolis. International Journal of Management and Social Sciences, 2(1), 14–32. doi:10.51739/122113816.v2i1.138236082

Komalasari, D. (2021). Buku Ajar Digital Marketing. Buku Ajar Digital Marketing. doi:10.21070/2021/978-623-6081-38-9

Monia, N. N. &Natasha E. P. (2022). PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN Pendahuluan, 8, 741–773.

Perdagangan, P. K. (2024). Perdagangan Digital ( E-Commerce ) Indonesia Periode 2023.

Putra, G. U., Hamad, I., & Intani, R. (2023). STRATEGI MARKETING PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS. Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi, 9(2), 75–88.

Putri, K. K., Nainggolan, D. I. M., & Rasubala, R. A. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Pengalaman Berbelanja Terhadap Kepuasan Konsumen Online Shopee ( Studi Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Victory Sorong ). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(6), 563–570.

Sari, M., Rachman, H., Juli Astuti, N., Win Afgani, M., & Abdullah Siroj, R. (2022). Explanatory Survey dalam Metode Penelitian Deskriptif Kuantitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 10–16. doi:10.47709/jpsk.v3i01.1953

Syifa, S., & Setiawan, E. (2023). Pengaruh Promosi Produk Halal terhadap Minat Beli Konsumen. Journal Perspectives in Communication (Vol. 1). Retrieved from https://journal.sbpublisher.com/index.php/person




DOI: https://doi.org/10.32509/dinamika.v11i1.5456

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


 Indexed by:

        

Recomended Tools:

 



Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Program Pascasarjana, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Kampus I, Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat, Indonesia 10270
WA: 082137118246 (Chat Only)

email: dinamika@jrl.moestopo.ac.id

 

Copyright (c) 2024 Jurnal Dinamika Ilmu Komunikasi

Licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.