ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN

Yudhistira Adwimurti, Tamrin Lanori, Patricia Kartika Surya

Abstract


Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Hotel Fuxion Inn Jakarta, 2) untuk mengetahui pengaruh dari promosi terhadap kepuasan konsumen Hotel Fuxion Inn Jakarta, 3) untuk mengetahui pengaruh dari kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan konsumen Hotel Fuxion Inn Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif explanatory dan inference, dengan menggunakan kuesioner sebagai alat untuk pengumpulan data. Sampel yang diambil adalah konsumen hotel Fuxion Inn Jakarta sebanyak 75 orang dari populasi sebanyak 300 konsumen. Untuk menentukan jumlah sampel dengan rumus Taro Yamane tingkat kepercayaan 90% dan presisi (kelonggaran) sebesar 10%. Alat analisis yang digunakan adalah korelasi regresi dimana uji t menunjukkan bahwa kedua variabel independen yang diteliti yaitu variabel kualitas pelayanan (X1) dan variabel promosi (X2) terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel dependen Kepuasan Konsumen (Y). Kemudian melalui uji f dapat diketahui bahwa variabel kualitas pelayanan dan promosi berpengaruh signifikan secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen. Angka Adjusted R square menunjukkan bahwa variasi Kepuasan konsumen bisa dijelaskan oleh kedua variabel independen yang digunakan dalam persamaan regresi Dari hasil analisis hubungan terbukti secara empiris terdapat antara kualitas pelayanan, promosi, dan kepuasan pelanggan hotel Fuxion Inn Jakarta.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Kepuasan

Full Text:

PDF

References


Abdullatif. (2016). Pengaruh Harapan Pelanggan, Nilai Pelanggan , Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pengguna Jasa Kereta Commuterline Jabodetabek. In Skripsi.

Aditya, G., Ristanto, H., & . C. (2021). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. JBE (Jurnal Bingkai Ekonomi), 6(1). https://doi.org/10.54066/jbe.v6i1.99

Bharathi, B., & Pushpa Rani, S. M. (2013). A study on job satisfaction of St. Joseph’s higher secondary school teachers at Trichy. Journal of Business Management & Social Sciences Research, 2(11).

Christono, A. B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Pelanggan. Journal of Economics and Business UBS, 8(1). https://doi.org/10.52644/joeb.v8i1.13

Kotler, P. (2016). Principles of marketing (11 ed.). In New York: Pearson International.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Kotler & Armstrong, Principles of Marketing | Pearson. In Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran edisi 13 jilid 1 dan 2, Alih Bahasa: Bob Sabran. In Jakarta: Erlangga.

Kotler Philip, 2002. (2002). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan dan Implementasi dan Kontrol. In Manajemen Pemasaran.

Prasetiyo, A. H., Rustamaji, D., Sumarni, S., & Nadhifah, N. I. (2022). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PRESEPSI HARGA DAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT. JNE BABAT LAMONGAN. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1). https://doi.org/10.36778/jesya.v5i1.614

Rangkuti, F. (2016). Teknik Membedah Kasus Bisnis Analisa SWOT. In Analisis SWOT.

Sugiyono. (2016). Sugiyono, Metode Penelitian. Uji Validitas.

Swastha, Basu, I. (2014). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2011). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm, 6th Edition. The Service Industries Journal, 21(1).

Zulian, Y. (2001). Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. In Ekonomi dan Bisnis.




DOI: https://doi.org/10.32509/jakpi.v1i2.2214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 Recommended Tools :

 


Redaksi Jurnal JAKPI
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Jl. Hang Lekir I No. 8 Jakarta 10270
Email: jakpi@jrl.moestopo.ac.id