ANALISIS PROMOSI COFFESHOP TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI ATASNAMA KOPI BEKASI

Nunuk Novianti, Ahmad Sugiarto Adhari

Abstract


Promosi merupakan salah satu hal penting dalam menjalankan bisnis yang memberikan keuntungan yang cukup besar bagi pendapatan perusahaan. Dalam industri kedai kopi yang kompetitif, promosi di ATASNAMA KOPI Bekasi dapat menjadi faktor pembeda antara kedai kopi yang sukses dan tidak sukses. Dalam hal ini, kepuasan pelanggan yang dipengaruhi oleh promosi menjadi sangat signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap promosi coffeeshop yang telah diterapkan di ATASNAMA KOPI Bekasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunakan dua variabel, yaitu variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Variabel independen dalam penelitian ini adalah promosi produk dari ATASNAMA KOPI, sedangkan variabel dependennya adalah kepuasan pelanggan dari promosi yang ditawarkan di ATASNAMA KOPI Bekasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika promosi yang dilakukan kurang bervariasi sehingga peningkatan penjualan tidak maksimal, dan kepuasan pelanggan belum sepenuhnya tercapai.

Keywords


Promotion; Customer Satisfaction

Full Text:

PDF

References


Anggarini, D. R., & Permatasari, B. (2020). IMPLUSE BUYING OLEH PROMOSI BUY 1 GET 1 PADA PELANGGAN KEDAI KOPI KETJE BANDAR LAMPUNG. Jurnal Bisnis Darmajaya, 6(2), 27-36.

Bhatti, A. (2018). Sales Promotion and Price Discount Effect on Consumer Purchase Intention with the Moderating Role of Social Media in Pakistan. International Journal of Business Management, 3(4), 50–58.

Blom, A., Lange, F. and Hess, R.L. (2021), "Omnichannel promotions and their effect on customer satisfaction", European Journal of Marketing, Vol. 55 No. 13, pp. 177-201. https://doi.org/10.1108/EJM-12-2018-0866

Darmadi, D., Suharyono, M. A., & Latief, W. A. (2013). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Penjualan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol, 2, N0.

Faradina, A., & Satrio, B. (2016). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen pada Rumah Cantik Alamanda. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen (JIRM), 5(7), 1–19.

Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61-72.

Hutabarat, E. (2017). Pengaruh Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Toko Buku Gramedia Sun Plaza Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(2), 83-91.

Indrasari, M. (2019). PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan. unitomo press.

Jaedun, A. (2011). Metodologi penelitian eksperimen. Fakultas Teknik UNY, 12.

Kaveh, A., Nazari, M., van der Rest, J.-P. and Mira, S.A. (2021), "Customer engagement in sales promotion", Marketing Intelligence & Planning, Vol. 39 No. 3, pp. 424-437. https://doi.org/10.1108/MIP-11-2019-0582

Kotler, P., & Armstrong, G. (2010). Principles of Marketing. Pearson.

Kotler, P. & Keller, KL. (2012). Marketing management. New York: Prentice Hall.

Kotler, P., Armstrong, G., Ang, S. H., Leong, S. M., Tan, C. T., & Ho-Ming, O. (2012). Principles of marketing: an Asian perspective. Pearson/Prentice-Hall.

Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen cafe kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), 134-146.

Natalia, P., & Mulyana, M. (2014). Pengaruh periklanan dan promosi penjualan terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 2(2), 119-128.

Normasari, S., Kumadji, S., & Kusumawati, A. (2013). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, citra perusahaan dan loyalitas pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 6(2).

Pulumbara, G. F., Latief, F., & Ilham, B. U. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Minuman JR Tea. Jurnal Manuver: Akuntansi Dan Manajemen, 1(1), 76-92.

Ramanathan, U., Subramanian, N. and Parrott, G. (2017), "Role of social media in retail network operations and marketing to enhance customer satisfaction", International Journal of Operations & Production Management, Vol. 37 No. 1, pp. 105-123. https://doi.org/10.1108/IJOPM-03-2015-0153

Rasmikayati, E., Deaniera, A. N., Supyandi, D., Sukayat, Y., & Saefudin, B. R. (2020). Analisis Perilaku Konsumen: Pola Pembelian Kopi Serta Preferensi, Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Kedai Kopi Consumer Behavior: Purchase Pattern Of Coffee, Preferences, Satisfaction And Loyalty Of Coffee Shop Consumer. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. Juli, 6(2), 969-984.

Selfiani, S., Adwimurti, Y., Prihanto, H., Usmar, U., & Lanori, T. (2022). Analisis Prosedur Pengobatan Menggunakan Bpjs Kesehatan. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Pajak Dan Informasi (JAKPI). https://doi.org/10.32509/jakpi.v2i2.2481

Selfiani, S., Prihanto, H., Fitrianti, D., & Sriyani, N. (2023). Hubungan Antara Motivasi Kerja, Gaya Kepemimpinan, Dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis. https://doi.org/10.32509/jmb.v3i1.2701

Selfiani, S., & Prihatini, D. (2021). Sistem Manajemen Mutu Pendidikan Dan Sarana Prasarana Terhadap Citra Lembaga. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Pajak Dan Informasi (JAKPI). https://doi.org/10.32509/jakpi.v1i2.2218

Sholihat, A., & Rumyeni, R. (2018). Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Krema Koffie (Doctoral dissertation, Riau University).

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252-261.

Sutomo, S., & Kesturi, R. C. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Promosi pada Produk Minuman Waralaba Terhadap Kepuasan Konsumen. Jurnal Locus Penelitian dan Pengabdian, 1(5), 327-340.

Triyanto, W. A. (2014). Association Rule Mining Untuk Penentuan Rekomendasi Promosi Produk. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 5(2), 121-126.

Usmar, U., Selfiani, S., Mulyatno, N., & Abdullah, A. (2021). Analisis Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis. https://doi.org/10.32509/jmb.v1i2.2205

Xiao, Guo, Yu, & Liu, (2019). The effects of online shopping context cues onconsumers’ purchase intention for cross-border E-Commerce sustainability. Sustainability (Switzerland), 11(10), 1–24.

Yuliyanto, W. (2020). Pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan di Toko Aleea Shopid Kebumen. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(2), 168-172.




DOI: https://doi.org/10.32509/jakpi.v3i2.3555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

 Recommended Tools :

 


Redaksi Jurnal JAKPI
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Jl. Hang Lekir I No. 8 Jakarta 10270
Email: jakpi@jrl.moestopo.ac.id